WhatsApp dan Instagram Down Dini Hari Jelang Sahur

4 April 2024 1:41 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
WhatsApp merilis fitur baru Channel di Indonesia. Foto: WhatsApp
zoom-in-whitePerbesar
WhatsApp merilis fitur baru Channel di Indonesia. Foto: WhatsApp
ADVERTISEMENT
Aplikasi WhatsApp mengalami down pada dini hari ini, Kamis (4/6), sekitar pukul 01.15 WIB. Gangguan atau error, juga terjadi di aplikasi Instagram yang tidak dapat menampilkan konten terbaru di Feed maupun Story.
ADVERTISEMENT
Layanan WhatsApp berangsur pulih pada pukul 01.40 WIB bagi sebagian pengguna. Sebelumnya, pengguna sempat tidak dapat mengirim atau menerima pesan chat, gambar, maupun video, baik itu di aplikasi maupun di WhatsApp Web. Pesan yang dikirim terpantau hanya centang satu.
Berdasarkan pantauan kumparanTECH di media sosial X, laporan gangguan WhatsApp juga terjadi di India dan kawasan Timur Tengah.
Bersamaan dengan eror WhatsApp ini, pengguna di Indonesia dan di belahan dunia lain turut melaporkan layanan Instagram error. Feed tidak menampilkan konten terkini. Ia menampilkan posting-an pada pekan sebelumnya, yang mana itu adalah konten lama.
Ini adalah kedua kalinya layanan aplikasi yang dimiliki Meta mengalami gangguan bersamaan. Sebelumnya, pada Maret 2024, aplikasi Instagram, Facebook, dan Threads, mengalami gangguan secara bersamaan. Pengguna mengalami logout massal dan sulit untuk login.
ADVERTISEMENT
Meta belum pernah memberi penjelasan penyebab teknis yang membuat aplikasi mereka mengalami gangguan secara bersamaan.