kue putu mayang

5 Aktivitas Seru Liburan di Rumah, Bikin Kue Khas Indonesia hingga Virtual Tour

7 Juli 2021 17:24
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi anak balita memasak atau membuat kue bersama ibu. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak balita memasak atau membuat kue bersama ibu. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali akan diberlakukan mulai tanggal 3-20 Juli 2021 untuk menekan penyebaran COVID-19 yang masih terus meluas di Indonesia. Mal, masjid, hingga tempat wisata harus ditutup selama masa PPKM Darurat di Jawa dan Bali.
ADVERTISEMENT
Kebijakan PPKM Darurat ini juga turut ditanggapi serius oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Dirinya mengaku mendukung penuh kebijakan pemerintah dan menginstruksikan seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif untuk ditutup sementara.
"Penanganan COVID-19 ini harus didukung secara totalitas. Jadi kita satu komando, sebagai kementerian yang membawahi 13 sub sektor pariwisata dan 17 sub sektor ekonomi kreatif, kami menginstruksikan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mematuhi PPKM Darurat, mulai 3-20 Juli ini," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.
Lewat penutupan sementara seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi tersebut, Sandiaga berharap pemulihan kesehatan akan berjalan lebih baik. Sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang hadir sebagai lokomotif pembangkit ditegaskannya bisa kembali berperan aktif setelah angka COVID-19 lebih terkendali.
ADVERTISEMENT
"Kami sudah memberikan seruan yang tegas kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melaksanakannya, tanpa terkecuali. Karena keselamatan dan kesehatan rakyat Indonesia adalah yang utama," tegas Sandiaga.
Namun, meskipun tempat wisata dan pusat ekonomi kreatif ditutup sementara selama PPKM Darurat Jawa-Bali, bukan berarti kamu tidak bisa melepas penat. Meskipun harus di rumah saja selama PPKM Darurat, kamu bisa berkreasi menciptakan aktivitas seru selama di rumah.
Berikut lima aktivitas liburan di rumah saja yang bisa kamu coba. Dijamin seru dan anti bosan.

1. Membuat Kreasi Makanan dan Aneka Kue

kue putu mayang Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
kue putu mayang Foto: Shutterstock
Biar enggak bosen di rumah saja, kamu bisa mulai mengisi waktu liburan dengan membuat aneka makanan dan kue. Cobalah membuat beberapa makanan khas Indonesia yang mudah dibuat di rumah, seperti sate lilit khas Bali, soto Betawi, nasi tutug oncom, karedok, atau gudeg Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Jika ingin aktivitas yang lebih menantang, kamu juga bisa membuat aneka kue khas Nusantara yang terkenal dengan kelezatannya. Kamu bisa membuat serabi Bandung, kue cucur, putu mayang, lumpia, hingga kue lapis Surabaya.

2. Berkemah di Halaman Rumah

Ilustrasi berkemah di halaman rumah. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi berkemah di halaman rumah. Foto: Shutter Stock
Ingin kegiatan yang lebih menantang dan seru? Kamu juga bisa mengisi waktu di rumah saja dengan berkemah di halaman rumah.
Cobalah untuk merasakan berkemah dengan mendirikan tenda di halaman rumah. Buatlah suasana seakan kamu sedang berkemah di pegunungan dengan tambahan berbagai properti seperti kompor portable, senter, lampu gantung, dan makanan yang akan dimasak saat berkemah.

3. Membuat Kerajinan Tangan Khas Indonesia

Ilustrasi batik masker. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi batik masker. Foto: Shutter Stock
Selanjutnya, kamu bisa mengisi waktu di rumah saja dengan membuat kerajinan tangan khas Indonesia. Jiwa kreativitasmu juga akan ikut terasah dengan membuat kerajinan tangan ini.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa membuat masker dari kain batik dengan beragam motif yang ikonik. Atau kamu bisa membuat lampu hias sendiri dari kumpulan botol bekas yang ada di sekitar rumah.
Tak hanya itu, bisa juga membuat kerajinan tangan berupa miniatur yang terbuat dari kardus. Selain mengasah kreativitasmu, beragam kerajinan ini juga bisa kamu jual dengan harga yang menguntungkan.
Sebab, saat ini banyak masyarakat yang mulai tertarik #BeliKreatifLokal seperti makanan hingga kerajinan tangan.

4. Membaca Buku atau Majalah Tentang Traveling

Ilustrasi majalah travel. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi majalah travel. Foto: Shutter Stock
Sudah rindu traveling #DiIndonesiaAja? Jika iya, kamu masih harus bersabar dulu hingga situasi kembali kondusif, ya!
Untuk mengobati kerinduanmu jalan-jalan, kamu bisa memulainya dengan membaca buku atau majalah bertema traveling selama #DiRumahAja. Saat ini, ada banyak buku hingga majalah yang membahas tentang destinasi wisata di Indonesia dan dunia.
ADVERTISEMENT
Atau, kamu juga bisa mengikuti Instagram @pesonaid_travel untuk melihat berbagai destinasi wisata #DiIndonesiaAja. Dengan sedikit bernostalgia melihat beragam destinasi wisata di Instagram @pesonaid_travel, kamu bisa mengobati kerinduanmu traveling.

5. Mengikuti Virtual Tour

Bagian luar Lawang Sewu. Foto: Andari Novianti/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Bagian luar Lawang Sewu. Foto: Andari Novianti/kumparan
Terakhir, untuk mengusir rasa bosan karena harus di rumah saja, kamu juga bisa mengikuti virtual tour. Selain dengan mengakses website dan akun sosial media resmi Indonesia Travel, kamu juga bisa ikutan virtual tour yang saat ini banyak diselenggarakan oleh operator tur ke berbagai destinasi di Indonesia, seperti Yogyakarta misalnya.
Kamu bisa jalan-jalan virtual melihat sunrise di Punthuk Setumbu, Yogyakarta. Dari atas ketinggian, dengan pepohonan yang terhampar di kejauhan, kamu bisa melihat indahnya siluet pegunungan dan matahari terbit yang menawan.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa melihat gemericik air terjun secara virtual di Air Terjun Aling-Aling di Bali. Dengan tur virtual ini, kamu bisa melihat suasana air terjun yang dikelilingi rimbunnya pepohonan dan udara yang sejuk.
Jika masih kurang, bisa juga melihat hamparan sawah berundak yang dipenuhi oleh tanaman padi yang masih hijau di Bali. Meskipun virtual, kamu masih bisa ikut merasakan hembusan angin serta birunya langit yang ditawarkan oleh alam Bali.
Tak hanya itu, kamu juga akan tetap bisa merasakan pesona indah destinasi wisata yang ditampilkan selama tur. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan outfit-mu saat virtual tour ya, biar lebih berasa seperti kamu sedang jalan-jalan sungguhan.
Nah, meskipun saat ini kita harus tetap di rumah saja, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat dengan 6M, ya, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama. Ingat, ada keluarga yang selalu menunggumu di rumah, jadi pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada.
ADVERTISEMENT
Banyak beraktivitas di rumah aja, bukan berarti kamu harus mati gaya. Simak beragam inspirasi dan hiburan #DiIndonesiaAja dalam collection ini. Kamu juga bisa dukung ekonomi kreatif Indonesia dari rumah, kok!
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten