Ilustrasi Ubud Bali

5 Tempat Instagramable yang Tak Boleh Dilewatkan Saat ke Ubud, Bali

21 Oktober 2021 16:02
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Ubud Bali Foto: Shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ubud Bali Foto: Shutter stock
ADVERTISEMENT
Siapa yang tak mengenal Ubud, daerah di Pulau Bali yang menjadi salah satu tujuan utama wisatawan ketika berlibur ke Pulau Dewata, selain Kuta dan Seminyak. Ubud memang dikenal sebagai tujuan utama wisatawan yang ingin mencari ketenangan dan keteduhan, karena keindahan alamnya yang luar biasa.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena Ubud, dihiasi persawahan dengan udara yang sejuk, sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tak hanya itu, di Ubud juga nyatanya terdapat beberapa tempat wisata instagramable yang sayang jika dilewatkan
Melihat potensi wisata di Ubud, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan pihaknya bersama dengan Pemerintah Daerah tengah menyusun rencana induk pengembangan wisata di Ubud yang berbasis budaya dan berkelanjutan, agar dapat membuka lapangan kerja yang luas di tengah pandemi.
“Ubud adalah masa lalu dan masa depan kita. Pariwisata berbasis budaya dan kearifan lokal, budaya, dan adat istiadat yang dijaga kita pastikan menjadi masa depan sektor parekraf. Untuk itu perlu dijaga dan dilestarikan dalam bingkai kekinian, agar dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya di tengah pandemi,” kata Sandiaga Uno, seperti dikutip dari siaran pers, “Pandemi Jadi Momentum Optimalisasi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia”.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, bagi kamu yang penasaran di mana saja sih tempat instagramable saat berkunjung ke Ubud, Bali, berikuti lima di antaranya. Namun sebelum itu, yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel untuk dapatkan informasi update lainnya seputar destinasi wisata menarik #DiIndonesiaAja hingga produk kreatif lokal!
1. Bukit Campuhan Ubud
Bukit Campuhan di Bali
 Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Bukit Campuhan di Bali Foto: Shutter Stock
Bukit Campuhan menjadi salah satu tujuan yang sangat sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Ubud. Di Bukit Campuhan, kamu bisa menikmati pemandangan hijaunya bukit, ditemani hamparan padang ilalang yang bisa menjadi spot instagramable.
Bukit ini berada di kawasan Pura Gunung Lebah. Kawasan suci dan sangat disakralkan oleh masyarakat Hindu di Bali. Lokasi tepatnya yaitu di Jalan Bangkiang Sidem, Kalusa, Payangan, Kabupaten Gianyar.
Selain berfoto, di Bukit Campuhan kamu bisa melakukan kegiatan lain, seperti jogging dan trekking dengan rute sepanjang 2 km dan pastinya akan disuguhkan pemandangan khas Bali yang indah.
ADVERTISEMENT
Jika ingin berkunjung, Bukit Campuhan bisa ditempuh dengan jarak satu jam perjalanan dari Kuta. Masuk ke Bukit Campuhan sendiri tidak dikenakan biaya, alias gratis. Menarik, kan!
2. Hidden Canyon Guwang Beji
Ilustrasi canyon. Dok: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi canyon. Dok: Pixabay.
Terkadang, untuk mendapatkan spot foto yang indah dan bagus kamu harus mencari hidden gem yang menawan. Salah satunya adalah Hidden Canyon Guwang Beji ini. Memiliki letak yang tersembunyi membuatnya dinamakan Hidden Canyon.
Di Hidden Canyon Guwang Beji kamu akan melihat ngarai yang terbuat dari kikisan air sungai yang dalam dan sempit. Meskipun demikian, tempat ini memberikan kesan artistik di setiap dinding tebing di sepanjang aliran Sungai Beji Guwang.
Lokasi Hidden Canyon Beji Guwang ini memiliki jarak 15 km dari Kabupaten Gianyar. Untuk harga tiket masuk ke Hidden Canyon Beji Guwang ini dibanderol sebesar Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 7 ribu untuk anak-anak
ADVERTISEMENT
3. Pura Taman Saraswati Ubud
Pura Taman Saraswati, dok: Wikimedia Commons.
zoom-in-whitePerbesar
Pura Taman Saraswati, dok: Wikimedia Commons.
Jika ingin mencari ketenangan sekaligus spot foto yang instagramable lainnya, mungkin Pura Taman Saraswati yang berada di Ubud ini bisa menjadi salah satu alternatif tujuanmu.
Pura Taman Saraswati merupakan objek wisata yang terkenal di Ubud. Pura ini setiap harinya digunakan untuk tempat beribadah oleh masyarakat Bali yang beragama Hindu.
Bukan hanya menjadi tempat ibadah, Pura Taman Saraswati juga dipenuhi dengan taman-taman yang indah, serta kolam yang dipadati bunga teratai. Ukiran karya dari para seniman di Ubud juga menambah keindahan pura ini.
Lokasi Pura Taman Saraswati berada di Jl. Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar. Untuk masuk ke Pura ini tidak dikenakan biaya, alias gratis.
4. Sawah Terasering Tegallalang
Sawah berundak (terasering). Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
zoom-in-whitePerbesar
Sawah berundak (terasering). Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Tak lengkap rasanya jika membahas tempat instagramable di Ubud, tanpa memasukkan Sawah Terasering Tegallalang. Sawah ini dikenal sebagai objek wisata instagramable, karena memiliki pemandangan yang indah dengan undakan sawah yang disusun mengikuti sistem irigasi Bali yang disebut Subak. Bahkan saking uniknya, UNESCO juga menetapkan Subak di Terasering Tegallalang sebagai UNESCO World Heritage List, lho.
ADVERTISEMENT
Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Sawah Terasering Tegallalang, seperti keliling area sawah, menyeberangi sungai sekitar, hingga bermain ayunan yang memacu adrenalin dengan dihiasi latar belakang persawahan yang indah.
Sawah Terasering Tegallalang berada di Kabupaten Gianyar yang berjarak kurang lebih 8 km dari Ubud dan dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit menggunakan kendaraan bermotor. Untuk tiket masuk ke objek wisata ini, kamu akan dikenakan biaya Rp 10 ribu per orang, sedangkan untuk biaya parkir mobil dikenakan Rp 5 ribu.
5. Tirta Empul
Turis melakukan bersih diri di Pura Tirta Empul Tampaksiring, Gianyar, Bali, Rabu (16/10/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Turis melakukan bersih diri di Pura Tirta Empul Tampaksiring, Gianyar, Bali, Rabu (16/10/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Sudahkah kalian berkunjung ke Pura Tirta Empul? Objek wisata yang terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, ini memiliki keunikan arsitektur yang memukau.
Untuk masuk ke sana, kamu diwajibkan menggunakan kain sarung dan selendang yang diikatkan pada pinggang. Di Pura Tirta Empul juga sering dilaksanakan kegiatan Melukat atau proses penyucian diri.
ADVERTISEMENT
Keunikan lainnya dari Pura Tirta Empul yaitu adanya mata air alami yang keluar di dalam areal pura. Air dari mata air ini kemudian disalurkan ke area luar pura melalui pancuran yang berjumlah 26 pancuran. Konon, air di Pura Tirta Empul juga bisa membuat awet muda, lho.
Tertarik berkunjung ke Tirta Empul? Jika iya, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 30 ribu untuk tiket masuk orang dewasa dan Rp 25 ribu untuk anak-anak.
Namun perlu diingat, berbagai referensi harga di atas tentu dapat berubah sewaktu-waktu, ya! Jadi, siapkan dana lebih jika kamu memiliki rencana untuk melakukan beragam aktivitas di destinasi tersebut. Sudah siap untuk menambah foto-foto dengan pemandangan yang indah saat liburan di Bali nanti? Kini, saatnya kembali ke Bali dan nikmati liburanmu yang tak terlupakan, karena #ItstimeforBali.
ADVERTISEMENT
Jika sudah memiliki rencana untuk berlibur, jangan lupa segera mengikuti vaksinasi COVID-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar. Apalagi jika kamu ingin berlibur, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib dalam bepergian yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.
Berdasarkan perolehan data Kementerian Kesehatan hingga 18 Oktober 2021, capaian vaksinasi di Bali untuk dosis pertama berjumlah 3.39 juta jiwa atau 99,54 persen, dan vaksinasi kedua kedua berjumlah 2.88 juta jiwa atau 84,57 persen, dari total sasaran vaksinasi sebanyak 3.405.130 jiwa.
Tak hanya itu saja, sangat penting untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di mana pun kamu berada, ya! Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
ADVERTISEMENT
Prokes ini juga yang harus kamu perhatikan ketika nantinya ingin berlibur ke Bali. Sebab, hampir seluruh sektor pariwisata di Bali kini sudah tersertifikasi CHSE, baik itu hotel bintang 2 hingga 5, tempat wisata, maupun restoran atau tempat makan.
Selama #DiRumahAja, isi waktu luangmu dengan berbagai keseruan! Salah satunya dengan ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Caranya mudah banget, kamu tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan PUKIS terbaru pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention tiga temanmu untuk ikutan kuis ini. Akan ada beragam hadiah menarik untuk para pemenangnya, lho!
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten