Tekno & Sains
·
2 Juni 2020 15:15

Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro Siap Rilis di Indonesia, Kapan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro Siap Rilis di Indonesia, Kapan? (12744)
Xiaomi Redmi Note 9. Foto: Xiaomi
Xiaomi kembali merilis smartphone baru di Indonesia pada Juni ini. Setelah belum lama ini meluncurkan smartphone flagship Mi 10, kini produsen asal China itu bersiap merilis Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro.
ADVERTISEMENT
Menurut informasi yang dibagikan melalui akun Twitter resminya @XiaomiIndonesia, peluncuran kedua smartphone itu akan digelar pada 9 Juni dan dilakukan melalui live streaming di channel YouTube, Xiaomi Indonesia. Ini merupakan gelaran acara peluncuran ketiga dari Xiaomi yang dilakukan secara live streaming selama pandemi virus corona melanda Indonesia.
Peluncuran Redmi Note 9 bisa dibilang paling ditunggu di Indonesia. Pasalnya, seri Redmi Note memiliki penggemar yang banyak dan menjadi salah satu produk paling laris Xiaomi. Berdasarkan laporan menurut Canalys, seri Redmi Note 8 sangat populer, dengan penjualan global nomor dua terbaik dalam kuartal pertama tahun 2020.
Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro memiliki sedikit perbedaan dan kesamaan. Lebih jelas, berikut spesifikasi lengkapnya menurut Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro yang telah diluncurkan secara global.
ADVERTISEMENT

Redmi Note 9

Smartphone ini hadir dengan layar IPS berukuran 6,53 inci, beresolusi FHD+, dan lubang di layar alias punch hole untuk menempatkan kamera depannya. Kamera selfie yang dipakai beresolusi 13 MP.
Xiaomi Redmi Note 9 punya empat kamera belakang yang ditempatkan dalam bingkai persegi. Kamera utamanya 48 MP dengan sensor Samsung GM1, lalu ada kamera ultra-wide 8 MP dan kamera ganda 2 MP (macro dan depth sensor). Di bawah kamera belakang ada sensor sidik jari.
Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro Siap Rilis di Indonesia, Kapan? (12745)
Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Foto: Xiaomi
Untuk dapur pacunya, Xiaomi mengandalkan prosesor MediaTek Helio G85. Performanya didukung oleh dua varian RAM 3 GB dan 4 GB, serta dua varian memori internal 64 GB dan 128 GB.
Kapasitas baterainya cukup besar, yakni 5.020 mAh, dan didukung dengan fast charging 18 W. Redmi Note 9 yang berjalan di sistem operasi Android 10 ini sudah dilengkapi dengan fitur NFC, IR blaster, port audio 3,5 mm, dan dual-SIM card.
ADVERTISEMENT

Redmi Note 9 Pro

Sementara Redmi Note 9 Pro memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dari versi standar. Di sektor layar, misalnya, berukuran 6,67 inci dengan resolusi FHD+.
Dapur pacunya juga berbeda. Xiaomi memilih prosesor Qualcomm Snapdragon 720G sebagai 'otak' Redmi Note 9 Pro. Performanya didukung RAM 6 GB dan dua varian memori internal: 64 GB dan 128 GB.
Beralih ke sisi fotografi. Xiaomi juga menyematkan empat kamera belakang untuk Redmi Note 9 Pro, dengan konfigurasi kamera utama 64 MP wide, 8 MP ultra-wide, 5 MP lensa macro dan 2 MP depth sensor.
Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro Siap Rilis di Indonesia, Kapan? (12746)
Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro Max. Foto: Xiaomi
Redmi Note 9 Pro juga memiliki kapasitas baterai yang sama dengan versi standar, yakni 5.020 mAh, serta dilengkapi fitur fast charging 18 W. Smartphone dengan OS Android 10 ini juga punya fitur NFC, IR blaster, port audio 3,5mm, dan dual-SIM card.
ADVERTISEMENT
Namun, belum diketahui apakah spesifikasi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro yang akan dirilis di Indonesia nantinya akan persis seperti ini atau tidak. Xiaomi belum membeberkan spesifikasi detail kedua smartphone tersebut.
Di pasar global, Xiaomi menjual Redmi Note 9 dengan harga 199 dolar AS (sekitar Rp 2,8 juta) untuk varian 3 GB/64 GB dan 249 dolar AS (sekitar Rp 3,6 juta) untuk versi versi 4 GB/128 GB.
Sementara, Redmi Note 9 Pro dijual dengan harga 269 dolar AS (sekitar Rp 3,9 juta) untuk varian 6 GB/64 GB dan 299 dolar AS (sekitar Rp 4,3 juta) untuk versi 6 GB/128 GB.
Berapa harga yang pantas untuk Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro di Indonesia?
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.