5 Jam Tangan Buat Traveler yang Suka Diving, Ada yang Tahan Air hingga 300 Meter

5 September 2022 16:27
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi diving di laut lepas. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi diving di laut lepas. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Menyelam atau diving tidak hanya membutuhkan kondisi fisik yang prima. Traveler juga harus menyiapkan berbagai peralatan yang memadai, mulai dari pakaian diving, tabung oksigen, bahkan lisensi menyelam atau (C-card).
ADVERTISEMENT
Selain peralatan utama, ada beberapa aksesoris yang wajib dimiliki para penyelam, seperti halnya dive watch atau jam tangan yang didesain untuk menyelam.
Ilustrasi jam buat diving di bawah laut. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jam buat diving di bawah laut. Foto: Shutterstock
Jam tangan yang didesain khusus ini tak hanya berfungsi untuk mengetahui berapa lama para penyelam berada di dalam air, tetapi juga berfungsi sebagai alat keselamatan untuk mengetahui sisa oksigen yang mereka miliki.
Walaupun saat ini sudah ada teknologi untuk mengukur tabung oksigen, biasanya para penyelam tetap menggunakan diving watch sebagai cadangan ketika suatu saat pengukur dari tabung oksigennya tidak berfungsi dengan baik.
Tak hanya untuk menyelam, jam tangan ini juga bisa digunakan untuk berenang, surfing, dan aktivitas air lainnya.
Lalu, apa saja rekomendasi jam tangan yang cocok untuk diving? Yuk, simak ulasan berikut.
ADVERTISEMENT

1. TAG Heuer Aquaracer Professional 300 GMT

TAG Heurer Aquaracer Professional 300 GMT merupakan jam tangan yang cocok bagi traveler yang memiliki hobi olahraga air. Memiliki case dari bahan titanium dan juga kristal sapphire, dive watch satu ini hadir dengan ketahanan penyelaman hingga 300 meter.
Tak hanya itu, dilengkapi dengan teknologi Calibre 7 GMT, membuat pemilik dive watch satu ini tak perlu repot-repot mengatur waktu saat melintasi negara lain. Belum lagi perpaduan warna biru dan abu-abu yang elegan, membuat kegiatan menyelammu semakin menyenangkan.
Desainnya yang mewah dan multi-purpose juga membuatmu tak perlu pusing ganti-ganti jam lain. Sebab, jam ini juga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun bekerja.
Buatmu yang ingin diving menggunakan jam ini, TAG Heurer Aquaracer Professional 300 dibanderol dengan harga sekitar 3.500 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 51,8 juta.
ADVERTISEMENT

2. Breitling Aeromarine Superocean Heritage 42

Dive watch satu ini seakan mengajak para pemiliknya untuk kembali ke masa, lalu karena desainnya yang terinspirasi dari era 1950-an. Di balik tampilannya yang retro, Breitling Aeromarine Superocean Heritage 42 menjadi salah satu diving watch yang kaya akan sejarah.
Meski terkesan jadul, nyatanya dive watch satu ini juga memiliki desain sporty dan elegan, karena terbuat dari material stainless steel yang dipadukan dengan emas merah seberat 18 karat.
Salah satu ciri khasnya adalah adanya segitiga, dengan permata di bagian tengahnya yang menambah kesan mewah.
Menariknya, Breitling Aeromarine Superocean Heritage 42 merupakan jam yang juga ditujukan untuk para penyelam. Kemampuannya sudah tidak diragukan lagi, karena bisa diajak untuk menyelam hingga 660 kaki atau 200 meter di bawah permukaan laut.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Karena desainnya yang mewah, dive watch satu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar 6.100 dolar AS atau Rp 90,4 juta.

3. Garmin Descent MK Series

Berberbeda dengan diving watch sebelumnya, Garmin Descent MK Series merupakan diving smartwatch yang dirancang khusus bagi para penyelam profesional. Seri ini terdiri dari Garmin Descent MK1, Garmin Descent MK2, Garmin Descent MK2i, dan Garmin Descent MK2S.
Seri MK2S merupakan seri paling terkini yang dikeluarkan Garmin. Selain desainnya yang ergonomis, dive smartwatch satu ini dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur canggih yang mampu diajak menyelam hingga 100 meter.
Ada beberapa mode penyelaman yang bisa dipilih dari diving smartwatch ini, seperti free dive, single-gas, multi-gas, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Kemudian, ada juga fitur pengingat penyelaman pada kedalaman tertentu, agar penyelam terhindari dari penumpukan nitrogen berlebihan. Lalu, ada juga fitur pemantau detak jantung di dalam air.
Untuk Garmin Descent MK Series harganya dibanderol mulai dari Rp 15 jutaan (MK1) dan yang tertinggi, yaitu seri MK2i dengan harga Rp 23 jutaan.

4. Tissot Seastar 1000 Powermatic 80

Sesuai salah satu penggalan namanya "sea star" atau "bintang laut", dive watch Seastar 1000 Powermatic 80 memiliki desain yang catchy dengan warna biru marine, dibalut strap warna abu-abu. Selain desainnya yang senada dengan birunya laut, dive watch keluaran Tissot ini juga mampu menyelam hingga kedalaman 300 meter, yang tentunya bisa jadi andalan para penyelam.
ADVERTISEMENT
Tissot Seastar 1000 Powermatic 80 juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti bezel yang terbuat dari keramik untuk mencegah korosi, kristal safir tahan gores, dengan casing yang terbuat dari stainless stell 316 dengan kandungan kromium, dan nikel tinggi.
Dive watch satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 11 jutaan.

5. Casio G-Shock Frogman

Casio menjadi salah satu merek jam yang sudah tak asing lagi di telinga traveler. Selain modelnya yang unik, Casio nyatanya juga memiliki dive watch yang bisa jadi pilihan para penyelam.
Salah satunya adalah G-Shock Frogman yang menawarkan banyak fitur menarik bagi traveler. Mulai dari tombol baja tahan karat hingga fase bulan, indikator pasang surut, dan waktu atom.
ADVERTISEMENT
Tak seperti dive watch lainnya, jam tangan satu ini juga telah mendapatkan sertifikasi ISO-6425 yang ditujukan untuk penyelaman. Beragam fiturnya tersebut tentunya bisa membuat para penyelam semakin nyaman saat berada di laut bukan?
Saat ini, harga jam tangan Casio G-Shock Frogman yang paling murah bisa didapat dari seri GF-1000-1 Frogman, yang dibanderol dengan harga Rp 8.14 jutaan.
Bagaimana, sudah menentukan dive watch yang akan kamu miliki?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020