Floating Market Lembang, Bandung

5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho!

12 September 2021 12:25
ยท
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581104)
searchPerbesar
Bangunan miniatur Kyoto Foto: Alfadillah/Kumparan
Sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety, and Environmental Sustainability) menjadi standar yang harus dimiliki pada setiap tempat wisata dan sentra ekonomi kreatif. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan di tengah pandemi Covid-19.
ADVERTISEMENT
Saat ini, nyaris seluruh tempat wisata dan sentra ekonomi kreatif di Indonesia telah tersertifikasi CHSE. Kedisiplinan penerapan protokol kesehatan CHSE yang ketat diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan wisatawan terhadap suatu tempat wisata.
Hal ini sejalan dengan adanya World Tourism Day pada 27 September mendatang, yang diharapkan sebagai momentum kembalinya geliat sektor pariwisata Indonesia. Jika kamu ingin lebih update informasi seputar destinasi wisata dan produk kreatif lokal yang #DiIndonesiaAja sebagai referensi saat keadaan telah membaik nanti, yuk follow akun Instagram @pesonaid_travel!
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, mengatakan bahwa CHSE merupakan salah satu langkah untuk mempersiapkan diri menyambut wisatawan.
"Jadi kami yakin ini akan menjadi destinasi yang akan dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga kita perlu berbenah dan mempersiapkan diri," kata Sandiaga, dalam siaran pers 'Menparekraf Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan CHSE di Alas Harum Ubud'.
5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581105)
searchPerbesar
The Great Asia Afrika Foto: Alfadillah
Salah satu destinasi wisata yang paling banyak tersertifikasi CHSE adalah Jawa Barat. Wilayah di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil ini, memiliki banyak tempat wisata dan sentra ekonomi kreatif yang memiliki sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
ADVERTISEMENT
Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang banyak diminati oleh wisatawan domestik. Setiap akhir pekan atau libur nasional, sejumlah daerah di Jawa Barat juga menjadi buruan warga ibu kota dan sekitarnya untuk melepas penat dan berlibur.
Lantas, di mana sajakah tempat wisata di Jawa Barat yang telah tersertifikasi CHSE? Simak daftar berikut:

1. The Great Asia Afrika

5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581106)
searchPerbesar
Pemandangan The Great Asia Afrika dari atas Foto: Alfadillah/Kumparan
Jika kamu ingin merasakan sensasi berkeliling dunia, The Great Asia Afrika adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Bandung. Berlokasi di Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, tempat wisata ini memungkinkan wisatawan dapat plesiran ke tujuh negara sekaligus.
Tempat wisata di Lembang ini memiliki konsep wisata edukasi budaya yang menyediakan miniatur bangunan khas negara di Asia dan Afrika. Misalnya miniatur yang merepresentasikan negara Indonesia, India, Thailand, Korea, Jepang, Timur Tengah, hingga Afrika.
ADVERTISEMENT
Karena memiliki banyak spot foto, The Great Asia Afrika juga menyediakan pakaian khas dari berbagai negara tersebut yang bisa kamu sewa. Kamu juga bisa berwisata kuliner dengan menu dari berbagai negara yang ada di sini.
The Great Asia Afrika termasuk salah satu destinasi di Bandung Raya yang telah bersertifikasi CHSE.

2. Floating Market

5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581107)
searchPerbesar
Floating Market Lembang, Bandung Foto: floating.market.lembang/Kumparan
Floating Market Lembang tak hanya dikenal dengan pasar apungnya yang unik. Tetapi, menjadi tempat yang pas buat menghabiskan liburan bareng keluarga tercinta.
Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu jelajahi, seperti miniatur kota di Eropa yang indah, Mini Carnival, Rainbow Garden, Playground, Miniatur Kereta Api, Taman Kelinci, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa bermain bersama si kecil di beberapa wahana tersebut.
ADVERTISEMENT
Objek wisata Floating Market yang berlokasi di Lembang ini juga menjadi tempat wisata di Jawa Barat yang memperoleh sertifikat CHSE. Diperolehnya sertifikat CHSE menjadi jaminan kepada wisatawan, bahwa produk dan pelayanan yang diberikan Floating Market sudah memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

3. Kebun Raya Bogor

5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581108)
searchPerbesar
Sejumlah pengunjung berwisata di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/11). Foto: Arif Firmansyah/ANTARA FOTO
Kebun Raya Bogor dinyatakan telah lulus audit Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) dari Kemenparekraf pada Desember 2020 lalu. Dengan sertifikasi itu, Kebun Raya Bogor menjamin kepada wisatawan bahwa pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol yang diberlakukan oleh Pemerintah.
Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Selain itu, pengunjung dengan KTP luar Bogor juga sudah diperbolehkan untuk berkunjung.
ADVERTISEMENT
Adapun jam operasional Kebun Raya Bogor pada Senin-Jumat, pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional 07.00 WIB - 16.00 WIB.
Kebun Raya Bogor jadi salah satu destinasi wisata di Kota Hujan yang menarik untuk dikunjungi. Selain menawarkan kesejukan, Kebun Raya Bogor menjadi tempat wisata yang cocok buat kamu yang ingin liburan sambil berada dekat dengan alam.

4. Taman Safari

5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581109)
searchPerbesar
Ilustrasi Taman Safari Indonesia. Foto: Arif Firmansyah/ANTARA FOTO
Taman Safari Bogor merupakan satu dari empat unit rekreasi Taman Safari Indonesia (TSI). Kebun binatang yang terletak di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini, menawarkan tempat wisata edukasi dengan beragam koleksi fauna yang menarik.
Mengusung konsep kebun binatang ala Afrika, pengunjung dapat melihat satwa-satwa yang bebas berkeliaran di alam terbuka. Tempat wisata di Bogor ini menawarkan sejumlah atraksi wisata menarik, mulai dari Safari Adventure, hingga tujuh pertunjukan edukasi.
ADVERTISEMENT
Taman Safari menambah deretan tempat wisata di Jawa Barat yang memiliki bekal sertifikat CHSE dari Kemenparekraf. Maka dari itu, wisatawan yang menyambangi tempat wisata ini wajib mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.
5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581110)
searchPerbesar
Pengendara motor melewati area parkir saat penutupan Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak, hingga wajib selalu menjaga kebersihan, serta mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer. Tak hanya itu, di masa pandemi, Taman Safari juga mengutamakan pembelian tiket masuk secara online atau menggunakan pembayaran non-tunai jika membeli tiket secara langsung.

5. Situ Gunung

5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581111)
searchPerbesar
Ilustrasi Situ gunung Suspension Bridge Foto: Situgunung Suspension Bridge/Instagram
Situ Gunung menjadi kawasan wisata di Sukabumi yang banyak diburu wisatawan. Kawasan ini berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Sudah Tersertifikasi CHSE, Lho! (581112)
searchPerbesar
Ilustrasi Danau Situ Gunung, Jawa Barat Foto: Wikimedia Commons
Situ Gunung menyediakan beragam objek wisata alam menarik. Mulai dari danau buatan dan camping ground, glamping (glamour camping), hingga jembatan gantung ikonik.
ADVERTISEMENT
Jembatan Situ Gunung menjadi objek wisata yang paling ikonik di Situ Gunung. Jembatan ini membentang 240 meter dan lebar 2 meter di atas rimbunnya pepohonan hutan tropis di Gunung Pangrango.
Kawasan pariwisata Sukabumi ini menjadi tempat wisata yang berhasil memperoleh sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf sebagai syarat bagi pengelola wisata dan perhotelan di era kebiasaan baru.
Itulah lima tempat wisata di Jawa Barat yang telah tersertifikasi CHSE. Namun, ingat untuk tetap menahan diri dan mengunjungi tempat wisata tersebut saat keadaan sudah lebih baik dan kondusif, ya!
Bagi kamu yang berencana berkunjung ke tempat wisata di atas, jangan lupa mengkonsumsi makanan dan minuman penambah imunitas dan taat protokol kesehatan dengan selalu menerapkan 6M. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa juga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar.