Food & Travel
·
21 Juli 2021 10:42
·
waktu baca 6 menit

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Australia Barat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Australia Barat (39619)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan liburan ke Elephant Rocks, Taman Nasional William Bay. Foto: Shutterstock
Bukan rahasia lagi bila Australia sering dinobatkan sebagai benua dengan keindahan alam terbaik di dunia oleh berbagai website dan majalah travel. Tak mengherankan, Australia juga punya julukan sebagai benua hijau.
Nah, Perth dan sisi Selatan Australia Barat menjadi dua destinasi yang populer di kalangan traveler, terutama para pecinta alam. Sama-sama berada di bagian barat Australia, ada berbagai destinasi yang dijamin memacu adrenalin sekaligus memanjakan mata.
Kamu bisa menelusuri lembah dan gua kuno, hiking lalu diakhiri berkemah di bawah langit penuh bintang, hingga melihat kekayaan alam flora endemik termasuk pohon berusia ratusan tahun. Semuanya ada di Perth dan Selatan Australia Barat!
Tertarik menelusuri alam Australia Barat? Yuk, dari sekarang siapkan itinerary agar liburan makin maksimal. Misalnya datang ke rekomendasi destinasi dari kumparan berikut ini:

1. Yanchep National Park

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Australia Barat (39620)
searchPerbesar
Yanchep National Park di Kota Wanneroo. Foto: Shutterstock
Berjarak 45 menit dari Perth, tepatnya di Kota Wanneroo, Yanchep National Park merupakan taman nasional tertua yang menyajikan berbagai pengalaman unik bagi pengunjungnya. Mulai dari menelusuri gua kuno, melihat koala dan kanguru di habitat aslinya, hingga berkemah bersama-sama, bisa kamu lakukan di sini.
Bila kamu punya stamina yang kuat, tidak ada salahnya ikut tur sepanjang 55 km menelusuri Crystal Cave, ngarai-ngarai, pesisir Yanchep yang masih asri, dan mengunjungi bangunan reruntuhan bersejarah yang telah lama ditinggalkan.
Atau jika ingin lebih santai, kamu bisa langsung ikut perjalanan ke Crystal Cave sepanjang 500 meter sambil melihat stalaktit, stalakmit, serta batuan berbentuk tiang dan selendang yang terbentuk alami selama ribuan tahun. Perjalan semakin menyenangkan karena kamu akan ditemani pemandu wisata lokal dari Noongar, suku asli yang tinggal di Australia Barat.

2. Avon Valley

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Australia Barat (39621)
searchPerbesar
Balon udara raksasa di Avon Valley. Foto: Dok. Tourism Western Australia
Berada di wilayah timur Perth, Avon Valley menyajikan pemandangan pedesaan dan lembah hijau menakjubkan yang telah ada dari ratusan tahun silam. Dari April hingga November kamu juga akan melihat warna-warni balon udara menghiasi langit setiap tahunnya. Menariknya lagi, kamu bisa mencoba sendiri pengalaman menikmati pemandangan lembah dari ketinggian menggunakan balon udara atau paralayang.
Berjalan ke barat Avon Valley, jelajahi desa-desa penuh bangunan bernilai sejarah tinggi. Mulai dari Connor Mill Museum yang pada 1870-an difungsikan sebagai pabrik tepung Newcastle Gaol Museum di Toodyay, sampai ke kota tertua di Australia Barat, York.
Liburan dengan keluarga? Bawa mereka mengikuti Tractor Ride and Fruit Picking Tour di Golden Grove Orchard. Sesuai namanya, kamu akan diajak memetik jeruk sambil berkeliling kebun menggunakan traktor. Nantinya, kamu boleh membawa pulang sekantong buah jeruk dan jus segar.
Sambil menikmati keindahan desa-desa dan atraksi wisata Avon Valley, cicipi produk-produk lokal yang dijual di toko-toko penduduk lokal seperti selai, madu, cokelat, hingga bir di pub-pub tua. Satu hari saja dijamin tidak cukup untuk menelusuri keindahan Avon Valley!

3. Penguin Island

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Australia Barat (39622)
searchPerbesar
Penguin Island. Foto: Shutterstock
Hanya berjarak 45 menit perjalanan darat dari Perth dan dilanjutkan 5 menit menaiki kapal feri melintasi Shoalwater Bay, kamu akan langsung disuguhkan pemandangan laut biru berpasir putih yang menjadi habitat asli spesies penguin terkecil di dunia, singa laut, dan burung pelikan. Bila beruntung, kamu akan melihat sekelompok penguin di tengah laut.
Ingin melihat penguin lebih dekat? Datang saja ke Penguin Island Discovery Centre, tempat penangkaran yang memungkinkan pengunjung melihat proses pemberian makanan kepada penguin. Di sini, kamu akan tahu bahwa penguin cenderung pemalu dan lebih banyak bersembunyi di sarang atau lautan saat siang hari.
Setelahnya, jangan buru-buru pulang. Nikmati deburan ombak pantai yang menenangkan atau bermain air di pinggir pantai bersama orang-orang terdekat.

4. Mammoth Cave

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Australia Barat (39623)
searchPerbesar
Pemandangan di dalam Mammoth Cave. Foto: Dok. www.margaretriver.com
Selain di Perth, Selatan Australia Barat juga punya gua bersejarah yang tak kalah memesona. Tepatnya di kawasan Margaret River, ada Mammoth Cave yang juga dikenal sebagai surganya fosil hewan-hewan purbakala di Australia Barat.
Sebelum menjadi tempat wisata, pada 1900-an gua ini merupakan ‘laboratorium’ bagi para paleontolog untuk mencari dan meneliti fosil demi menggali pengetahuan mengenai kehidupan di masa lampau, lho. Mammoth Cave tercatat menyimpan 10.000 lebih fosil hewan purbakala, mulai dari mammoth hingga spesies berkantung raksasa yang telah lama punah.
Masuk ke dalam Mammoth Cave, kita akan langsung disambut jalur kayu sepanjang 900 meter agar pengunjung dapat menikmati gugusan stalaktit dan stalakmit yang menjulang dengan lebih aman. Tapi pengunjung dilarang menyentuh stalaktit dan stalakmit karena bisa mempengaruhi pertumbuhannya.

5. Elephant Rocks & Valley of the Giant

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Australia Barat (39624)
searchPerbesar
Pemandangan Elephant Rocks dari atas. Foto: Shutterstock
Kurang lengkap bila liburan tanpa mengunjungi pantai. Sebagai wilayah dengan banyak keindahan pantai yang menakjubkan, jangan lupa mampir ke Elephant Rocks di Taman Nasional William Bay yang berjarak sekitar 4-5 jam perjalanan darat dari Perth. Seperti namanya, keunikan Elephant Rocks terletak pada gugusan batu granit raksasa di sepanjang pesisir pantainya yang menyerupai sekumpulan gajah.
Bebatuan raksasa ini konon telah berusia lebih dari 1,5 miliar tahun dan sangat populer di kalangan pecinta olahraga ekstrem rock climbing. Kamu juga bisa mengikuti tur untuk snorkeling atau diving di sekitar perairan Taman Nasional William Bay hingga ke Greens Pool.
Bagi pecinta suasana alam lepas di hutan, Valley of the Giants yang berjarak 15 menit dari Walpole sebaiknya masuk ke dalam itinerary. Destinasi wisata ini merupakan sebuah lembah dan hutan tua dengan ribuan pohon eucalyptus raksasa berusia 400 tahun yang membentang di antara Walpole-Nornalup National Park dan ke area Walpole Wilderness Resort.
Di sana juga terdapat Tree Top Walk, sebuah jembatan setinggi 40 meter dengan panjang 600 yang membentang dari ujung ke ujung hutan. Sangat cocok untuk wisata bersama keluarga sambil melihat pemandangan dan keanekaragaman flora endemik khas Australia Barat.

6. Menelusuri tanjung sepanjang selatan Australia Barat

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Australia Barat (39625)
searchPerbesar
Wave Rocks, gugusan batu granit menyerupai ombak berusia 3 miliar tahun. Foto: Shutterstock
Berencana liburan panjang di Australia Barat? Ajak teman atau keluarga untuk road trip 11 hari menyusuri ujung selatan Australia Barat sambil menikmati keindahan pantai serta berbagai atraksi wisatanya.
Kamu bisa mulai dari Perth ke Bunbury dan mampir ke Gnomesville di Ferguson Valley untuk melihat ribuan patung Gnome atau makhluk kerdil pencari harta karun yang menggemaskan berjejer di sepanjang jalan. Kunjungi juga Bunbury Dolphin Discovery Centre untuk bertemu lumba-lumba liar yang ramah.
Lanjutkan perjalanan dari Bunbury ke Margaret River dan mampir sejenak untuk tur ke perkebunan anggur penghasil wine. Bukan tanpa alasan, Margaret River dikenal sebagai daerah penghasil wine terbesar dengan 150 kilang anggur dan memproduksi lebih dari 20 persen minuman anggur premium di Australia.
Di sini kamu juga bisa beristirahat sejenak di vila-vila milik penduduk lokal atau datang ke objek wisata lainnya, mulai dari menyusuri gua bersejarah, ikut tur ke hutan tropis bersama Eco Adventure Margaret River, atau datang ke peternakan terdekat.
Datanglah ke Albany, Hopetown, hingga ke Esperance untuk menikmati pemandangan Kepulauan Recherche sambil melihat anjing laut berbulu dan hewan endemik Australia lainnya yang sedang berjemur. Lalu ke Hyden dan akhiri perjalanan kembali ke Perth sambil melihat Wave Rocks, gugusan batu granit menyerupai ombak berusia 3 miliar tahun.
Jadi, mana destinasi alam di Australia Barat yang ingin kamu kunjungi setelah pandemi? Tunggu apa lagi? #AdventureAwaits di Australia Barat!
Apalagi perjalanan semakin cepat hanya dengan penerbangan selama 4,5 jam saja. Tak hanya menyuguhkan wisata alam, Australia Barat juga punya banyak festival dan acara menarik yang sayang untuk dilewatkan.
Salah satunya ke IRONMAN 70.3 Western Australia yang diadakan di Busselton pada 5 Desember 2021 mendatang. Sejak diadakan pertama kali pada 2004, IRONMAN Western Australia menjadi event triathlon (kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari) terbesar di Australia Barat. Meliputi kompetisi renang sejauh 3,8 km, bersepeda dengan jarak 180 km, dilanjutkan lari sejauh 42,2 km.
Pecinta olahraga renang juga tidak boleh melewatkan Sunsmart Busselton Jetty Swin yang akan diadakan tahun depan, tepatnya 12-13 Februari 2022. Sesuai namanya, event tahunan ini merupakan kompetisi renang profesional yang bisa diikuti oleh perenang solo maupun tim, bahkan anak-anak. Meski kamu tidak bisa mengikutinya, kamu tetap bisa menikmati keseruannya karena acara ini boleh ditonton gratis untuk umum!
Buat kamu penikmat seni dan ingin merasakan budaya lokal yang lebih kental, ada Fringe World Festival pada 13-14 Februari 2022 atau ke Perth Art Festival pada 11 Februari-6 Maret 2022. Sama-sama diadakan di Perth, di event ini multi-arts ini kamu bisa menikmati berbagai hiburan mulai dari pertunjukkan komedi, musikal, sirkus, festival film, kuliner hingga pertunjukkan musik dari musisi lokal. Seru, bukan?
Jangan takut repot menyiapkan berbagai keperluan akomodasi ke Perth atau selatan Australia Barat. Rencanakan liburanmu bersama Dwidayatour untuk perjalanan yang aman, nyaman, dan bebas pikiran; mulai dari tiket pesawat hingga hotel dengan harga menarik.
Dwidayatour dan Tourism Western Australia saat ini juga sedang bagi-bagi e-voucher Rp 500 ribu. Caranya, cukup ikutan kuis #TWAxDwidayatourQuiz di media sosial Dwidayatour atau dengan klik tautan ini!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tourism Western Australia