kumparan
23 Sep 2019 11:11 WIB

WhatsApp Status Bakal Bisa Dibagikan ke Facebook dan Aplikasi Lainnya

Ilustrasi Facebook dan Whatsapp. Foto: Reuters/Dado Ruvic
Aplikasi pesan instan WhatsApp memang diketahui tengah menguji coba fitur terbaru menyangkut peningkatan WhatsApp Status yang mirip Instagram Stories. Peningkatan fitur ini memungkinkan para pengguna untuk membagikan WhatsApp Status mereka ke Facebook Story atau aplikasi lainnya, seperti Instagram, Gmail, bahkan Google Photos.
ADVERTISEMENT
WhatsApp Status yang dibagikan ke Facebook atau aplikasi lain tidak akan dilindungi dengan enkripsi end-to-end. Fitur ini akan bekerja jika pengguna menginstal aplikasi Facebook atau Facebook Lite.
Tampaknya WhatsApp akan segera membagikan kemampuan berbagi WhatsApp Status ke Facebook Story kepada para pengguna setelah proses uji coba selesai. Namun, walaupun WhatsApp belum membuat pengumuman resmi terkait uji coba ini, beberapa pengguna sudah bisa menggunakan pembaruan fitur baru ini.
GSM Arena melaporkan beberapa pengguna WhatsApp di perangkat Android sudah menerima pembaruan fitur WhatsApp Status. Berdasarkan informasi yang didapat GSM Arena, aplikasi WhatsApp Android versi 2.19.258 di India sudah mendapatkan kemampuan berbagi status ini.
Selain itu, sejumlah pengguna WhatsApp juga melaporkan adanya fitur baru di WhatsApp Status di Twitter. Beberapa di antaranya berasal di luar India.
ADVERTISEMENT
Diduga kehadiran fitur berbagi status antarplatform dari WhatsApp ini masih bersifat terbatas. Misalnya saja, aplikasi WhatsApp untuk iPhone di India dan smartphone Android di Eropa belum mendapatkan pembaruan fitur ini.
Meski masih bersifat terbatas, pembaruan ini diyakini akan dihadirkan untuk semua pengguna. Saat ini WhatsApp diketahui memiliki laman FAQ di website mereka yang menjelaskan detail langkah berbagi WhatsApp Status ke Facebook Story atau aplikasi lain. Hal ini yang menguatkan kehadiran fitur baru ini untuk semua pengguna.
Langkah-langkah untuk membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story adalah sebagai berikut.
1. Buka aplikasi WhatsApp.
2. Tekan Status.
3. Buat konten Status.
4. Bagikan status yang baru dibuat: di bawah Status, ketuk Share to Facebook Story. Jika diminta, ketuk Izinkan atau Buka untuk membuka aplikasi Facebook. Di aplikasi Facebook, pilih audiens yang ingin Anda bagikan, lalu ketuk Share Now.
Ilustrasi WhatsApp Status. Foto: iGlobalWeb via Pixabay
Sementara langkah-langkah untuk membagikan WhatsApp Status ke aplikasi lain adalah berikut ini:
ADVERTISEMENT
1. Buka aplikasi WhatsApp.
2. Tekan Status.
3. Buat konten Status.
4. Bagikan status yang baru dibuat: Di bawah Status, ketuk ikon Share di samping Share to Facebook Story. Lalu, akan ada pilihan aplikasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan