Food & Travel
·
19 November 2020 8:09

5 Tempat Wisata di Bogor Buatmu yang Ingin Liburan Singkat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tempat Wisata di Bogor Buatmu yang Ingin Liburan Singkat (114139)
Kawasan wisata Gunung Pancar di Sentul. Foto: Eka Situmorang
Selain aspek kesehatan, tempat wisata dekat rumah jadi pilihan bagi wisatawan yang ingin liburan di tengah pandemi. Bogor pun bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin short trip (liburan singkat).
ADVERTISEMENT
Lokasinya yang berada tidak jauh dari Jakarta dan panorama alamnya yang eksotis membuat Kota Hujan bisa jadi tempat yang cocok buat kamu melepas penat.
5 Tempat Wisata di Bogor Buatmu yang Ingin Liburan Singkat (114140)
De Voyage, Bogor Foto: Shutter Stock
Belum lagi, Bogor menyimpan segudang destinasi wisata yang menarik buat dieksplorasi.
Berikut kumparan rangkum lima tempat wisata di Bogor buat kamu yang ingin short trip di akhir pekan.

1. Gunung Pancar

Gunung Pancar bisa jadi tempat wisata pertama yang menarik dikunjungi saat berada di Kota Hujan.
Gunung Pancar merupakan salah satu destinasi wisata di Bogor yang cukup mudah diakses tanpa harus bermacet-macet ria dari Jakarta.
Lokasinya berada di dekat Sentul, Bogor. Camping Ground Gunung Pancar ini juga ramah bagi keluarga, lho.
Menawarkan keindahan alam dan pesona pegunungan yang masih asri, tempat ini sangat tepat buatmu yang ingin menghilangkan penat dari segala rutinitas yang ada dan juga hiruk-pikuk kota.
ADVERTISEMENT
Udara yang segar dengan hamparan hutan pinusnya yang hijau, pasti akan membuatmu ingin berlama-lama di sana. Tak hanya itu, di Gunung Pancar juga terdapat banyak spot foto dengan latar belakang pegunungan yang indah.
Untuk harga tiket masuknya sendiri kamu akan dikenakan Rp 5 ribu per orang saat weekdays dan Rp 7.500 per orang saat weekend, belum termasuk biaya kendaraan.

2. Telaga Saat

Bogor memang dikenal dengan curug atau air terjunnya yang memukau. Tapi enggak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan telaga cantik yang bernama Telaga Saat.
Terletak di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Telaga Saat memiliki pesona yang tak kalah indahnya.
Telaga seluas 1.50 hektare ini berada di kawasan Gunung Kencana, letaknya diapit oleh perkebunan teh dan bukit terjal yang ditumbuhi pepohonan.
ADVERTISEMENT
Udara yang sejuk, air yang jernih dan keindahan alamnya, dijamin bikin siapa saja yang datang ke tempat ini bakal terkagum-kagum bila melihatnya. Karena keindahannya, tak heran jika Situ Telaga Saat ini dijuluki surga tersembunyi di kawasan Puncak.
Untuk tiket masuknya sendiri kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 25 ribu per orangnya.

3. Curug Hordeng

Berkunjung ke Bogor rasanya kurang afdal jika tidak mengunjungi curug atau air terjunnya. Salah satu curug yang bisa kamu kunjungi di Bogor adalah Curug Hordeng.
Air terjun yang terletak di Kawasan Sentul ini berada di ketinggian 740 mdpl. Nama Curug Hordeng berasal dari Bahasa Sunda, “hordeng” yang berarti tirai.
Nama ini berdasarkan penampakan air terjun yang lebar dan tidak terlalu tinggi. Kalau kamu lihat, air terjun ini menyerupai sebuah tirai yang menutupi jendela rumah.
ADVERTISEMENT
Curug Hordeng dapat dijadikan tempat yang aman untuk berenang. Kedalamannya pun hanya sekitar 1-2 meter saja, jadi aman untuk kamu berenang di dalamnya.
Kondisi airnya juga bersih dan jernih, lho. Berlokasi di Kampung Cibeureum, Sentul, Bogor, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 20 ribu untuk masuk ke Curug Hordeng.

4. Taman Wisata Matahari

Selanjutnya ada Taman Wisata Matahari yang terletak di daerah puncak, tepatnya di Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Bogor.
Di tempat wisata ini terdapat banyak sekali wahana permainan dengan sensasi yang berbeda beda. Ada wisata petualang, wisata air, wisata edukasi dan masih banyak lagi.
Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana bertemakan alam hingga tema permainan yang sengaja dibangun untuk pengunjung, untuk dinikmati secara bersama-sama dan merasakan sensasi yang berbeda di setiap permainan.
ADVERTISEMENT
Tempat ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati udara sejuk berbalut pemandangan yang memukau. Untuk tiket masuknya sendiri dipatok mulai dari Rp 25 ribu per orang, belum termasuk wahana yang ada di dalamnya, ya.

5. Kebun Raya Bogor

Terakhir, Kebun Raya Bogor bisa jadi pilihan tempat wisata liburan singkatmu di Bogor. Selain udaranya yang sejuk, Kebun Raya Bogor memiliki beberapa spot-spot foto Instagramable. Salah satunya adalah Taman Meksiko.
Berada di Taman Meksiko, kamu akan dibawa ke dalam suasana tandus sebuah gurun. Namun, Taman Meksiko bukanlah 100 persen gurun. Angin semilir dari sekelilingnya tetap membuat hawa di sekitarnya sejuk.
Selain itu, hal menarik ketika masuk ke pintu utama Kebun Raya Bogor, yakni Monumen Lady Raffles. Lokasinya di dekat pintu Utara Kebun Raya Bogor.
ADVERTISEMENT
Dari Monumen Lady Raffles, kamu bisa ke sebuah danau kecil bernama Danau Gunting. Nama Danau ini diambil dari bentuk danau yang menyerupai bentuk sebuah gunting. Di danau ini, bila sedang musim teratai berbunga, warna pink akan mendominasi.
Kebun Raya Bogor juga masih memiliki berbagai atraksi menarik lainnya, seperti Museum Zoologi hingga Jembatan Merah yang terkenal akan mitos dengan putus cinta.
Sebelum berkunjung, wisatawan wajib melakukan pembelian tiket masuk secara online melalui www.kebunraya.id. Hal ini karena selama masa pandemi, Kebun Raya Bogor tidak menerapkan pembelian tiket langsung di tempat untuk mengurangi kontak fisik.
Untuk harga tiket masuknya sendiri dipatok mulai dari Rp 15 ribu per orang.
Saat berkunjung jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, ya. Jangan lupa selalu mengenakan masker dan menjaga jarak, serta tidak berpergian saat dalam kondisi kurang sehat.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)