Food & Travel
·
28 Juli 2021 7:02
·
waktu baca 3 menit

5 Jalan Raya Terunik yang Hanya Ada di Indonesia, Pernah Melintas?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Jalan Raya Terunik yang Hanya Ada di Indonesia, Pernah Melintas? (668631)
searchPerbesar
Ilustrasi seorang pria mencari tumpangan di jalan raya Foto: Shutterstock
Bagi traveler pecinta road trip, jalan raya tidak hanya sekadar sarana untuk menghubungkan satu tempat ke tempat lain. Lebih dari itu, beberapa jalan raya di Indonesia ini juga menyimpan daya tarik tersendiri bagi traveler.
ADVERTISEMENT
Daya tarik di sini tak hanya bentuknya yang tak biasa, mulai dari jalanannya yang berkelok, lurus, ataupun berada di atas ketinggian. Tetapi juga hal unik lainnya yang tak ditemukan di tempat lain.
Dilansir dari laman Instagram Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) @kemenpupr, inilah deretan jalan raya unik yang hanya ada di Indonesia. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

1. Kelok 44, Sumatera Barat

Terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kelok 44 merupakan salah satu jalan raya terunik di Indonesia yang terkenal akan tikungan tajamnya. Jalan raya ini memiliki 44 tikungan tajam di sepanjang rutenya.
Karena itulah bagi para pengendara yang baru melintasi jalan ini diharapkan untuk selalu waspada. Meski demikian, jalan raya ini menjadi salah satu primadona bagi traveler.
ADVERTISEMENT
Bagaimana tidak, saat melintas kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sawah terasering yang indah serta hijaunya Bukit Barisan. Tak sampai di situ, Kelok 44 juga menjadi ikon dalam ajang balap sepeda Tour de Singkarak.

2. Jalan Tol Bali Mandara, Bali

Buat kamu yang sering plesiran ke Pulau Dewata, tentu sudah tidak asing lagi dengan jalan tol laut yang ada di Bali. Sebab, sebelum mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, kamu sudah bisa melihat jalan raya ini dari atas pesawat.
Jalan Tol Bali Mandara merupakan salah satu jalan raya terunik yang cuma ada di Indonesia. Ini merupakan jalan tol atas laut pertama yang ada di Indonesia. Jalan tol yang menghubungkan Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Benoa ini juga menyuguhkan pemandangan hijaunya hutan mangrove. Menarik, kan?
ADVERTISEMENT

3. Jalan Heat, Papua

Dari Bali, kita bergeser ke Papua, ada jalan raya unik yang tak biasa dan hanya bisa ditemukan di Indonesia. Ialah Heat (Heavy Equipment Acces Trail Road), jalan raya satu ini terkenal karena keunikannya yang berada di ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Jalan ini pun disebut-sebut sebagai jalan dengan medan tersulit di dunia. Meski demikian, jalan ini ternyata diarsiteki oleh arsitektur Indonesia, kelahiran Batusangkar, Sumatera Barat, yaitu Ilyas Hamid.
Untuk menghargai karya anak bangsa, Heat Road diganti menjadi Ilyas Road. Jalan ini berfungsi sebagai jalur utama pengiriman alat berat ke area tambang Freeport Indonesia.

4. Jalan Slamet Riyadi, Solo

Jalan Slamet Riyadi adalah jalan raya unik berikutnya yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke Solo, Jawa Tengah. Jalan ini memiliki keunikan tersendiri, karena terdapatnya rel kereta api yang berada di sisi jalan yang berdampingan dengan lajur kendaraan bermotor.
ADVERTISEMENT
Rel kereta api di jalan ini juga masih aktif dan kerap dilintasi oleh kereta api jurusan Solo-Wonogiri. Untuk menghindari kecelakaan, kereta yang melintas pun hanya diperkenankan melaju dengan kecepatan sekitar 30 km/jam.

5. Simpang Susun Semanggi, Jakarta

Bagi warga ibu kota, Simpang Susun Semanggi merupakan salah satu jalan raya yang sering dilewati. Meski begitu, tahukah kamu kalau Simpang Susun Semanggi merupakan Jalan Layang Non-Tol (JLNT) pertama di Indonesia yang terbilang unik?
Jalan ini menggunakan bentang terpanjang di atas jalan tol dalam kota Jakarta secara full precast melengkung (hiperbolik). Karena keunikannya tersebut, jalan ini pun menjadi salah satu ikon Jakarta.
Simpang Susun Semanggi tampak epik jika dilihat dari ketinggian. Di malam hari, Simpang Susun Semanggi juga tampak indah dibalut dengan lampu warna-warni.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)