Sunset di Devils Tears Nusa Lembongan, Bali.

5 Aktivitas yang Tak Boleh Dilewatkan Wisatawan saat di Nusa Lembongan, Bali

14 Oktober 2021 18:04
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Aktivitas yang Tak Boleh Dilewatkan Wisatawan saat di Nusa Lembongan, Bali (61045)
searchPerbesar
Nusa Lembongan Bali. Foto: Shutter Stock
Selama ini, banyak wisatawan yang hanya berfokus untuk mengunjungi kawasan Kuta, Seminyak, Canggu, hingga Ubud saat berlibur ke Bali. Padahal, masih banyak tempat menawan lainnya di Bali yang tak kalah cantik dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Nusa Lembongan.
ADVERTISEMENT
Dihiasi perairan hijau toska yang indah dan memesona, Nusa Lembongan memiliki pesona lainnya yang wajib dikunjungi wisatawan saat liburan #DiIndonesiaAja. Mulai dari deretan pantai yang memesona, tebing-tebing yang menawan, hingga atraksi wisata yang pastinya tidak akan membuat wisatawan bosan.
Tak hanya itu, Nusa Lembongan juga cocok untuk kamu yang menginginkan ketenangan dan jauh dari keramaian. Sebab, tempatnya yang tak sepopuler kawasan Seminyak, Canggu, atau Ubud ini membuat Nusa Lembongan menjadi tujuan tepat bagi kamu yang ingin membuat kenangan indah dengan ketenangan batin.
Hal ini juga yang diungkapkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Ia mengatakan bahwa tren wisata saat ini lebih menuju ke arah personalized.
"Tren pariwisata yang dipicu oleh pandemi ini menuju ke arah personalized yang berkaitan dengan pengalaman dan kenangan, localized atau memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal. Lalu customized atau wisata minat khusus, dan smaller in size yang mengedepankan kualitas (wisatawan) bukan kuantitas" jelas Sandiaga, seperti dikutip dari siaran pers, “Pandemi Jadi Momentum Optimalisasi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia”.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk kamu yang berencana memasukkan Nusa Lembongan ke dalam bucket list saat liburan ke Bali, berikut lima aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di sana. Namun sebelumnya, yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel agar kamu selalu mendapatkan informasi ter-update seputar pariwisata hingga beragam produk kreatif lokal yang ada #DiIndonesiaAja!
1. Melihat Sunset di Devil's Tears
5 Aktivitas yang Tak Boleh Dilewatkan Wisatawan saat di Nusa Lembongan, Bali (61046)
searchPerbesar
Sunset di Devil's Tears Nusa Lembongan, Bali. Foto: Shutterstock
Bagi sebagian orang mungkin masih asing ketika mendengar Devil’s Tears. Tebing ini merupakan tempat wisata yang berada di Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Jika kamu berniat berkunjung ke tempat ini harus tetap berhati-hati, ya! Karena deburan ombak yang cukup besar, serta tinggi dan licinnya tebing akan berbahaya jika kamu tidak waspada.
Untuk sampai ke sana, kamu bisa menggunakan speedboat dari Dermaga Kusamba, Klungkung. Kamu juga bisa menggunakan fast boat dari Dermaga Pantai Sanur di Denpasar, atau bisa juga dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit menuju Dermaga Jungut Batu atau Mushroom Bay Nusa Lembongan.
ADVERTISEMENT
Untuk menjangkau Devil’s Tears cukup mudah. Dari dermaga, kamu bisa menyewa mobil atau sepeda motor menuju Dream Beach, dari sana kamu bisa jalan kaki melalui jalan setapak menuju Devil’s Tears.
Di Devil’s Tears, kamu bisa melihat ombak yang menghempas tebing dan batu karang, sehingga menciptakan percikan air laut yang menakjubkan. Kemudian, menjelang petang, jangan sampai terlewat untuk menikmati indahnya sunset dari pinggir tebing, tentunya akan menghasilkan sebuah pemandangan yang mampu membuatmu terpukau.
2. Menyelam di Perairan Nusa Lembongan
5 Aktivitas yang Tak Boleh Dilewatkan Wisatawan saat di Nusa Lembongan, Bali (61047)
searchPerbesar
Perairan Bawah Laut Nusa Lembongan. Foto: Shutter Stock
Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Nusa Lembongan adalah menyelam atau snorkeling. Di perairan Nusa Lembongan, kamu akan disuguhkan oleh biota laut yang beraneka ragam dan memesona, karena perairan ini merupakan rumah bagi lebih dari 250 spesies karang dan 600 spesies ikan.
ADVERTISEMENT
Ada tiga spot yang bisa dipilih untuk menyelam di Nusa Lembongan, yaitu Lembongan Bay, Mangrove Bay, dan Blue Corner. Lembongan Bay sendiri sangat cocok untuk para pemula dengan arus yang tidak terlalu deras dan hanya memiliki kedalaman sekitar 10 meter.
Kemudian, Mangrove Bay Cocok untuk semua level penyelam, selain itu terdapat banyak karang indah yang siap untuk kamu jelajahi. Saat menyelam kamu juga bisa bertemu barakuda, triggerfish, damselfish, belut moray, kakap, dan beberapa biota lainnya.
Sedangkan Blue Corner yang juga memiliki julukan sebagai Jurassic Point, biasanya dipilih oleh penyelam yang berpengalaman. Di awal, kamu akan diajak masuk ke kedalaman 10 meter untuk melihat hamparan karang yang indah dan beberapa ikan yang berlalu lalang. Namun, arus akan membawa kamu ke The Corner dan bisa menjumpai beragam biota laut, seperti sweetlips, wobbegong, ikan Napoleon, tuna, pari elang, giant trevally, dan biota lainnya.
ADVERTISEMENT
3. Berselancar di Pantai-Pantai Nusa Lembongan
5 Aktivitas yang Tak Boleh Dilewatkan Wisatawan saat di Nusa Lembongan, Bali (61048)
searchPerbesar
Peselancar yang tengah mengikuti ajang Sail Nias 2019 Foto: Dok. Kemenparekraf
Tak perlu diragukan lagi bahwa Bali merupakan surga bagi para peselancar. Setiap tahunnya, banyak peselancar yang berburu ombak di pantai-pantai di Bali, salah satunya adalah pantai yang ada di Nusa Lembongan.
Bisa dibilang pantai di Pulau Nusa Lembongan ini memiliki ombak kelas dunia untuk kamu yang sangat suka berselancar. Sebab, Nusa Lembongan dikenal memiliki ombak yang bagus dengan beragam level, mulai dari sedang hingga tinggi. Hal inilah yang membuat banyak peselancar juga memilih mengeksplorasi Nusa Lembongan untuk mendapatkan ombak yang indah maupun menantang.
4. Berkeliling Hutan Mangrove
5 Aktivitas yang Tak Boleh Dilewatkan Wisatawan saat di Nusa Lembongan, Bali (61049)
searchPerbesar
Hutan Mangrove di Nusa Lembongan. Foto: Shutter Stock
Hutan Mangrove Nusa Lembongan ini berada di Pantai Jungut Batu, sebelah timur Pulau Nusa Lembongan. Kawasan hutan mangrove di sini memiliki kedalaman air 0,5 meter dengan lebar 4-6 meter.
ADVERTISEMENT
Area hutan yang memiliki luas 230 hektare ini mampu menghipnotis para pengunjungnya, karena disuguhkan keindahan yang luar biasa. Lebih dari 11 jenis tumbuhan mangrove ada di sini.
Jika ingin berkeliling, kamu bisa menyewa perahu yang dibanderol dengan harga Rp 150 ribu selama 25 menit. Selain itu, penumpang juga akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50 ribu per orangnya. Oh iya, untuk biaya pada destinasi ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya!
5. Menyusuri Jembatan Kuning
5 Aktivitas yang Tak Boleh Dilewatkan Wisatawan saat di Nusa Lembongan, Bali (61050)
searchPerbesar
Jembatan Kuning di antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Foto: Shutterstock
Jembatan kuning menjadi daya tarik di Pulau Nusa Lembongan, selain berselancar dan menyelam. Jembatan yang menghubungkan antara Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Ceningan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana.
Jembatan ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Jadi, jika ingin ke sini, kamu bisa menyewa sepeda motor atau berjalan kaki dari dermaga kapal cepat. Jembatan berwarna kuning ini memiliki alas dari kayu dengan panjang 100 meter dan lebar 1,5 meter.
ADVERTISEMENT
Banyak orang yang ke Nusa Lembongan pasti tidak lupa untuk berfoto ria di jembatan kuning ini. Saking banyaknya orang yang mengabadikan foto dengan pasangan mereka, jembatan ini disebut juga dengan jembatan cinta. Selain berfoto, kamu juga bisa menikmati hamparan laut biru, pasir putih, hingga eksotisnya pemandangan sunset dari sekitar jembatan ini, lho!
Itulah lima aktivitas yang bisa kamu coba saat berlibur ke Nusa Lembongan, Bali. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk segera mengikuti vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar. Apalagi jika kamu ingin berlibur, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib dalam bepergian yang terintegrasi dalam aplikasi PeduliLindungi.
ADVERTISEMENT
Di Pulau Dewata sendiri, menurut Satgas Penanganan COVID19 Provinsi Bali berdasarkan perolehan data hingga 11 Oktober 2021, capaian vaksinasi tahap pertama berjumlah 3.366.951 orang atau 98,88 persen. Kemudian, vaksin kedua berjumlah 2.816.443 orang atau 82,71 persen, dan vaksin ketiga berjumlah 34.777 atau 94,39 persen.
Tak hanya itu saja, sangat penting untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di mana pun kamu berada, ya! Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
Prokes ini juga yang harus kamu perhatikan ketika nantinya ingin berlibur ke Bali. Apalagi, hampir seluruh sektor pariwisata di Bali kini sudah tersertifikasi CHSE, baik itu hotel bintang 2 hingga 5, tempat wisata, hingga restoran atau tempat makan.
ADVERTISEMENT
Selama #DiRumahAja isi waktu luangmu dengan beragam keseruan, ya! Salah satunya dengan ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Caranya mudah banget, kamu tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan PUKIS terbaru pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention tiga temanmu untuk ikutan kuis ini. Akan ada beragam hadiah menarik untuk para pemenangnya, lho!
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)