Tekno & Sains
·
30 Maret 2021 20:33

Xiaomi Rilis HP Layar Lipat Pertamanya, Mi Mix Fold: Ini Harga dan Speknya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Xiaomi Rilis HP Layar Lipat Pertamanya, Mi Mix Fold: Ini Harga dan Speknya (494022)
Xiaomi Mix Fold. Foto: Xiaomi
Xiaomi Mi Mix Fold akhirnya rilis secara global, Selasa (30/3). Ia merupakan HP layar lipat pertama dalam sejarah Xiaomi, mengikuti jejak vendor lain yang telah merilis ponsel lipat sejak 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Di bagian layar utama, Xiaomi Mi Mix Fold punya layar utama berpanel AMOLED seluas 8,01 inci dengan resolusi 2K (2480x1860 pixel). HP ini punya bezel yang sangat tipis dan telah didukung fitur Dolby Vision, HDR10+, serta kecerahan hingga 600 nits.
Adapun di bagian depan, kita akan menemukan layar AMOLED 6,52 inci dengan resolusi 2520x840 pixel. Layar depan HP ini telah mendukung refresh rate 90 Hz, dengan kecerahan 700 nits dan fitur Dolby Vision.
Versi standar ponsel ini memiliki bagian belakang Gorilla Glass dengan tekstur keramik. Ada juga Ceramic Special Edition, yang memiliki bagian belakang keramik hitam dengan ukiran laser, plus bingkai tengah emas dan tombol volume. Xiaomi mengeklaim kalau Mi Mix Fold bisa dibuka-tutup hingga 1 juta kali.
Xiaomi Rilis HP Layar Lipat Pertamanya, Mi Mix Fold: Ini Harga dan Speknya (494023)
Xiaomi Mix Fold. Foto: Xiaomi
Masuk ke bagian fotografi, Xiaomi Mi Mix Fold dilengkapi dengan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 108 MP, ultrawide 13 MP, dan telemacro 8 MP yang bisa 30x zoom. Meski cuma punya tiga kamera, Xiaomi Mi Mix Fold bisa mendukung empat mode pemotretan gambar karena lensa telemacro tersebut bisa digunakan untuk foto tele dan macro.
ADVERTISEMENT
Sistem kamera Xiaomi Mi Mix Fold dilengkapi dengan apa yang Xiaomi sebut sebagai teknologi Liquid Lens. Teknologi ini berada di bagian lensa telemacro HP, di mana terdapat film fleksibel yang diisi dengan cairan transparan.
Berkat teknologi Liquid Lens itu, lensa kamera telemacro di Mi Mix Fold bisa berubah bentuk layaknya lensa di mata manusia. Xiaomi menjelaskan kalau cairan ini dapat berfungsi dalam suhu ekstrem mulai dari -40 hingga 60 derajat Celsius.
Tak cuma itu, sistem kamera Xiaomi Mi Mix Fold juga dibekali chip pemrosesan gambar Surge C1 yang dikembangkan langsung oleh Xiaomi. Melalui chip ini, HP tersebut bisa menjalankan algoritma Auto Focus, Auto Exposure dan Auto White Balance secara hemat daya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, HP ini tidak dibekali dengan Optical Image Stabilization (ISO).
Masuk ke bagian dapur pacu, Xiaomi Mi Mix Fold mengandalkan prosesor Snapdragon 888. Nah, karena ukuran layarnya ketika jadi tablet cukup besar, Xiaomi menyematkan mode desktop di HP tersebut yang tampilannya cukup familiar dengan Windows. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup melakukan three finger swipe.
Xiaomi Mi Mix Fold juga dibekali baterai 5.020 mAh yang terbagi menjadi dua sel 2.460 mAh. Ia mendukung pengisian kabel 67W, yang dapat diisi penuh dalam 37 menit. Meski demikian, tidak ada opsi wireless charging untuk HP ini.

Harga Xiaomi Mi Mix Fold

Di China, Xiaomi Mi Mix Fold bakal mulai dijual secara pre-order pada Selasa (30/3), dengan penjualan perdana pada 16 April 2021. Berikut harga HP tersebut di negara asalnya:
ADVERTISEMENT
  • 12/256 GB: 9.999 yuan
  • 12/512 GB: 10.999 yuan
  • 16/256 GB: 12.999 yuan