Food & Travel14 November 2018 16:33

6 Persamaan Indonesia dan Peru yang Perlu Kamu Tahu

Konten Redaksi kumparan
6 Persamaan Indonesia dan Peru yang Perlu Kamu Tahu (364906)
Wisata Peru (Foto: Shutter Stock)
Indonesia dan Peru memang terpisah jarak yang begitu jauh, tapi dua negara ini punya beberapa persamaan lho. Penasaran dengan persamaan yang dimiliki?
ADVERTISEMENT
Serupa tapi tak sama. Ya, begitulah gambaran Peru dan Indonesia. Meski memiliki beberapa persamaan, tapi keduanya tetap memiliki keunikan tersendiri. Yuk, kita simak bersama apa saja persamaan yang dimiliki Peru dan Indonesia.
1. Gunung
6 Persamaan Indonesia dan Peru yang Perlu Kamu Tahu (364907)
Wisata pegunungan di Peru (Foto: Shutter Stock)
Persamaan yang pertama adalah Indonesia dan Peru sama-sama memiliki banyak gunung. Namun melihat penampakannya, gunung di kedua negara itu jelas berbeda.
Di Indonesia gunung yang sering menjadi tujuan wisata antara lain Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung ini bahkan disebut-sebut sebagai tempat wisata trekking terbaik di Asia Tenggara.
Gunung di Peru juga dijadikan sebagai tujuan wisata. Tak hanya trekking, kita bisa juga mendaki dan bersepeda di gunung. Saat gunung berselimut saju, kita juga bisa bermain ski.
ADVERTISEMENT
Dari sekian banyak gunung yang dimiliki, Alpamayo di Peru ditengarai sebagai gunung terindah di dunia. Piramida es ini juga disebut sebagai surga di kalangan pendaki.
2. Sebagian Daerahnya adalah Hutan
6 Persamaan Indonesia dan Peru yang Perlu Kamu Tahu (364908)
Hutan Amazon di Peru (Foto: Shutter Stock)
Indonesia dan Peru memiliki persamaan lain yakni sama-sama memiliki kawasan hutan. Indonesia memiliki hutan terluas ketiga di dunia. WWF menyebut hutan tropis Indonesia merupakan rumah dan persembunyian terakhir bagi kekayaan hayati dunia yang unik. Bayangkan, ada 12 persen spesies mamalia dunia, 7,3 persen spesies reptil dan amfibi, serta 17 persen spesies burung dari seluruh dunia ada di hutan Indonesia.
Peru juga memiliki hutan hujan. Ya, hutan Amazon yang luasnya 5,5 juta kilometer persegi terletak di sembilan negara, termasuk Peru. Lebatnya hutan Amazon pun jadi rumah bagi banyak spesies. Tiga puluh persen dari jumlah seluruh binatang dan setengah dari seluruh spesies tanaman ada di hutan ini.
ADVERTISEMENT
"Di Peru juga banyak burung," tutur Madame Susan Santos de Cárdenas, istri dari Duta Besar Peru untuk Indonesia di kediamannya, kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).
Ya, Peru merupakan rumah bagi lebih dari 1.800 spesies burung, 120 di antaranya bahkan tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Menakjubkan, bukan?
3. Sama-sama Punya Makanan Sate
6 Persamaan Indonesia dan Peru yang Perlu Kamu Tahu (364909)
anticuchos, makanan khas Peru (Foto: Shutter Stock)
Siapa yang tidak suka makan sate? Persamaan Peru dan Indonesia lainnya adalah terkait makanannya, yakni sate. Di Indonesia, kita bisa makan aneka macam sate, dari sate ayam, sate kelinci, sate kambing, hingga sate sapi. Umumnya sate disajikan dengan saus kacang ataupun saus kecap dengan potongan bawang merah dan cabai.
Lantas bagaimana sate di Peru? "Ukurannya lebih besar dan kami menggunakan daging sapi," terang Madame Susan. Makanan seperti sate di Peru disebut anticuchos.
ADVERTISEMENT
Biasanya orang-orang Peru menggunakan bagian jantung sapi untuk dibikin sate. Cabai cuka, serta irisian bawang putih adalah bumbu utama anticuchos.
4. Dihuni Banyak Suku
6 Persamaan Indonesia dan Peru yang Perlu Kamu Tahu (364910)
Suku di Peru (Foto: Shutter Stock)
Indonesia merupakan negara yang dihuni oleh banyak suku. Indonesia memiliki setidaknya lebih dari 400 suku. Badan Pusat Statistik menyebut bahkan bisa jadi ada ribuan nama suku jika dirinci hingga subsukunya.
Nah, Peru juga punya banyak suku, meskipun tidak sebanyak Indonesia. Konon ada lebih dari 40 lebih kelompok etnik​ yang Peru, termasuk wilayah Amazon. International Work Group for Indigenous Affairs (IWGIA) melaporkan ada sekitar 55 kelompok di Peru yang berbicara dalam dalam 47 bahasa.
5. Punya Bangunan Batu Bersejarah
6 Persamaan Indonesia dan Peru yang Perlu Kamu Tahu (364911)
Wisata Peru, Machu Picchu (Foto: Shutter Stock)
Indonesia dan Peru sama-sama punya bangunan batu yang bersejarah dan kemudian menjadi destinasi wisata. Indonesia punya candi Borobudur, candi Prambanan, serta sejumlah candi lainnya.
ADVERTISEMENT
Sedangkan di Peru ada Machu Picchu yang begitu tersohor. Bagian dari Machu Pichu yang juga terkenal adalah Inca Trail, merupakan jalan setapak peninggalan Inca di zaman dahulu. Ada pula Templo de La Luna atau Moon Temple yang terbuat dari bata-bata berwarna putih pucat. Dari candi ini, kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa cantik saat bulan purnama.
6. Punya Kain Tenun Khas
6 Persamaan Indonesia dan Peru yang Perlu Kamu Tahu (364912)
Tenun di Peru (Foto: Shutter Stock)
Kain tenun merupakan salah satu oleh-oleh yang bisa didapat di Indonesia. Tapi tak hanya di Indonesia, Peru juga punya kain tenun.
"Indonesia punya banyak kain tenun. Ada dari Jepara, Flores, banyak. Tapi saya pernah pakai tenun, dikira tenunnya dari Flores, padahal itu dari Peru. Kita memang punya banyak kesamaan," ujar Madame Susan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white