kumparan
3 Desember 2017 10:24

5 Rekomendasi Wisata di Kawasan Glenmore Banyuwangi

Dusun Kakao di Banyuwangi
Dusun Kakao di Banyuwangi (Foto: Joseph Pradipta/kumparan)
Jika berkunjung ke Banyuwangi, sempatkanlah mampir ke daerah Glenmore. Namanya terbilang unik dibanding daerah-daerah lain di wilayah Jawa. Kecamatan Glenmore lebih terdengar seperti nama tempat di daratan Eropa. Tidak salah memang mengaitkan Glenmore dengan benua biru, ada sejarah khusus mengapa ia dipanggil demikian.
ADVERTISEMENT
Richard Mann, dalam bukunya yang berjudul 400 years and more of the British in Indonesia, menyebut bahwa nama Glenmore diambil dari nama sekelompok orang Skotlandia yang mencari suaka ke Belanda lalu dikirim ke Banyuwangi. Di daerah ujung timur Pulau Jawa itu, mereka sudah mulai bermukim sejak abad ke-18. Ada pula pendapat lain yang menyebut nama Glenmore merupakan pemberian seorang Inggris yang bernama Ros Taylor.
Selain asal-usulnya yang unik, Glenmore juga memiliki tempat-tempat wisata yang menarik.
kumparan (kumparan.com) merangkum lima destinasi wisata pilihan yang ada di Glenmore, sebagai berikut :
1. Dusun Kakao
Dusun Kakao Banyuwangi
Dusun Kakao Banyuwangi (Foto: Joseph Pradipta/kumparan)
Glenmore merupakan Kecamatan di Banyuwangi yang memiliki banyak wilayah perkebunan. Salah satunya perkebunan Kendeng Lembu di desa Karang Harjo yang ditanami buah kakao atau cokelat. Di Perkebunan Kendeng Lembu kini terdapat destinasi wisata yang dinamakan Dusun Kakao. Perkebunan Kendeng Lembu sendiri termasuk ke dalam areal perkebunan yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.
ADVERTISEMENT
Di sini, wisatawan bisa menyaksikan langsung proses produksi cokelat mulai dari buah kakao hingga menjadi cokelat. Di Dusun Kakao yang memiliki luas sekitar empat hektar ini juga terdapat jenis kakao terbaik di dunia, yakni kakao edel.
"Disini ternyata memiliki berbagai jenis coklat, bahkan ada coklat edel, jenis terbaik di dunia. Ini sangat tepat untuk wadah pembelajaran dan jadi pusat pengembangan cokelat. Masyarakat bisa belajar tentang cokelat dan potensi cokelat ke depan," ujar Menteri BUMN, Rini Soemarno saat meresmikan Dusun Kakao, Rabu (15/11).
Selain melihat langsung proses produksi cokelat, wisatawan juga bisa menikmati beragam makanan dan minuman yang terbuat dari cokelat.
2. Waduk Sidodadi
Waduk Sidodadi
Waduk Sidodadi (Foto: Instagram.com/@waduksidodadi)
Tidak jauh dari Dusun Kakao, terdapat destinasi wisata lainnya yakni Waduk Sidodadi. Komplek Wisata Waduk Sidodadi memiliki luas sekitar 2 hektar. Lokasinya berada di areal Perkebunan Kalirejo, yang juga dikelola oleh PT PTPN XII. Waduk Sidodani menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari berkendara ATV, kolam pemancingan, camping ground, sepeda air, flying fox, dan penginapan.
ADVERTISEMENT
Sejak dibuka pada tahun 2015, Waduk Sidodadi berkembang menjadi salah satu wisata favorit di Banyuwangi. Selain karena fasilitasnya, Waduk Sidodadi banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pemandangan alamnya yang indah sehingga cocok untuk dijadikan tempat berfoto.
3. Rumah Kurcaci
Loading Instagram...
Seiring dengan makin banyaknya pengguna media sosial, makin banyak juga bermunculan tempat-tempat menarik untuk berfoto. Salah satunya Rumah Kurcaci di Jalan Untung Suropati, Desa Karang Harjo, Glenmore, Banyuwangi. Destinasi yang satu ini sangat cocok untuk para wisatawan yang gemar beswafoto atau selfie.
Rumah Kurcaci terdiri dari bangunan warna-warni dengan desain unik yang dihiasi taman-taman cantik. Bagi pengguna Instagram, tempat yang satu ini sangat cocok untuk diabadikan alias sangat instragamable.
ADVERTISEMENT
Rumah Kurcaci sendiri merupakan kawasan yang dikembangkan oleh Glen Coffee & Resto sehingga lokasinya masih berada dalam satu kompleks dengan Glen Coffee & Resto.
4. Umbul Pule
Loading Instagram...
Di Glenmore, wisatawan juga bisa menikmati serunya wisata air yakni di Umbul Pule. Umbul Pule merupakan telaga yang dikembangkan menjadi waterpark. Di Umbul Pule terdapat empat kolam renang dengan kedalaman yang berbeda antara 40 sentimeter hingga 2 meter.
Seperti waterpark pada umumnya, di Umbul Pule juga terdapat seluncur air dan waterboom. Yang lebih menarik, sembari bermain wisata air, mata kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan indah dari lereng Gunung Raung.
Umbul Pule berlokasi di Desa Sumbergondo, Glenmore, Banyuwangi.
5. Air Terjun Kembar Legomoro
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Banyuwangi dikelilingi oleh dua gunung tinggi yakni Gunung Ijen dan Gunung Raung. Dengan adanya gunung-gunung tersebut, banyak bermunculan wisata air terjun. Salah satunya Air terjun Kembar Legomoro di Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore.
Suasana alam dan hawa sejuk khas pegunungan begitu terasa di sini. Kesegaran dan kejernihan air terjun jadi daya tarik utama bagi para pengunjung.
Dinamakan air terjun kembar karena di kawasan ini terdapat dua lidah air terjun yang letaknya berdampingan. Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000 per orangnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan