kumparan
21 Februari 2017 11:08

WhatsApp Punya Fitur Mirip Instagram Stories

WhatsApp Status
Fitur baru, WhatsApp Status. (Foto: blog.whatsapp.com)
Fitur Snapchat kembali ditiru oleh para pesaingnya di dunia jejaring sosial. Setelah Instagram Stories, kini WhatsApp juga ikut terjun ke dalam fitur serupa dengan nama 'Status'.
ADVERTISEMENT
WhatsApp Status adalah sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk memperbarui status dengan unggahan foto dan video serupa Instagram Stories. Bedanya, status yang dibuat dengan foto dan video itu akan tetap menggunakan sistem enkripsi yang aman.
Rencananya fitur ini akan segera hadir untuk seluruh perangkat mobile dengan sistem operasi iOS, Android, dan Windows Phone. Sebelumnya, WhatsApp telah menguji fitur tersebut dalam versi beta pada November. Dengan fitur WhatsApp Status, pengguna dapat melihat unggahan foto atau video temannya dan mengirimkan pesan. Pengguna juga bisa memberi hiasan di unggahannya dengan coretan atau teks, sekali lagi, sama seperti Instagram Stories dan Snapchat.
Fitur WhatsApp Status akan menggantikan gaya lama dari pembaruan status di aplikasi tersebut. "Ide orisinal ini datang dari proyek untuk mengembangkan aplikasi yang membuat teman-temanmu dan kontak lainnya tahu apa yang sedang kamu lakukan," ujar CEO WhatsApp, Jan Koum, dilansir TechCrunch.
ADVERTISEMENT
Saat ini, pengguna WhatsApp sudah mencapai 1,2 miliar pengguna per bulannya, dengan jumlah pesan yang terkirim sekitar 60 miliar per hari, termasuk 3,3 miliar foto, 760 juta video, dan 80 juta GIF.
Di Indonesia sendiri WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan favorit di kalangan masyarakat, selain Line, dan BlackBerry Messenger (yang semakin ditinggalkan).
Sebelumnya, fitur Instagram Stories juga sudah meluncur dan para pengguna tampaknya menyukai fitur tersebut untuk memperbarui kegiatan sehari-hari di aplikasi berbagi foto dan video pendek tersebut.
Dengan hadirnya fitur serupa di WhatsApp yang notabene memiliki jumlah pengguna sangat banyak di Tanah Air, aplikasi manakah yang akan dipilih para penggunanya untuk mengunggah kegiatan mereka? Mari sampaikan pendapatmu di kolom komentar!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan