kumparan
17 Maret 2019 15:03

26 Maskapai dengan Seragam Pramugari Terbaik: Air France hingga Garuda

Ilustrasi seragam pramugari Emirates
Ilustrasi seragam pramugari Emirates Foto: Shutter Stock
Seragam yang dikenakan pramugari selama penerbangan tentunya menjadi ciri tersendiri sebuah maskapai penerbangan. Setiap seragam tersebut tentunya memiliki arti filosofis dan kebudayaan yang ingin diperkenalkan ke penumpang.
ADVERTISEMENT
Salah satu hal yang membuat sebuah maskapai penerbangan menjadi pilihan penumpang juga karena seragam pramugarinya yang menarik. Selain itu, adalah hal yang wajar jika ada beberapa maskapai penerbangan yang melakukan pergantian seragam dari waktu ke waktu.
Hal ini tak hanya untuk mengangkat kembali brand maskapai penerbangan tersebut, tetapi juga untuk memberikan warna baru bagi para penumpang. Dilansir Seasia, berikut kumparan rangkum 26 daftar seragam pramugari terindah di dunia.
1. Air France
Predikat seragam terbaik dan paling stylish di dunia penerbangan jatuh pada maskapai Prancis, Air France. Maskapai dari negara mode ini memiliki ciri khas yaitu ikat pinggang dan sarung tangannya yang berwarna merah.
Seragam pramugari maskapai Air France didesain oleh desainer ternama asal Prancis, Christian Lacroix. Bahkan Air France sempat bekerja sama dengan label fashion ternama yaitu Dior dan Balenciaga pada tahun 1960-an.
ADVERTISEMENT
2. Hainan Airlines
Seragam pramugari terindah berikutnya ditempati oleh maskapai asal China yaitu Hainan Airlines. Didesain oleh Laurence Xu, seragam pramugari maskapai Hainan Airlines bermode Haute Couture.
Diluncurkan pada 4 juli 2017 lalu di InterContinental Paris Le Grand Ballroom, seragam ini terinspirasi dari model pakaian tradisionak China, Cheongsam.
Dikutip dari Independent, Xui Fei, Brand Director of Hainan Airlines mengatakan melalui kerjasama antara Hainan Airlines dan Lawrence Xu adalah agar penumpang rute internasional dapat mengenal China sebagai negara modern dan terdepan di dunia industri fesyen. “Kami tidak hanya menciptakan seragam baru tetapi juga menunjukkan citra internasionalisasi maskapai kami," ujarnya.
3. Etihad Airways
Selain Hainan Airlines, Etihad Airways juga menjadi salah satu maskapai yang punya seragam pramugari terindah di dunia.
ADVERTISEMENT
Seragam baru Etihad Airways diperkenalkan pada 2015 dengan nuansa abu-abu dan ungu. Terinspirasi dari gaya '60-an yang glamor, desainer couture asal Italia, Ettore Bilotta khusus merancang seragam untuk menampilkan kesan elegan, chic, dan juga sleek.
Para kru kabin Etihad tampil stylish dengan topi baret ungu, syal bercorak abstrak serta sarung tangan kulit.
4. Qantas
Tak hanya didapuk sebagai maskapai teraman di dunia, Qantas ternyata juga menjadi salah satu maskapai dengan seragam pramugari terindah di dunia.
Seragam maskapai ini dirancang oleh Martin Grant, salah satu perancang busana paling terkenal di Australia.
Bahkan pada peluncuran seragam baru tersebut pada 2013 lalu sempat jadi perhatian publik dan juga dunia fashion. Betapa tidak, Miranda Kerr didapuk menjadi model untuk memperkenalkan berupa midi-dress dengan siluet pas badan itu.
ADVERTISEMENT
Seragam Qantas rancangan Martin Grant ini memiliki sentuhan bold dengan warna kontras fuchsia dan merah di atas warna biru navy. Tak lupa syal shocking pink dan belt yang semakin menyempurnakan penampilan para pramugari.
Seragam ini sempat mendapat kritik karena dinilai terlalu ketat untuk ukuran seragam kru yang melayani publik. Tapi tidak bisa dipungkiri, seragam pramugari ini cukup stylish bahkan bisa saja dipakai ke acara semi formal.
5. Singapore Airlines
Didesain oleh Pierre Balmain, seragam pramugari Singapore Airlines merupakan seragam terlama di dunai penerbangan. Pasalnya, sejak 1986, mode seraga pramugari maskapai asal Singapura tersebut belum pernah mengalami perubahan.
Meski begitu, seragam pramugari Singapore Airlines juga menjadi salah satu yang terindah di dunia. Dibuat dengan sarong kebaya Melayu, batik Asia tersebut menjadi trademark dari Singapore Airlines.
ADVERTISEMENT
Berikut daftar lengkap seragam pramugari terindah di dunia:
1. Air France, Prancis
2. Hainan Airlines, China
3. Etihad Airways, UAE
4. Qantas, Australia
5. Singapore Airlines, Singapura
6. Korean Air, Korea Selatan
7. China Airlines, Taiwan
8. Emirates, UAE
9. American Airlines, Amerika Serikat
10. Air Malta, Malta
11. Hong Kong Airlines, Hong Kong
12. Air India, India
13. Thai Airways, Thailand
14. Fiji Airways, Fiji
15. Qatar Airways, Qatar
16. Alitalia, Italia
17. Japan Airlines, Jepang
18. Hawaiian Airlines, Amerika Serikat
19. China Eastern Airlines, China
20. Garuda Indonesia, Indonesia
21. La Compagnie, Prancis
22. Malaysia Airlines, Malaysia
23. Gulf Air, Bahrain
24. Vietnam Airlines, Vietnam
25. Srilankan Airlines, Srilanka
ADVERTISEMENT
26. Virgin Australia, Australia
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan