Food & Travel
·
10 Juni 2021 10:58
·
waktu baca 5 menit

6 Aktivitas yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Selatan Australia Barat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Aktivitas yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Selatan Australia Barat (18842)
Destinasi wisata di selatan Australia Barat. Foto: Shutterstock
Sudah bukan rahasia lagi kalau Australia Barat merupakan salah satu destinasi favorit traveler Indonesia saat liburan. Wilayahnya yang strategis dan tidak terlalu jauh dari Indonesia, ditambah lengkapnya destinasi wisata di Benua Hijau ini memang cocok untuk backpacker hingga family trip.
Salah satu wilayah yang wajib masuk ke list destinasi tujuan kamu adalah di selatan Australia Barat. Bila ingin lebih dekat dengan alam, kamu bisa menjajal camping di lembah kuno sambil menikmati keindahan malam Australia Barat, hiking dari satu bukit ke perbukitan lainnya sambil menikmati pemandangan alam menakjubkan, atau menjelajah gua kuno yang bersejarah.
Atau ingin menjelajahi wilayah barat Australia ini bersama teman atau keluarga? Road trip menyusuri jalanan di pinggir pantai dan mampir ke kawasan pedesaan sambil menikmati wine dan kuliner lokalnya bisa jadi pilihan tepat.
Tertarik tapi masih bingung menentukan destinasi yang ingin disambangi saat ke selatan Australia Barat? Jangan khawatir, berikut kumparan beri rekomendasi aktivitas yang membuat momen traveling kamu semakin seru di Australia Barat!

1. Menyusuri pantai ikonik di selatan Australia Barat

6 Aktivitas yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Selatan Australia Barat (18843)
Cape Leeuwin, salah satu pantai populer di selatan Australia Barat. Foto: Shutterstock
Banyak traveler yang rela menempuh perjalanan berjam-jam sambil mampir ke beberapa pantai populer di selatan Australia Barat. Selain menggunakan kendaraan darat atau road trip, kamu juga bisa mencoba pengalaman baru berjalan kaki menelusuri cape to cape walk track sepanjang 135 km dari Cape Naturaliste ke arah selatan hingga Cape Leeuwin.
Kamu bisa menyusuri jalur ini selama kurang lebih satu minggu bersama pemandu wisata lokal. Dimulai dari Cape Naturaliste ke Sugarloaf Rocks dan Canal Rocks yang merupakan serangkaian pulau batu granit raksasa di lepas Samudera Hindia yang megah. Lalu dilanjutkan ke Margaret River yang cocok untuk beristirahat sambil menikmati anggur dan makanan di kafe dan bar lokal.
Belum selesai, teruskan perjalanan hingga ke Hamelin Bay ke Boranup Forest yang rindang. Akhiri perjalanan dengan menaiki mercusuar di ujung pulau dan nikmati indahnya lepas pantai dan segarnya angin pesisir di Cape Leeuwin.

2. Menjelajah gua-gua bersejarah

6 Aktivitas yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Selatan Australia Barat (18844)
Keindahan Lake Cave di sekitar Margaret River. Foto: Dok. www.westernaustralia.com
Ingin wisata sejarah sekaligus menjelajah alam di selatan Australia Barat? Kamu bisa menjelajahi beberapa gua kuno raksasa yang disakralkan masyarakat Aborigin selama ratusan tahun lamanya. Ada Ngilgi Cave, Mammoth Cave, dan Lake Cave.
Gua Ngilgi—dibaca Neelgee—merupakan gua megah yang berada di kedalaman 45 meter dari bawah permukaan tanah. Pertama kali ditemukan pada 1899, gua yang namanya diambil dari nama roh baik dalam mitologi suku Aborigin ini bisa ditelusuri dengan berjalan kaki karena sudah adanya tangga untuk mempermudah wisatawan.
Bila kamu sedang ada di Margaret River, jangan lewatkan kesempatan bertualang menelusuri Mammoth Cave yang menyimpan 10.000 lebih fosil hewan purbakala. Melewati jalur kayu sepanjang 900 meter, pengunjung juga dapat menikmati gugusan stalaktit dan stalakmit yang menjulang. Tapi pengunjung dilarang menyentuh stalaktit dan stalakmit karena bisa mempengaruhi pertumbuhannya.
Ada juga Lake Cave yang memesona. Di dalam gua ini terdapat danau dengan air jernih dan tenang yang dihiasi kristal kapur yang bentuknya menyerupai sebuah meja gantung. Formasi batu kapur ini disebut sebagai satu-satunya di dunia, lho.

3. Jalan-jalan menelusuri alam selatan Australia Barat

6 Aktivitas yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Selatan Australia Barat (18845)
Jalan-jalan menelusuri jembatan di atas pepohonan raksasa di Valley of the Giants, Tree Top Walk. Foto: Shutterstock
Julukan Australia sebagai Benua Hijau didapatkan karena keindahan alamnya yang menakjubkan, mulai dari wisata pegunungan yang hijau, padang savana luas, hingga kekayaan biota bawah air. Salah satunya bisa kamu rasakan saat mengunjungi Valley of the Giants, Tree Top Walk yang berjarak 15 menit dari Walpole.
Sesuai namanya, objek wisata ini merupakan sebuah lembah berisi ribuan pohon eucalyptus raksasa berusia 400 tahun yang membentang di antara Walpole-Nornalup National Park dan area Walpole Wilderness Resort. Di sana, kamu bisa menyeberangi jembatan setinggi 40 meter dengan panjang 600 meter yang memang dirancang agar wisatawan bisa lebih maksimal menikmati pemandangan.
Kemudian mampirlah ke kota Denmark untuk menelusuri Mount Shadforth Scenic Drive, sebuah kawasan pertanian yang tenang dan asri. Kamu bisa menginap di vila milik penduduk lokal dan menyambangi restoran yang ada di sana untuk mencicipi hidangan lokalnya.

4. Tur sambil menikmati wine

6 Aktivitas yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Selatan Australia Barat (18846)
Panen anggur di winery pertama di Margaret River, Vasse Felix. Foto: Facebook/Vasse Felix
Wine jadi salah satu komoditi di Australia Barat yang juga daya tarik bagi wisatawan. Nah, bagi kamu penikmat wine, Margaret River tentunya wajib disambangi. Bukan tanpa alasan, Margaret River merupakan kawasan penghasil wine terbesar dengan 150 kilang anggur dan memproduksi lebih dari 20 persen minuman anggur premium di Australia.
Kamu bisa ikut tur untuk mempermudah perjalanan wisata saat ke Margaret River. Biasanya tur dimulai sejak pagi dengan menyambangi beberapa winery terkenal, salah satunya Vasse Felix, salah satu tempat penyulingan wine pertama di Margaret River yang telah ada sejak 1967. Selain memproduksi wine, pengunjung juga bisa menikmati pengalaman bersantap ala fine dining dengan berbagai hidangan lokal ditemani minuman premium.
Berbicara mengenai wine premium, jangan lupakan Leeuwin Estate yang berdiri sejak 1973. Jadi salah satu winery paling terkenal di Australia, produk wine buatan Leuwin Estate bahkan pernah memenangkan penghargaan ‘Art Series’ Art Series Chardonnay dari pakar wine terkemuka Australia, James Halliday.

5. Menantang adrenalin di hutan Australia Barat

6 Aktivitas yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Selatan Australia Barat (18847)
Eco Adventure Margaret River. Foto: Facebook/Ecoadventures Margaret River
Setelah menikmati wine, tantang adrenalin dengan menyusuri kawasan Leeuwin Naturaliste National Park yang masih asri bersama Eco Adventure Margaret River. Kamu akan diajak bertualang menggunakan motor roda tiga ramah lingkungan EcoBike melewati hutan lindung, sungai, hingga ke pantai dengan total perjalanan sepanjang 18 km. Jangan khawatir, sepanjang perjalanan kamu akan ditemani para guide profesional sehingga dijamin aman, bahkan bisa diikuti anak-anak berusia di atas 4 tahun.
Bila sedang berada di kawasan Pamberton, kamu bisa mengikuti tur off road menelusuri glamping dan hutan di kawasan Southern Forest National Parks yang diselenggarakan oleh Pamberton Discovery Tours. Mereka juga menyediakan bermacam-macam paket wisata yang bisa kamu pilih sesuai minat dan kebutuhan, mulai dari tur menelusuri bukit pasir Yeagarup, masuk ke Karri Forest yang rindang, menyeberangi Warren River dan Donnelly River, hingga camping di di tengah lembah.

6. Mengunjungi peternakan bersama keluarga

6 Aktivitas yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Selatan Australia Barat (18848)
Wisata Peternakan di Margaret River, Australia Barat Foto: Dok. www.margaretriver.com
Jangan bingung menentukan objek wisata yang akan dikunjungi bersama keluarga saat ke selatan Australia Barat. Kamu bisa mengajak si kecil mengenal hewan-hewan secara lebih dekat dengan mengunjungi peternakan dan perkebunan. Misalnya di Sunflowers Animal Farm & Farmstay yang berlokasi di Margaret River.
Sunflowers Farm & Farmstay adalah peternakan seluas 127 hektar yang memiliki lebih dari 350 hewan ternak yang bisa diajak berinteraksi. Pengunjung tidak hanya bisa melihat berbagai jenis hewan ternak dan endemik Australia, tapi juga memberikan susu untuk bayi-bayi hewan yang menggemaskan dan bahkan menginap di peternakan ini. Bersama dengan sapi, kelinci, marmut, hingga kanguru.
Masih di Margaret River, kamu bisa mengenalkan berbagai spesies burung seperti elang hingga burung hantu kepada anak di Eagles Heritage. Eagles Heritage Wildlife Center juga menjadi pusat rehabilitasi burung yang terluka dan membiakkan spesies yang terancam punah, lho.
Country Life Farm di Dunsborough yang dibuka sejak 1989 pun cocok disambangi untuk liburan keluarga. Di sini, kamu dan keluarga bisa bercengkrama dengan hewan-hewan menggemaskan sekaligus memberinya makan. Mulai dari kelinci, marmut, kanguru, Ilama, alpaca, keledai, hingga kuda poni. Menariknya, Country Life Farm juga menyediakan fasilitas barbeque dan tempat bagi pengunjung yang ingin piknik.
Agar momen liburan kamu semakin berkesan, rencanakan liburanmu bersama Dwidayatour untuk perjalanan yang aman, nyaman dan bebas pikiran. Klik di sini untuk lengkapi rencana perjalanan kamu.
Dwidayatour dan Tourism Western Australia saat ini juga sedang bagi-bagi e-voucher Rp 500 ribu yang bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan ke Australia Barat. Bagaimana cara mengikutinya? Yuk, langsung saja ikutan kuis #TWAxDwidayatourQuiz di media sosial Dwidayatour atau dengan klik tautan ini!
Sudah gak sabar mau pergi jalan-jalan dan menjelajah Australia Barat? Jangan lupa untuk siapkan itinerary kamu dari sekarang agar lebih siap menjelajah ke selatan Australia Barat suatu hari nanti.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tourism Western Australia