kumparan
16 Mei 2019 15:41

Xiaomi Mulai Jual Smartphone Lewat Vending Machine

Vending machines Mi Express Kiosk. Foto: Xiaomi
Xiaomi melakukan terobosan dalam praktik penjualannya di India. Perusahaan menyediakan vending machines atau mesin otomatis bernama Mi Express Kiosk di India untuk menjual smartphone secara langsung, tanpa perantara.
ADVERTISEMENT
Tampilan Mi Express Kiosk hampir sepenuhnya mirip dengan mesin penjual otomatis pada umumnya. Bedanya, produk yang ditawarkan bukan makanan atau minuman, tetapi produk dari perusahaan Xiaomi yang bisa dipilih dan dibeli melalui fitur layar sentuh di mesin penjual.
Mi Express Kiosk telah diluncurkan di India pada Senin (13/5) waktu setempat, tepatnya di Manyata Tech Park di Bengaluru, India. Melalui mesin tersebut, masyarakat India bisa membeli smartphone Xiaomi beserta aksesorinya secara langsung lewat mesin otomatis.
Vending machine tersebut dirancang agar bisa menerima berbagai metode pembayaran menggunakan kartu kredit, debit, tunai, maupun uang digital.
Vending machine beroperasi mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam setiap hari. Akan ada lebih banyak vending machine disebar dalam beberapa bulan ke depan di berbagai sudut kota seperti di taman, stasiun, bandara dan mal. Tentunya, ini menjadi salah satu strategi Xiaomi menjangkau konsumen secara langsung dan menghilangkan biaya operasional lainnya.
ADVERTISEMENT
Xiaomi menargetkan mesin memudahkan konsumen untuk mengakses dan membeli produk Xiaomi secara instan di pasar offline. Xiaomi bahkan mengklaim, harga yang ditawarkannya adalah harga yang murah, mirip seperti di Mi Homes dan Mi.com.
Semua teknologi yang melengkapi Mi Express Kiosk diteliti dan dikembangkan di India, meskipun konsepnya sudah ada di China sejak tahun lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan