kumparan
search-gray
Food & Travel26 Juni 2018 19:02

5 Gua Cantik yang Siap Temani Petualangan Kamu di Pacitan

Konten Redaksi kumparan
Goa Gong, Jawa Timur
Goa yang pernah disambangi oleh SBY. (Foto: Flickr / Mr setianis)
Pacitan tak boleh lewat dari itinerary-mu saat ingin mengeksplorasi Jawa Timur. Terlalu banyak destinasi eksotis di kawasan karst itu. Sebut saja Pantai Klayar, Pantai Srau, hingga Pantai Banyu Tibo.
ADVERTISEMENT
Namun, Pacitan tak hanya kaya dengan pantai cantik. Di sana juga terdapat beragam gua tak tak kalah cantiknya. Bahkan, Pacitan disebut sebagai Kota 1001 Gua, karena begitu banyak gua yang tersembunyi di sana.
Meskipun banyak, sayangnya tak semua bisa dikunjungi dan terbuka untuk wisatawan. Berikut kumparanTRAVEL rangkum lima gua yang bisa dikunjungi dan tak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Pacitan:
1. Gua Gong
Bisa dibilang, Gua Gong adalah yang paling cantik dan populer di antara wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan mantan Presiden SBY juga ikut mempromosikan destinasi wisata di kota kelahirannya itu dengan mengunjunginya langsung.
Gua Gong dikenal bisa mengeluarkan suara serupa gong gamelan jika salah satu batu di dalamnya dipukul. Gua tercantik di Asia Tenggara ini sudah dilengkapi fasilitas yang memadai, seperti lampu penerangan dan trek pejalan kaki.
ADVERTISEMENT
2. Gua Tabuhan
Tak jauh dari Gua Gong, kamu bisa mampir ke Gua Tabuhan. Terletak di Desa Wareng, Kecamatan Panung, gua ini konon kerap dijadikan tempat bertapa, sehingga sempat disebut sebagai Gua Tapan.
Pada akhirnya spot ini dikenal sebagai Gua Tabuhan, karena stalagmit dan stalaktitnya kerap digunakan oleh pengunjung sebagai alat musik tabuh. Fasilitas gua ini pun sudah cukup memadai seperti Gua Gong.
3. Luweng Ombo
Luweng berarti sumur alami dalam bahasa Jawa. Bentuknya seperti gua, tetapi vertikal dan menjorok ke dalam perut bumi.
Saat plesiran ke Pacitan, jangan lupa mampir ke Luweng Ombo. Diameternya sangat lebar, yakni mencapai 50 meter dengan kedalaman 130 meter. Kamu bisa menggunakan peralatan single rope technique (SRT) untuk turun ke dasar. Pastikan kamu menguasai tekniknya sebelum mencoba, ya!
ADVERTISEMENT
4. Luweng Jaran
Luweng Jaran dikenal sebagai gua terpanjang di Indonesia. Bayangkan saja, panjang gua ini mencapai 25 km, lho!
Terletak di Desa Jlubang, Kecamatan Punung, tidak semua orang bisa menyusuri Luweng Jaran. Dibutuhkan ekspedisi dengan perlengkapan yang memadai.
5. Gua Kalak
Gua Kalak terletak 30 km dari pusat kota Pacitan, searah dengan jalan menuju Pantai Klayar. Terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Gua Kalak sebenarnya lebih dulu ditemukan daripada Gua Gong. Bahkan spot itu dikenal sebagai tempat bertapa raja-raja Jawa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white