Food & Travel
·
13 Maret 2021 15:00

5 Savana di Indonesia yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Indah Banget

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Savana di Indonesia yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Indah Banget (286747)
searchPerbesar
Bunga Verbena Brasiliensis di Oro-Oro Ombo Foto: Flickr / M Reza Faisal
Melihat pemandangan luas dengan hamparan savana hijau adalah sebuah pengalaman yang memikat hati, serta bisa membuat kamu sejenak melepas penat. Padang rumput luas seperti ini banyak kita temui di ensiklopedia di Afrika.
ADVERTISEMENT
Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis. Namun, tak hanya di Afrika, nyatanya savana juga banyak terdapat di Indonesia.
Bahkan, beberapa savana kini telah dijadikan tempat wisata, dan keindahannya bisa dinikmati untuk kamu yang ingin healing dari kesibukan. Untuk itu, berikut kumparan rangkum lima savana indah di Indonesia untuk alternatif liburan, bisa buat foto-foto juga. Instagramable!

1. Savana Sembalun

Merupakan jalur bagi pendakian menuju Gunung Rinjani, kamu akan dibuat terpesona oleh padang Savana Sembalun yang membentang sepanjang 6 kilometer itu. Perpaduan cantiknya Gunung Rinjani dengan hamparan rumput luas membuat pendakian tidak akan terasa melelahkan.
Savana ini terbentang dari basecamp Sembalun hingga pos 3 di ketinggian 2631 mdpl. Savana Sembalun menjadi daya tarik bagi pendaki yang akan mendaki Gunung Rinjani.
ADVERTISEMENT
Waktu yang tepat untuk menikmati padang savana ini adalah saat matahari tepat di atas kepala dan cuaca cerah. Pandangan savana yang akan kamu lihat seakan tiada habisnya. Di savana ini sejauh mata memandang kamu tidak akan menemukan tempat berteduh ataupun pepohonan, tapi jangan khawatir karena udara akan sejuk karena berada di ketinggian.

2. Savana Pulau Komodo

Tak hanya terkenal hingga ke mancanegara dengan hewan purba yang hidup di dalamnya serta pantai berpasir merah mudanya, nyatanya Pulau Komodo kamu punya savana yang luas dan menawan hati. Kamu bisa mendaki bukit savana ini dan menikmati hamparan rumput hijau dengan pemandangan laut biru Pulau Komodo.
Kamu juga bisa melihat sebagian isi Pulau yang didominasi oleh tumbuhan liar seperti lontar dan padang ilalang yang luas. Cantik!
ADVERTISEMENT

3. Savana Gunung Merbabu

Savana Gunung Merbabu atau banyak disebut juga sebagai Savana Selo menjadi savana selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Meskipun ukuran savana ini tak seluas tempat lain, kamu tidak akan kecewa dengan indahnya pemandangan Savana Selo.
Berada di sekitar Gunung Merbabu, Savana Selo juga dikelilingi lembah yang membuatnya semakin indah. Untuk menemukan savana ini, kamu bisa melakukan pendakian dari Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

4. Oro-Oro Ombo

Jika kamu berencana akan mengunjungi Gunung Semeru, jangan lupa juga untuk mendatangi Oro-oro Ombo, letaknya ada di antara Ranu Kumbolo dan Cemoro Kandang. Kamu bisa menemukan savana ini setelah mendaki Bukit Cinta.
Hamparan padang rumput hijau yang luas dengan beberapa pohon yang tumbuh akan menyambutmu dengan pemandangan yang sangat indah. Jika kamu ingin melihat bunga Lavender bermekaran indah, maka waktu yang tepat untuk datang ke savana ini adalah setelah musim hujan. Kamu bisa membayangkan perpaduan hamparan rumput yang hijau dengan lavender ungu yang cantik.
ADVERTISEMENT

5. Savana Pulau Kenawa

Berada di daerah Nusa Tenggara Barat, Pulau Kenawa merupakan pulau kecil yang menyimpan padang savana yang sangat unik. Padang savana ini dikelilingi oleh birunya laut.
Kamu harus memasukkan savana ini ke dalam itinerary, karena selain menikmati, pantainya kamu juga akan terpesona dengan hamparan savana di Pulau Kenawa ini. Di jamin seluruh penat di perjalanan akan luruh seketika.
Jadi, sudah menentukan savana mana yang ingin kamu kunjungi?
Laporan Willa Wahyuni
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020