kumparan
21 Oktober 2019 13:58

5 Gunung Terpendek di Indonesia yang Pas untuk Pendaki Pemula

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran Foto: Naufal Abdurrasyid/kumparan
Mendaki gunung menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati indahnya alam Indonesia. Apalagi, ada banyak hal yang bisa kamu temukan saat mendaki gunung.
ADVERTISEMENT
Mulai dari pesona samudera di atas awan hingga golden sunrise yang eksotis menjadi beberapa hal yang bisa kamu temui ketika berada di puncak gunung. Akan tetapi, bagi kamu yang belum pernah mendaki gunung, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.
Sebagai pendaki pemula, alangkah baiknya kalau kamu mendaki beberapa gunung dengan medan yang ramah terhadap pendaki dan tentunya tidak menyulitkan. Nah, salah satu caranya adalah dengan mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi.
Untuk itu, berikut kumparan rangkum lima gunung di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula.
1. Gunung Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran Foto: Naufal Abdurrasyid/kumparan
Gunung pertama yang pas buat pendaki pemula adalah Gunung Nglanggeran. Gunung yang terletak di Desa Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta, ini merupakan gunung berapi purba yang terbentuk dari bebatuan karst. Kamu tak perlu khawatir, meskipun termasuk ke dalam tipe gunung berapi, Gunung Nglanggeran sudah lama tidak aktif dan tetap aman untuk didaki.
ADVERTISEMENT
Asyiknya, Gunung Nglanggeran juga ramah buat para pendaki, khususnya pendaki pemula. Sebab, gunung ini hanya memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Selain itu, medan dari gunung ini juga tidak terlalu sulit, lho. Meski begitu, kamu tetap harus mempersiapkan kondisi fisik yang prima ya, karena untuk mencapai puncak kamu harus mendaki selama kurang lebih satu jam.
Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah, apalagi ketika kamu mencapai puncaknya. Di area puncak, terdapat camping ground, di mana kamu bisa melihat keindahan langit malam bertabur bintang yang penuh romansa. Bila ke sini, sempatkan diri untuk berkunjung ke Embung Batara Sriten, ya.
2. Gunung Batu Jonggol
Gunung Batu Jonggol menjadi gunung berikutnya yang bisa kamu jadikan pilihan. Gunung yang berada di Jonggol, Bogor, Jawa Barat, ini hanya memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl.
ADVERTISEMENT
Pas buat kamu yang ingin mendaki gunung dengan medan yang tidak terlalu sulit. Karena medannya yang terbilang mudah, gunung ini menjadi salah satu gunung favorit yang diburu para pendaki, khusunya pendaki pemula.
Meski namanya belum terlalu familiar, gunung ini punya pesona yang enggak kalah indah, lho. Ketika berada di puncak, kamu akan disuguhkan samudera awan yang eksotis disertai dengan pemandangan perbukitan yang menghijau.
3. Gunung Penanggungan
Kamu tentu sudah enggak asing lagi dengan Gunung Semeru. Ya, gunung yang terletak di Jawa Timur itu sudah amat terkenal akan keindahannya yang seakan menghipnotis para pendaki untuk menggapai puncaknya.
Meski indah, mendaki Semeru perlu persiapan yang matang, karena medannya yang cukup mengujimu. Tapi, bagi kamu para pemula yang ingin menikmati pemandangan serupa dengan Semeru kamu bisa mendaki Gunung Penanggungan yang terletak di Mojokoerto.
ADVERTISEMENT
Karena punya pesona mirip Semeru dan memiliki ketinggian hanya 1.653 mdpl, gunung ini disebut-sebut sebagai miniaturnya Semeru. Meski begitu, untuk mencapai puncak Gunung Penanggungan, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 4 jam jika melewati jalur Tamiajeng dan Trawas.
Buat kamu yang tertarik ingin melihat candi-candi peninggalan sejarah yang eksotis, cobalah untuk mendaki melalui jalur Jolotundo. Walau memiliki ketinggian tak terlalu tinggi, kamu mesti berhati-hati, karena gunung yang satu ini memiliki jalur yang cukup ekstrem dan menantang.
4. Gunung Andong
Gunung yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ini menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki pemula. Ketinggiannya yang hanya sekitar 1.726 mdpl membuatnya cukup mudah didaki.
Pendakian Gunung Andong juga hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam saja. Selain itu, gunung ini memiliki beberapa sumber mata air, warung makan, hingga toilet di jalur pendakian yang semakin memudahkan para pendaki.
ADVERTISEMENT
Selain jalur pendakian yang mudah, Gunung Andong dikenal dengan pemandangannya yang memukau. Saat hari libur, Gunung Andong hampir pasti dipadati oleh pendaki. Jika kamu ingin mendaki Gunung Andong, lebih baik mendakinya saat weekdays agar tidak terlalu ramai.
5. Gunung Batur
Terakhir Gunung Batur bisa menjadi salah satu gunung yang masuk ke dalam wishlist pendakianmu. Gunung yang berada di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini terkenal akan medannya yang ramah bagi para pendaki.
Enggak heran kalau Gunung Batur menjadi salah satu gunung favorit buat para pemula. Dengan ketinggiannya yang hanya 1.717 mdpl, kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai puncak.
Sementara untuk pemandangannya enggak usah ditanyakan lagi, karena Gunung Batur punya panorama sangat indah dan membuat siapa saja jatuh cinta. Salah satunya adalah sebuah kaldera terindah di dunia, di mana Danau Batur sebagai pusatnya.
ADVERTISEMENT
Siap mendaki kelima gunung di atas?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan