kumparan
19 Oktober 2019 12:55

5 Aktivitas Olahraga yang Wajib Dicoba saat Liburan di Selandia Baru

5 aktivitas olahraga seru di Selandia Baru
Wisatawan yang tengah bersepeda di sekitar Danau Pukaki Foto: Dok. Tourism New Zealand
Punya panorama alam yang memukau, tak heran jika Selandia Baru menjadi salah satu destinasi incaran wisatawan. Deretan pegunungan, perbukitan, hingga danau-danau cantiknya bisa kamu temukan dengan mudah di Negeri Kiwi.
ADVERTISEMENT
Bahkan karena keelokannya, beberapa waktu lalu Selandia Baru menjadi destinasi yang dipilih Ringgo Agus Rahman dan keluarganya untuk menghabiskan liburan.
Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati indahnya Selandia Baru. Selain mengunjungi destinasi wisata, berolahraga juga menjadi cara seru yang bisa kamu pilih.
Dengan pemandangan yang indah dan lanskap yang beragam, Selandia Baru menjadi destinasi yang menawarkan paket komplit untuk kamu yang ingin mencoba berbagai macam olahraga demi jiwa dan raga yang sehat.
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima kumparan dari Tourism New Zealand, berikut lima aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan saat liburan di Selandia Baru.
1. Panjat Tebing
5 aktivitas olahraga seru di Selandia Baru
Wisatawan yang tengah melakukan panjat tebing di Aoraki Mount Cook Foto: Dok. Tourism New Zealand
Jika kamu belum pernah memanjat tebing atau masih pemula, jangan khawatir karena Selandia Baru memiliki berbagai medan panjat tebing untuk tingkat keahlian yang berbeda, mulai dari pemula sampai profesional.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa tempat yang bisa kamu pilih untuk melakukan olahraga panjat tebing.
Jika kamu berlibur di Pulau Selatan, cobalah mendaki di Wildwire Wanaka, jalur pendakian dengan air terjun tertinggi di dunia. Wildwire Wanaka menawarkan berbagai macam trek untuk pemula dan profesional.
5 aktivitas olahraga seru di Selandia Baru
Wisatawan yang tengah melakukan panjat tebing di Wanaka Foto: Dok. Tourism New Zealand
Jangan lupa untuk menjelajahi kolam-kolam tersembunyi dan menikmati pemandangan gunung yang memesona saat kamu memanjat. Akhiri perjalananmu dengan berpiknik di alam terbuka untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.
Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Aoraki Mount Cook, puncak tertinggi di Selandia Baru. Kamu bisa mendapatkan pengalaman maksimal saat memanjat bersama Alpine Guides, melalui pilihan paket yang beragam untuk semua tingkat keahlian. Baik memanjat tebing batu atau tebing es, kamu pasti akan jatuh cinta dengan pengalaman menegangkan ini.
ADVERTISEMENT
2. Lari
5 aktivitas olahraga seru di Selandia Baru
Rangitoto Summit Track di Selandia Baru Foto: Dok. Tourism New Zealand
Selain panjat tebing, lari menjadi aktivitas olahrarga yang enggak kalah seru buat dilakukan di Selandia Baru. Memiliki cuaca yang sejuk dan udara yang segar ditambah pemandangan yang indah membuat Selandia Baru jadi tempat sempurna untuk olahraga lari.
Kamu bisa mencoba trek pegunungan di Pulau Rangitoto yang menjadi ikon kota Auckland, treknya yang berbukit dengan beragam ketinggian sangat pas buat kamu yang ingin berlari sambil menikmati indahnya pemandangan alam.
Ingin trek lari yang tidak terlalu sulit? Coba Rangitoto Summit Track yang berada di bagian utara. Dengan jarak kurang lebih 3 km jalur ini berakhir di puncak gunung berapi Rangitoto di mana kamu bisa melihat pemandangan pusat kota Auckland, Pulau Waiheke, dan Selat Hauraki.
ADVERTISEMENT
Tempat menarik lainnya adalah Moke Lake Loop Track –salah satu trek lari paling popular di Queenstown. Trek ini dikelilingi padang rumput, danau, dan empat gunung yaitu Gunung Crichton dan Gunung Hanley di bagian barat, Ben More Peak di utara, dan Ben Lomond Peak di timur.
Bahkan, jalur ini juga menjadi tempat penyelenggaraan Queenstown Marathon, festival lari internasional yang diadakan di area Danau Wakatipu dan kota Queenstown setiap bulan November.
3. Bersepeda
5 aktivitas olahraga seru di Selandia Baru
Bersepeda di Selandia Baru Foto: Dok. Tourism New Zealand
Selain dua kegiatan tadi, bersepeda juga menjadi aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan. Sebab, Selandia Baru memiliki banyak jalur bagi para pesepeda, mulai dari hutan hujan hingga pantai berpasir yang indah.
Kamu bisa mencoba bersepeda di Timber Trail yang berada di Hamilton dan Waikato. Di sana kamu bisa melihat hutan tua Pureora Forest dan merasakan budaya Māori saat mengayuh sepedamu di daerah tersebut.
ADVERTISEMENT
Tidak jauh dari Hamilton dan Waikato terdapat Rotorua menjadi surganya pecinta sepeda. Rotorua memiliki berbagai macam rute bersepeda. Mulai dari rute pegunungan dengan daerah menanjak, sampai rute melintasi hutan  dan rute menarik lainnya di sekitar Danau Rotorua yang populer.
Rute paling populer di daerah ini adalah Te Ara Ahi, di mana kamu bisa mengayuh sepeda ke Whakarewarewa Thermal Reserve dan kemudian berendam air hangat di Te Ranga Thermal River.
Selain itu, jika kamu mengunjungi Rotorua di bulan Oktober kamu bisa menyaksikan Rotorua Bike Festival yang diadakan tiap tahunnya. Selain, bisa menikmati beragam acara mulai dari seni dan budaya Maori, kamu juga bisa mencoba makanan lokal Selandia Baru. Festival ini juga memiliki beragam aktivitas seru untuk anak-anak.
ADVERTISEMENT
Kurang puas dan masih ingin mencoba pengalaman seru bersepeda di Selandia Baru? Kamu bisa mencoba E-bike, sepeda yang ramah lingkungan. Saat ini banyak perusahaan rental dan tur E-bike yang hadir di kota-kota besar dan tempat wisata di Selandia Baru.
Kamu bisa memilih untuk bersepeda di medan yang berbeda-beda, seperti jalan-jalan kota di Wellington atau jalan bebatuan pantai di Kaikoūra yang dikelilingi pemandangan alam yang luar biasa. Selain itu, ada juga rute lain sepert di Auckland, jalan gunung di Wanaka, lajur pantai di Kaikoura atau rute desa di Whanganui, Selandia Baru akan memuaskan hasratmu untuk berpetualang bebas dengan bersepeda.
4. Kayak
5 aktivitas olahraga seru di Selandia Baru
Serunya berkayak di Selandia Baru Foto: Shutter Stock
Aktivitas olahraga lainnya yang bisa kamu coba adalah berkayak. Kayak merupakan salah satu olahraga air yang digemari wisatawan.
ADVERTISEMENT
Sebab, di Selandia Baru terdapat banyak danau dan laut yang eksotis. Kamu bisa menaiki perahu kecil sembari dan mendayung di perairan yang jernih.
Selain menikmati panorama alam sekitar, kamu juga bisa menyaksikan habitat hewan-hewan laut dan berada lebih dekat dengan alam. Kamu bisa melakukan aktivitas ini di Goat Island Marine Reserve dan di Milford Sound, Fiordland.
5. Golf
5 aktivitas olahraga seru di Selandia Baru
Bermain golf di Cape Kidnappers Foto: Shutter Stock
Terakhir, kamu bisa bermain golf di Selandia Baru. Sebab, ada banyak lapangan golf yang bisa menjadi tempat untuk memuaskan keinginanmu tersebut.  
Kamu bisa menikmati permainan golf di The Farm at Cape Kidnappers.
Didesain oleh arsitek golf legendaris, Tom Doak, lapangan golf Cape Kidnappers ini berada menghampar di sekitar lahan-lahan pertanian berbukit-bukit yang menantang para pegolf dari segala tingkat kemampuan. Bahkan, lapangan yang selesai dibangun tahun 2004 ini juga menjadi salah satu dari 20 lapangan golf terbaik di dunia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan