kumparan
Food & Travel25 Juli 2018 15:57

6 Surga Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Raja Ampat

Konten Redaksi kumparan
Biota laut di Raja Ampat (NOT COVER)
Biota laut di Raja Ampat (Foto: Instagram @grantthomasphotography)
Saat ini, Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata yang sukses membuat decak kagum wisatawan dalam, maupun luar negeri. Alamnya yang begitu cantik, dilengkapi dengan keramahan warga lokal semakin membuat popularitas Raja Ampat naik daun.
ADVERTISEMENT
Bahkan, kekayaan alam bawah laut Raja Ampat masuk ke dalam 10 tempat menyelam terbaik di dunia. Warna-warni terumbu karang, berbagai jenis spesies ikan, dan moluska menghuni perairan laut timur tersebut.
Nah, selain keindahan bawah lautnya, nyatanya ada berbagai surga wisata lainnya yang terdapat di Raja Ampat. Berikut enam di antaranya:
1. Pulau Wayag
Pulau Wayag (NOT COVER)
Pulau Wayag (Foto: Instagram @gungafif)
Ikon Raja Ampat ini terkenal dengan jejeran batu karang yang berdiri kokoh di tengah hamparan birunya laut. Walau jaraknya cukup jauh dari Raja Ampat, tetapi wisatawan selalu mengincarnya.
Untuk menikmati keindahan Pulau Wayag dari ketinggian, wisatawan harus menuju puncak bukit terlebih dahulu. Dengan melakukan perjalanan hingga dua jam, suguhan pulau Wayag dari ketinggian siap menyambut wisatawan.
ADVERTISEMENT
2. Pianemo
Pianemo Raja Ampat
Pianemo Raja Ampat (Foto: Muhammad Iqbal/kumparan)
Julukan wayag mini untuk Pianemo memang tak salah. Pasalnya, panorama yang disajikan tak kalah indah dari pulau Wayag.
Sama seperti Wayag, Pianemo juga dianugerahi alam yang cantik. Jejeran bebatuan karst yang berbalut hijaunya tumbuhan liar di tengah air laut biru akan sukses membuat decak kagum. Jangan lupa untuk abadikan momen ketika kamu di sini, ya.
3. Puncak Harfat Jaya
Bagi penggemar hiking, kamu wajib untuk mengunjungi Puncak Harfat Jaya yang berada di Misool. Pemandangan dari puncak rasanya tak perlu diragukan lagi.
Dengan menempuh perjalanan selama 30 menit, keringatmu akan dibayar dengan lanskap menakjubkan. Semilir angin yang sejuk, ditambah panorama yang memukau siap menyapa kamu.
4. Pagoda Sapta Ratna
ADVERTISEMENT
Tak melulu wisata bahari, Raja Ampat juga dilengkapi dengan Wihara Buddha Jayanti Kota Sorong. Dibangun pada 1992, awalnya wihara ini digunakan sebagai tempat penyimpanan abu jenazah umat Buddha.
Namun, kini wihara juga dijadikan lokasi wisata karena arsitekturnya. Apalagi, lokasinya yang berada di atas bukit, membuat wisatawan yang datang juga disuguhi pemandangan cantiknya kota dari ketinggian.
5. Manta Sandy
Tak lengkap rasanya bila sudah disuguhi pemandangan yang begitu apik, tapi tidak menengok isi bawah laut Raja Ampat. Terlebih jika memiliki lisensi diving, kamu wajib menyelami Manta Sandy.
Spot ini menjadi incaran wisatawan sekaligus menjadi lokasi penyelam paling sibuk di Raja Ampat. Manta Sandy juga masuk dalam Kawasan Konservasi Peraiaran (KKP), dan menjadi salah satu dari lima KKP di Raja Ampat.
ADVERTISEMENT
6. Gua Keramat Pulau Misool Raja Ampat
Video
Setelah puas bermain air, wisatawan juga bisa wisata alam di Gua Keramat yang berada di Teluk Tomolol. Wisatawan disarankan untuk menyewa pemandu lokal agar bisa mendapatkan informasi lebih dalam mengenai gua.
Selain bisa wisata alam, wisatawan dapat sekaligus wisata ziarah di sini. Itu karena Gua Keramat memiliki pemakaman suami istri yang dipercaya sebagai penyebar agama Islam di Misool.
Berada di perairan, tentunya gua Keramat dialiri air yang sangat bening dan memancarkan warna hijau tosca. Tak hanya itu, gua cantik ini juga dilengkapi dengan stalaktit dan stalakmit yang begitu cantik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan