Food & Travel
·
10 Juni 2021 15:55
·
waktu baca 2 menit

10 Kota Paling Layak Huni di 2021 Selama Pandemi, Jakarta Termasuk?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Kota Paling Layak Huni di 2021 Selama Pandemi, Jakarta Termasuk? (408930)
Sunrise di sekitar Sky Tower, Auckland Foto: dok. shutterstock
Pandemi COVID-19 mengubah status kelayakan huni sebuah kota di dunia. Penelitian yang dilakukan oleh The Economist Intelligence Unit (EIU) menunjukkan bahwa kota-kota yang berada di negara dengan keberhasilan menekan kasus virus corona dianggap layak untuk dihuni.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan 10 peringkat kota layak huni di dunia 2021 tersebut, Auckland dinobatkan sebagai kota paling layak huni di dunia tahun 2021. Kemudian, disusul oleh Osaka dan Tokyo di Jepang, Adelaide di Australia dan Wellington di Selandia Baru.
Selandia Baru menjadi negara yang dinyatakan sukses menangani pandemi COVID-19. Tak heran jika kota metropolitan Auckland di Selandia Baru menduduki peringkat utama, berkat kesuksesannya menangani COVID-19.
Sehingga memungkinkan sekolah, teater, restoran, dan atraksi budaya lainnya tetap buka selama periode survei dari 22 Februari hingga 21 Maret 2021.
10 Kota Paling Layak Huni di 2021 Selama Pandemi, Jakarta Termasuk? (408931)
Kembang Api Sky Tower di Auckland Foto: Shutterstock
"Kota-kota yang naik ke peringkat teratas tahun ini sebagian besar adalah kota-kota yang telah mengambil tindakan tegas untuk mengatasi pandemi," kata Upasana Dutt, dari The Economist Intelligence Unit dalam sebuah pernyataan.
ADVERTISEMENT
Indeks livability memberi peringkat kota berdasarkan lebih dari 30 faktor kualitatif dan kuantitatif di lima kategori besar. Meliputi stabilitas (25 persen), perawatan kesehatan (20 persen), budaya dan lingkungan (25 persen), pendidikan (10 persen), dan infrastruktur (20 persen).
Sementara itu, karena indeks ini dilakukan selama pandemi, EIU menambahkan indikator baru. Seperti tekanan pada sumber daya perawatan kesehatan serta pembatasan di sekitar acara olahraga lokal, teater, konser musik, restoran, dan sekolah.
10 Kota Paling Layak Huni di 2021 Selama Pandemi, Jakarta Termasuk? (408932)
Ilustrasi Monas Foto: Shutter stock
Sebaliknya, kota-kota Eropa justru bernasib sangat buruk di edisi tahun ini. Jerman misalnya. Negara ini mengalami penurunan peringkat terbesar di Eropa, khususnya kota Hamburg yang turun 34 peringkat.
Selain Jerman, beberapa kota juga turun peringkat yang dipicu oleh kecilnya skor perawatan, khususnya penangan COVID-19. Dalam hasil penelitian itu, EIU menyebut Praha (Republik Ceko), Athena (Yunani) dan Jakarta di Indonesia mengalami penurunan peringkat akibat jumlah kasus yang meningkat secara signifikan.
ADVERTISEMENT
Secara rata-rata regional, peringkat Asia jauh di bawah Amerika Utara dan Eropa Barat. Damaskus di Suriah tetap menjadi kota paling tidak layak huni di dunia, dengan Suriah menandai 10 tahun perang saudara tahun ini.

Berikut Daftar Lengkap 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2021:

  1. Auckland, Selandia Baru
  2. Osaka, Jepang
  3. Adelaide, Australia
  4. Wellington, Selandia Baru
  5. Tokyo, Jepang
  6. Perth, Australia
  7. Zurich, Swiss
  8. Jenewa, Swiss
  9. Melbourne, Australia
  10. Brisbane, Australia

Berikut Daftar 10 Kota yang Dinyatakan Kurang Layak Huni 2021:

  1. Caracas, Venezuela
  2. Douala, Kamerun
  3. Harare, Zimbabwe
  4. Karachi, Pakistan
  5. Tripoli, Libya
  6. Aljir, Aljazair
  7. Dhaka, Bangladesh
  8. Port Moresby, Papua Nugini
  9. Lagos, Nigeria
  10. Damaskus, Suriah
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).