Tekno & Sains
·
21 Agustus 2020 16:16

Xiaomi Bikin Smart TV Layar Transparan Harga Rp 100 Jutaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Xiaomi Bikin Smart TV Layar Transparan Harga Rp 100 Jutaan (101026)
Mi TV Lux Transparent Edition ukuan 55 inci. Foto: Xiaomi
Xiaomi mencoba bikin terobosan baru di industri televisi. Merek dari China tersebut sedang melakukan produksi massal sebuah produk yang mereka klaim sebagai TV transparan pertama di dunia.
ADVERTISEMENT
Produk itu diberi nama Mi TV Lux Transparent Edition ukuran 55 inci yang mendukung refresh rate 120 Hz, cakupan gamut warna DCI-P3 sampai 93 persen, tebal 5,7 mm, rasio kontras 150.000:1.
Bekal kecerdasannya didukung oleh prosesor MediaTek 9650 dan teknologi AI Master Engine untuk menampilkan gambar beresolusi tinggi. Sektor suara smart TV ini diperkuat oleh AI Master Audio dan Dolby Atmos.
Menurut rencana, dia akan mulai dijual di China pada Agustus ini dengan harga 49.999 yuan China atau sekitar Rp 106 juta.
Xiaomi Bikin Smart TV Layar Transparan Harga Rp 100 Jutaan (101027)
Mi TV Lux Transparent Edition. Foto: Xiaomi

Berkat TOLED

Untuk mencapai transparansi, Mi TV Lux memakai teknologi layar OLED. TV OLED memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan TV LED, sepeti ketipisan, tingkat hitam yang pekat, dan mampu mengambil bentuk layar melengkung.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya, TV OLED tidak memiliki layar transparan karena ada reflektif belakang yang buram. Khusus Mi TV Lux, Xiaomi memakai variasi layar OLED yang disebut Transparent OLED (TOLED), di mana lapisan belakangnya dibuat dari bahan transparan.
Konektivitas lain yang mendukung televisi ini adalah kehadiran koneksi elektronik audio/video untuk speaker, port HDMI, input antena.
Belum diketahui pasti bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan dari TV berteknologi layar TOLED ini.