kumparan
search-gray
Food & Travel26 Juni 2018 16:16

5 Destinasi Wisata Anti-mainstream yang Bisa Dikunjungi saat ke Aceh

Konten Redaksi kumparan
Pulau Lamun Objek Wisata di Aceh Singkil
Pulau Lamun Objek Wisata di Aceh Singkil (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan)
Juni hingga Juli memang menjadi bulan yang dinanti-nantikan banyak orang. Pasalnya, hampir seluruh anak-anak akan menikmati masa-masa libur sekolah mereka.
ADVERTISEMENT
Hal inilah yang membuat banyak keluarga akhirnya membawa anak mereka liburan dan memilih tempat wisata yang tak jauh dari kampung halaman. Jogja, Surabaya, Bandung, hingga Malang biasanya akan dipenuhi oleh keluarga yang ingin menghabiskan liburan mereka.
Namun, tak hanya di Pulau Jawa, pulau yang berada di ujung Indonesia seperti Aceh pun tak kalah menarik untuk disinggahi. Bumi Serambi Mekkah ini memiliki banyak destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja?
1. Lhok Mata Ie
Memiliki arti mata air, Lhok Mata Ie merupakan pantai tersembunyi di Aceh. Pantai ini berada sekitar 15 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya terletak di Desa Lam Pageu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar.
ADVERTISEMENT
Untuk sampai di pantai ini, kamu harus berjalan kaki selama satu jam atau menyewa boat nelayan dari ujung pancu. Di sana terdapat banyak spot untuk foto, memancing, hingga tempat nyaman yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Kondisi alamnya yang masih jarang terjamah oleh manusia membuat Lhok Mata Ie menyuguhkan pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan.
2. Ie Suum
Ie Suum merupakan air panas alami yang berasal dari Gunung Api Seulawah dan menjadi salah satu objek wisata andalan Desa Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Air panas ini terletak di kaki Gunung Meuh, berjarak sekitar 35 km dari Kota Banda Aceh.
Di sana kamu bisa berendam di bawah air panas yang dipercaya memberi banyak manfaat kesehatan. Selain itu, banyak juga spot foto dengan latar gunung yang tak kalah indahnya.
ADVERTISEMENT
3. Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom terletak di Desa Suhom, Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar. Air terjun ini terasa istimewa karena sepanjang perjalanan menuju ke sana, kamu akan disajikan pemandangan Pegunungan Paro dan Kulu yang sangat cantik.
Menariknya, perjalanan yang sangat indah semakin terasa sempurna dengan sajian air terjun yang menakjubkan. Saking tak banyak orang yang berkunjung ke sana, kamu serasa memiliki kolam renang pribadi.
4. Air Terjun Kuta Malaka
Air Terjun Kuta Malaka ini menjadi tempat Di Aceh yang bisa dikunjungi selanjutnya. Air terjun ini terletak di Desa Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.
Dari Banda Aceh, kamu harus menempuh perjalanan selama 20 menit untuk mencapai Desa Samahani. Selanjutnya, kamu bisa menuju air terjun dengan ketinggian 600 mdpl itu dan bermain dengan gemericik airnya yang menyegarkan.
ADVERTISEMENT
5. Gunung Burni Telong
Gunung Burni Telong merupakan gunung berapi aktif yang berada di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Gunung ini menjadi salah satu gunung dengan spot foto terbaik di Aceh.
Menariknya, meskipun memiliki label 'gunung', kamu tak perlu khawatir akan merasa lelah menaikinya. Pasalnya, Gunung Burni Telong memiliki akses jalan yang baik dan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, maupun roda dua.
Objek wisata ini memiliki keindahan alam yang menawan, berupa hamparan perkebunan, hutan belantara, hingga pesona bunga Edelweis yang cantik. Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan memukau ketika berada di puncak gunung.
Tertarik merasakan wisata anti-mainstream di Aceh?
Penulis: Farhan Ghalib/ SPEAR SMA Ali Hasjmy Aceh
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white