Tekno & Sains11 September 2020 19:49

Wujud Nyata Telkomsel Dorong Masyarakat Digital Indonesia

Konten Redaksi kumparan
Wujud Nyata Telkomsel Dorong Masyarakat Digital Indonesia (638696)
Telkomsel menguji coba jaringan 5G dengan penerapan mobil autonomus di ajang Asian Games 2018. Foto: Telkomsel
Perkembangan teknologi digital mendorong masyarakat Indonesia untuk terus beradaptasi. Telkomsel, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, memiliki tanggung jawab sosial untuk memberdayakan masyarakat agar adaptif dengan dunia digital saat ini.
Penetrasi masyarakat dengan sektor digital sangat pesat dari tahun ke tahun. Menurut data riset situs HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk "Global Digital Reports 2020," hampir 64 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Riset yang rilis pada Januari 2020 itu menyebutkan, jumlah penguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang, sementara total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272,1 juta. Dibanding tahun 2019 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17 persen atau 25 juta pengguna.
Data tersebut menunjukkan masyarakat Indonesia antusias dengan perkembangan teknologi digital saat ini, khususnya internet. Sebagai operator dengan cakupan jaringan yang tersebar di seluruh wilayah populasi di Indonesia, Telkomsel juga berkomitmen terus memajukan berbagai daerah melalui pemanfaatan teknologi tepat guna.
Berbagai inisiatif dan langkah nyata untuk mewujudkan masyarakat yang melek digital sudah dilakukan oleh Telkomsel sejak didirikan pada 26 Mei 1995 lalu. Telkomsel pun tak sendiri, perusahaan menggandeng pemerintah dan para mitra untuk bersinergi memberikan pendidikan digital kepada masyarakat dengan memaksimalkan teknologi yang ada.
Wujud Nyata Telkomsel Dorong Masyarakat Digital Indonesia (638697)
Telkomsel terus optimalkan pelayanan kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Foto: Telkomsel

1. Memajukan Indonesia melalui inisiatif CSR berdampak luas

Semangat Telkomsel untuk terus berinovasi dan tumbuh hadir berkat dukungan seluruh pemangku kepentingan mulai dari pelanggan, pemerintah, mitra, dan masyarakat. Maka dari itu, Telkomsel sebagai salah satu perusahaan yang memberikan social impact driver selalu kembali ke masyarakat.
Upaya tersebut dilakukan melalui beragam program corporate social responsibility (CSR) yang terdiri dari empat pilar, yaitu pendidikan, masyarakat digital, pemberdayaan masyarakat, dan filantropi.

Pendidikan

Sejak tahun 2016, Telkomsel menyelenggarakan IndonesiaNEXT yang merupakan program sertifikasi yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.
Kegiatan IndonesiaNEXT diisi dengan rangkaian acara berupa seminar yang akan memberikan inspirasi bagi para mahasiswa, pelatihan kompetensi dan ditutup dengan program ujian sertifikasi tingkat nasional dan internasional. Para pesertanya pun berasal dari berbagai kampus negeri dan swasta di seluruh Indonesia.
Masih di bidang pendidikan, Telkomsel memiliki platform bernama T-PERPUS yang merupakan aplikasi perpustakaan digital berkolaborasi dengan Gramedia Digital di mana di dalamnya terdapat lebih dari 6.000 judul buku, koran, majalah, dari penerbit terkemuka, yang dapat diunduh secara gratis di Android maupun iOS.
T-PERPUS ini merupakan bagian dari program CSR Telkomsel yang berlandaskan pilar Pendidikan sehingga ditujukan untuk meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan sekaligus mempersiapkan keahlian profesi generasi muda Indonesia di berbagai bidang.

Masyarakat Digital

Di bidang masyarakat digital, Telkomsel mempunyai program akselerasi startup The NextDev yang telah memiliki lebih 100 startup Indonesia tumbuh bersama dan memberikan dampak sosial untuk masyarakat, agar naik level. Selama lima tahun perjalanannya sejak 2015, The NextDev sudah menjadi salah satu inkubasi startup yang jadi incaran banyak startup Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaannya.
Ada beberapa nama startup sukses yang dibina oleh The NextDev. Telkomsel mencari startup yang memang berupaya membawa dampak sosial bagi lingkungan di sekitarnya sekaligus bagi Indonesia. Para peserta The NextDev dapat memperkuat startup yang masih dalam tahap early stage untuk melengkapi kemampuan dan kapabilitas dari segi bisnis, soft skill, dan hard skill.
Program lainnya yang dimiliki Telkomsel adalah kampanye #InternetBAIK yang secara khusus diarahkan untuk penggunaan Internet yang BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif). Kampanye ini menargetkan guru, orang tua siswa, dan siswa, di seluruh kota di Indonesia yang akan membantu kemajuan pendidikan ke masyarakat.
Wujud Nyata Telkomsel Dorong Masyarakat Digital Indonesia (638698)
Opening Telkomsel The NEXTDEV 2017. Foto: Prima Gerhard/kumparan

Pemberdayaan Masyarakat

Berkomitmen untuk mendukung pembangunan Indonesia melalui teknologi, Telkomsel konsisten menghadirkan program-program berbasis digital hingga ke wilayah pelosok. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah melalui program CSR yang diberi nama Baktiku Negeriku (BN).
Program Baktiku Negeriku menyasar daerah-daerah pelosok dengan misi mendorong kemajuan desa yang berkelanjutan, sekaligus sebagai upaya memberi nilai tambah pada lingkungan sekitar melalui pemanfaatan teknologi yang ada.
Selain program BN, adapula Patriot Desa Digital yang menjadi katalisator untuk melakukan perubahan ekonomi secara digital dengan mengembangkan potensi generasi muda di desa atau pinggir kota kecil. Program ini diperuntukkan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) melalui edukasi literasi digital dalam pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat.
Satu lagi program lainnya, yaitu Digital Creative Millennials yang merupakan inisiasi berbasis digital yang dirancang untuk memacu kewirausahaan segmen youth atau millennial. Program ini mencakup pelatihan dan pendidikan terkait transformasi digital perusahaan maupun produk komersial, memberikan bantuan teknis (Training of Trainer), pengetahuan mengenai dokumen dan lisensi, menyusun rencana bisnis dan menyederhanakan produksi dan distribusi produk, hingga membantu memperkenalkan kepada investor.
Wujud Nyata Telkomsel Dorong Masyarakat Digital Indonesia (638699)
Raut wajah senang anak-anak sekolah dalam program CSR Telkomsel. Foto: Telkomsel

Filantropi

Untuk pilar filantropi, Telkomsel memiliki tim unit siaga bencana, yaitu tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity). Tugas dan fungsi TERRA untuk kemanusiaan, membantu masyarakat yang mengalami bencana alam dengan respons yang cepat.
Tim TERRA hadir mendukung proses evakuasi korban terdampak bencana, sekaligus membantu percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi. Tim TERRA juga dapat mendirikan posko darurat untuk memberikan bantuan telepon gratis serta sembako untuk para korban bencana.

2. Kolaborasi untuk Solusi Berbasis Digital

Telkomsel juga menggandeng berbagai stakeholder untuk menghadirkan berbagai solusi di tengah masyarakat melalui pemanfaatan teknologi. Dalam kolaborasi ini, Telkomsel mengajak pemerintah, perusahaan swasta, dan startup, untuk bersama menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pemerintah

Salah satu bentuk kolaborasi Telkomsel dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung Timur menciptakan aplikasi E-Sihat Belitong, sebagai solusi digital memonitor dan mengefektifkan solusi dari sejumlah permasalahan kesehatan ibu hamil, bayi, dan balita, di wilayah Belitung Timur. Melalui aplikasi ini, petugas yang sebelumnya melakukan pencatatan secara manual akan beralih ke pencatatan digital.
Selain itu, Telkomsel bersama Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) berkolaborasi menghadirkan program “Penyediaan Kuota Terjangkau”. Paket data yang tersedia dalam program Penyediaan Kuota Terjangkau mulai dari 10 GB dan harga mulai dari Rp 40 ribu.
Penyediaan Kuota Terjangkau tersedia bagi lebih dari 80 ribu madrasah di seluruh Indonesia sebagai hasil kolaborasi dari Telkomsel bersama Kementerian Agama. Berbagai tingkat madrasah dapat menerima manfaat dari inisiatif tersebut, mulai dari tingkatan Raudhatul Athfal (setara TK), Madrasah Ibtidaiyah (setara SD), Madrasah Tsanawiyah (setara SMP), hingga Madrasah Aliyah (setara SMA).
Wujud Nyata Telkomsel Dorong Masyarakat Digital Indonesia (638700)
Peluncuran aplikasi E-Sihat Belitong Telkomsel. Foto: Telkomsel

Perusahaan Swasta

Telkomsel bersama para mitranya di sektor swasta senantiasa berkolaborasi untuk memajukan Indonesia. Salah satunya dengan Huawei dalam digitalisasi teknologi di berbagai isu strategis. Kerja sama tersebut mencakup di bidang supreme networks, Cloud, LTE Home, 5G B2B, dan juga sejumlah inisiatif dan tanggung jawab sosial korporasi, digitalisasi, serta inovasi teknis lainnya.
Potensi di bidang eSport memang menjanjikan. Sebagai bentuk dukungan pengembangan eSport di Indonesia, Telkomsel menggandeng Garena untuk mengelar kompetisi eSport Indonesia Games Championship (IGC) 2020.
Gelaran IGC 2020 telah diikuti lebih dari 34.000 peserta yang tergabung dalam lebih dari 8.200 tim eSport. Peserta IGC 2020 berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia, dan tiga negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura dan Filipina. Diharapkan, peserta yang berkompetisi di IGC 2020 terus meningkatkan kemampuannya hingga berdaya saing global dan memperkuat ekosistem eSport di Indonesia.

Startup

Ada banyak kolaborasi yang dibuat oleh Telkomsel dengan sejumlah startup, salah satunya Ternaknesia, yang merupakan startup peserta program The NextDev Telkomsel di bidang peternakan yang menawarkan sistem bagi hasil antara peternak dengan investor.
Langkah kolaborasi bersama antara Telkomsel dan Ternaknesia memberikan dampak sosial yang lebih luas di Indonesia, terutama untuk memajukan perekonomian dan digitalisasi layanan sektor peternakan lokal.
Dalam situasi pandemi virus corona ini, Telkomsel juga Bermitra dengan aplikasi e-learning seperti Quipper dan Zenius untuk berkolaborasi memudahkan sistem belajar online dari rumah. Melalui paket Ilmupedia, pelanggan Telkomsel bisa mengakses gratis banyak aplikasi e-learning.
Wujud Nyata Telkomsel Dorong Masyarakat Digital Indonesia (638701)
Paket internet Ilmupedia dari Telkomsel. Foto: Dok. Telkomsel

3. Inisiatif #DiRumahTerusMaju untuk dukung adaptasi kebiasaan baru

Masa pandemi corona ini menjadi waktu yang sulit bagi masyarakat. Telkomsel berupaya menggerakkan solidaritas yang membantu masyarakat tetap semangat dalam menghadapi berbagai perubahan tak terhindarkan dalam hidup dengan inisiatif #DiRumahTerusMaju. Kampanye ini berupaya mendorong masyarakat beradaptasi dengan kenormalan baru. Berikut adalah program yang diusung Telkomsel:
  • #DiRumahTerusBelajar:
Telkomsel menghadirkan paket Ilmupedia dan Kuota Belajar untuk memudahkan pembelajaran jarak jauh yang optimal.
  • #DiRumahTerusProduktif
Work From Home (WFH) dan belajar online semakin produktif dengan platform video conference & virtual classroom dari CloudX yang terjamin keamanannya.
  • #DiRumahTerusSehat
Agar tetap semangat dan sehat dalam beraktivitas, Telkomsel berkolaborasi dengan akses layanan kesehatan Halodoc dan Alodokter.
  • #DiRumahTerusBerbagi
Donasi tidak hanya menggunakan uang saja, tapi bisa pakai Telkomsel POIN untuk sebar kebahagiaan dan kebaikan.
  • #DiRumahTerusTerhubung
Telkomsel menghadirkan pilihan paket terlengkap (Kuota Keluarga, Combo Sakti, kartuHalo Extra Internet Quota dan Unlimited Nelpon) dan produk inovatif (Telkomsel Orbit) yang didukung dengan jaringan terluas di seluruh Indonesia.
Wujud Nyata Telkomsel Dorong Masyarakat Digital Indonesia (638702)
Modem Wi-Fi Telkomsel Orbit. Foto: Telkomse
  • #DiRumahTerusUpdate
Update informasi terbaru dengan akses media sosial yang mudah pakai #KuotaKetengan, produk terbaru dari Telkomsel.
  • #DiRumahTerusTerpenuhi
Telkomsel memberikan bebas akses ke e-commerce dan penawaran spesial lainnya untuk memenuhi kebutuhan harian.
  • #DiRumahTerusTerhibur
Nikmati keseruan nonton film di Maxstream dan Disney Plus Hotstar yang menyajikan ribuan konten film dan serial TV yang menarik. Serta bebaskan bermain bersama platform Dunia Games.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Telkomsel.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white