kumparan
20 April 2019 14:54

26 Tahun Mengudara, Kini Jet Airways Berhenti Terbang

Jet Airways Boeing 737 Max
Jet Airways Boeing 737 Max. Foto: Dok. Boeing
Traveler, tahukah kamu bila Jet Airways tak beroperasi lagi?
Ya, maskapai asal Mumbai, India, itu menghentikan operasional penerbangan sejak Rabu (17/4) kemarin. Penyebabnya karena permasalahan keuangan, dengan saham yang terus merosot sejak Agustus 2015 serta gagal mendapat suntikan dana.
ADVERTISEMENT
Alhasil baik penerbangan domestik maupun luar negeri kini sudah disetop. Dan akibat penghentian ini ribuan penumpang terdampar di sejumlah bandara. 
Sementara untuk penumpang yang sudah membeli tiket pesawat, Jet Airways akan mengembalikan uangnya, namun tidak ada kejelasan pastinya kapan dana tersebut dicairkan.
Sedangkan untuk agen perjalanan harus menghentikan pembelian dan melaporkan pembelian tiket Jet Airways untuk proses pengembalian uang. Serta menyelesaikan Outstanding Billings langsung dengan International Air Transport Association (IATA).
Di balik kemalangannya, siapa sangka sebenarnya Jet Airways merupakan penerbangan kormersil milik swasta terbesar di India. Maskapai berkode 9W ini punya 123 pesawat dengan 600 rute domestik dan 380 rute internasional.
Sang pendiri, Naresh Goyal dahulu merupakan seorang agen penjual tiket untuk Lebanon Airlines dan bekerja untuk maskapai lain. Akhirnya Goyal mendirikan Jet Airways pada 1 April 1992 dan dalam waktu 20 tahun dirinya sukses membuat pesawatnya mengudara hingga ke Amsterdam. 
ADVERTISEMENT
Sayangnya, selain merugikan para pelancong, lebih dari 16 ribu karyawannya harus menelan pil pahit. Menurut Reuters, selama 2 - 4 bulan, pekerjanya bekerja tanpa bayaran dan bergulat dengan tagihan, cicilan , hingga biaya sekolah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan