5 Destinasi Wisata Populer di Makedonia yang Indah dan Spektakuler

30 Maret 2022 18:00
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Makedonia. Foto: stoimilov/Shutterstock.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makedonia. Foto: stoimilov/Shutterstock.
ADVERTISEMENT
Makedonia adalah sebuah negara yang berbatasan langsung dengan Yunani. Negara ini diberkati dengan keindahan alam yang luar biasa dan beragam budaya yang memanfaatkan pengaruh wilayah Balkan dan Mediterania.
ADVERTISEMENT
Sebelum merdeka, Makedonia diperintah oleh berbagai kerajaan dan negara seperti Kerajaan Romawi, Kerajaan Ottoman, dan Yugoslavia, sehingga banyak situs bersejarah yang tersebar di seluruh negeri.
Dari berbagai destinasi wisata yang ada di Makedonia, tempat terbaik untuk dikunjungi adalah biara tua dan benteng di puncak bukit. Masjid, gereja Ortodoks, dan reruntuhan arkeologi yang menakjubkan. Selain itu, beberapa kotanya juga sering menyelenggarakan Bazar Tua yang sudah ada sejak zaman kerajaan Ottoman.
Walaupun Makedonia tidak memiliki pantai, bukan berarti negara ini tidak memiliki pemandangan alam yang indah. Beberapa taman nasional di Makedonia sudah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Lalu, terdapat pegunungan yang dramatis, dan Danau Ohrid yang menawan yang siap memanjakan liburan wisatawan yang gemar dengan keindahan alam.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah lima situs wisata terindah yang ada di Makedonia:

1. Taman Nasional Mavrovo

Taman Nasional Mavrovo adalah taman nasional terbesar di Makedonia yang menawarkan beberapa pemandangan alam terbaik di negara ini dan merupakan tujuan wisata favorit bagi pecinta alam. Puncak Gunung Mavrovo adalah yang tertinggi di Makedonia, sehingga puncak itu merupakan tujuan populer bagi para pendaki, dan juga beroperasi sebagai resor ski pada musim dingin.
Danau Mavrovo yang terdapat di dalam taman nasional ini, menjadi salah satu tempat memancing ikan trout terbaik di Makedonia, sekaligus menjadi tempat yang indah untuk berenang, berlayar, dan berjalan kaki. Pengunjung danau juga harus meluangkan waktu untuk melihat Gereja St Nicholas yang setengah terendam. Gereja ini terendam oleh banjir pada tahun 1950-an sebelum secara perlahan-lahan muncul kembali dan membentuk pemandangan mistis seperti sekarang ini.
ADVERTISEMENT
Pengunjung dapat menghabiskan beberapa hari untuk menikmati ketenangan hamparan hutan, danau, dan pegunungan terjal yang rimbun di Mavrovo dengan membawa tenda untuk camping. Bagi wisatawan yang tidak ingin menginap di alam terbuka, terdapat sebuah desa yang menawarkan sedikit pilihan hotel dan restoran yang cukup nyaman untuk ditempati.

2. Kota Ohrid

Pemukiman Kota Ohrid terletak di dekat salah satu situs warisan dunia UNESCO, yaitu Danau Ohrid. Kota bersejarah ini adalah salah satu tujuan wisata paling menarik dan mengesankan bagi para wisatawan. Dihuni sejak zaman kuno oleh Dasarata Yunani dan suku Illyrian, bangunan-bangunan di kota ini memiliki arsitektur yang berasal dari abad ke-4 SM.
Salah satu reruntuhan yang paling menarik di daerah ini adalah Benteng Samuel, sebuah benteng yang pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Tsar Samuel untuk melindungi kota dari penjajah selama Kekaisaran Bulgaria Pertama. Dari gang-gang berbatu yang berkelok-kelok, restoran kuno di kota tua, rumah beratap oranye, hingga perairan danau yang berwarna biru kehijauan, Ohrid adalah area yang sempurna untuk dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Waktu yang paling tepat untuk datang ke Kota Ohrid adalah saat musim panas, karena diselenggarakan Festival Musim Panas Ohrid yang seru dan semarak. Acara ini menarik banyak orang dari seluruh dunia yang datang untuk menyaksikan sejumlah besar acara teater, musik, dan tarian tradisional. Festival ini merupakan perayaan sejarah sosial dan budaya Makedonia yang kaya dan beragam.

3. Danau Ohrid

Setelah menjelajahi Kota Ohrid yang menakjubkan, wisatawan juga wajib mengunjungi Danau Ohrid yang eksotis. Air Danau Ohrid berwarna biru jernih yang indah berkilau di bawah sinar matahari dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Sebagian kecil danau ini merupakan wilayah dari negara tetangga mereka, yaitu Albania.
Salah satu danau terdalam dan tertua di Eropa, Danau Ohrid adalah ekosistem yang sangat penting dan beraneka ragam. Ini adalah rumah bagi lebih dari 200 spesies endemik, seperti ikan predator dan siput air tawar.
ADVERTISEMENT
Wisatawan yang mengunjungi danau ini juga dapat melakukan kegiatan olahraga air, seperti bermain perahu dan berenang di titik-titik tertentu. Karena danau ini menyimpan banyak sekali spesies endemik, maka danau ini juga dilindungi oleh organisasi non-profit bernama Society of Wetland Scientists dengan merilis Deklarasi tentang Perlindungan Ekosistem Danau Ohrid yang telah ditandatangani oleh 45 negara.

4. Taman Nasional Pelister

Terkenal karena ekologi dan jalur pendakiannya yang beragam, Taman Nasional Pelister merupakan tempat untuk liburan jalan kaki yang menyenangkan. Di sini pejalan kaki dapat melihat beragam flora dan fauna, dan mungkin akan cukup beruntung untuk melihat hewan-hewan langka seperti rusa roe, babi hutan, atau babi paruh merah.
Taman Nasional Pelister tertua di negara ini adalah taman nasional tertua di Makedonia. Pelister adalah rumah bagi dua danau glasial yang menakjubkan yang terletak jauh di tengah-tengah puncaknya yang menjulang. Kedua danau ini sering disebut penduduk setempat sebagai Mata Pelister.
ADVERTISEMENT
Dengan banyaknya keindahan alam yang beragam dan sejumlah besar jalur pendakian yang berkelok-kelok di antara lembah dan hutan, Pelister sangat menyenangkan untuk dijelajahi. Pemandangan dari atas Gunung Pelister akan membuat wisatawan takjub. Wisatawan juga dapat berkemah di puncak atau bermain ski, tergantung pada musim apa wisatawan datang.

5. Kota Skopje

Liburan tentunya akan sia-sia jika tidak mengunjungi ibu kota negara Makedonia, Skopje. Kota ini tidak mengecewakan dalam hal keindahan. Terletak di sungai Vardar, kota ini merupakan pusat perdagangan penting Eropa yang mengekspor bahan kimia dan mesin ke seluruh dunia, dan sudah mulai dikenal sebagai tujuan perjalanan internasional.
Setelah melalui masa pemerintahan oleh Kerajaan Romawi, Ottoman, dan Yugoslavia, tata letak dan arsitektur kota memiliki nuansa dinamis dan beragam yang mencerminkan masa lalunya yang penuh warna. Dengan lanskap yang menggabungkan masjid era Ottoman dan struktur megah era komunis, pengunjung dapat memastikan tur yang seru dan menarik di sekitar kota.
ADVERTISEMENT
Wisatawan wajib mengunjungi alun-alun kota Skopje, yaitu Port Macedonia. Di sini, wisatawan dapat merasakan pengalaman perayaan Hari Kemerdekaan yang spektakuler setiap tanggal 8 September. Selama hari kemerdekaan, Skopje menjadi hidup dengan kembang api, parade, dan pertunjukan musik.
Laporan Mohamad Fadel
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020