kumparan
16 Desember 2018 16:00

YouTube Rewind 2018 Jadi Video dengan 'Dislike' Terbanyak

YouTube Rewind 2018
Video YouTube Rewind 2018. (Foto: YouTube)
YouTube Rewind 2018 akhirnya resmi menjadi video dengan 'dislike' terbanyak sepanjang sejarah platform streaming video tersebut. Angka jempol ke bawah untuk video itu sudah melewati pemegang rekor sebelumnya yaitu lagu 'Baby' milik Justin Bieber.
ADVERTISEMENT
Bagi yang belum tahu, YouTube Rewind adalah video rekapitulasi dari hal-hal yang menjadi trending selama satu tahun di YouTube. Video ini selalu dihadirkan oleh YouTube setiap tahunnya.
Namun, tampaknya para penonton YouTube kebanyakan tidak suka dengan video YouTube Rewind 2018. Hingga berita ini ditayangkan, angka 'dislike' untuk video tersebut telah mencapai 12 juta, sementara untuk 'like' hanya 2,2 juta saja.
Pemegang rekor video YouTube dengan 'dislike' terbanyak sebelumnya, Justin Bieber - 'Baby', tidak disukai 9,9 juta orang.
Video
Lantas, apa yang menyebabkan para penonton YouTube membenci video Rewind 2018? Apakah ada yang salah dalam videonya? Ya, begitulah menurut para penonton. Mereka merasa video YouTube Rewind 2018 banyak mengabaikan momen-momen kunci dari tahun 2018.
ADVERTISEMENT
Dilihat dari kolom komentarnya, banyak penonton yang mempertanyakan absennya sejumlah YouTuber dengan subscriber terbanyak seperti PewDiePie atau Logan Paul dalam video tersebut.
Pertarungan PewDiePie dengan channel Bollywood T-Series untuk memperebutkan gelar akun dengan subscriber terbanyak di YouTube dianggap sangat ramai dibicarakan sepanjang tahun. Tapi, nyatanya PewDiePie tidak muncul dalam YouTube Rewind 2018.
PewDiePie
Artis YouTube, PewDiePie. (Foto: PewDiePie via Facebook)
Selain itu, YouTuber lain yang juga banyak diperbincangkan tahun ini adalah Logan Paul. Pertarungan tinju antara Paul dengan YouTube lain bernama KSI disebut sebagai salah satu momen kunci yang luput dari video Rewind 2018.
PewDiePie, yang memiliki nama asli Felix Kjellberg, telah mengeluarkan video berisi reaksinya terhadap kritik berbagai penonton YouTube tersebut. Ia mengakui jika video YouTube Rewind 2018 memang tidak menampilkan sejumlah momen kunci selama 2018.
ADVERTISEMENT
"Saya ingat Rewind (dulunya) adalah sesuatu yang terasa seperti rumah bagi para kreator pada tahun itu. Rasanya sesuatu yang keren untuk menjadi bagian di dalamnya," ujar PewDiePie.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan