kumparan

7 Fakta Unik India, Negara yang Dijuluki Anak Benua

Keindahan Taj Mahal di India
Taj Mahal didirikan sebagai simbol cinta dari Raja Shah Jahan untuk istrinya, Mumtaz Mahal yang meninggal setelah melahirkan. Foto: Thinkstock
India, mendengar namanya mungkin yang terlintas dibenakmu adalah Taj Mahal, film Bollywood, deretan bangunan mempesonanya, atau pakaian khasnya yang cantik. Apapun itu, memang negara yang dijuluki Anak Benua itu punya beragam cerita menarik.
ADVERTISEMENT
Selain cerita, di balik keindahannya, Negeri Barata juga menyimpan banyak fakta unik nan menarik. Apa saja?
Berikut kumparan merangkum 7 fakta unik India:
1. India Memperkenalkan Sampo
Ilustrasi Penggunaan Sampo Zaman Dahulu
Ilustrasi Penggunaan Sampo Zaman Dahulu Foto: Pixabay
Fakta unik pertama, India merupakan negara pertama yang memperkenalkan sampo ke dunia. Sebab, penduduk setempat yang menggunakan sampo pertama kali.
Mereka membuat sampo dari gooseberry dicampur dengan bahan lain, kemudian digunakan untuk mencucui rambut. Kata ‘sampo’ sendiri berasal dari kata Hindi, yakni champo.
2. Punya Lapangan Kriket Tertinggi di Dunia
Chail Cricket Ground, India
Chail Cricket Ground, India. Foto: Flickr/mariamd
India punya lapangan kriket bernama Chail Cricket Ground yang berada di Chail, Himachal Pradesh. Dibangun pada abad ke-19 dan berada di ketinggian di 2.444 meter, menjadikannya sebagai lapangan kriket tertinggi di dunia.
3. Rumah Bagi Kantor Pos Terapung
Kantor Pos Terapung di Kashmir, India
Kantor Pos Terapung di Kashmir, India Foto: Flickr / Mike Prince
Selain punya lapangan kriket tertinggi di dunia, Negeri Bollywood juga memiliki kantor pos terbanyak di dunia. Salah satu yang unik adalah kantor pos terapung yang beroperasi di sebuah kapal di Danau Dal yang terkenal indah di Kashmir dan membuatnya berhasil mencuri perhatian.
ADVERTISEMENT
4. Ada ‘Detektif Pernikahan’
Ilustrasi Pernikahan di India
Ilustrasi Pernikahan di India Foto: Shutter Stock
Fakta keempat, India punya perusahaan yang bertugas untuk mencari tahu mengenai masa lalu calon mempelai wanita atau pria. Detektif pernikahan ini bertugas untuk membuktikan perkataan salah satu calon pasangan apakah benar atau tidak.
5. Sapi Punya Identitas
Ilustrasi Sapi di India
Ilustrasi Sapi di India Foto: Shutter Stock
Setiap sapi yang ada di Benggala Barat, salah satu negara bagian di India, harus punya identitas, lengkap dengan fotonya. GK Sharma, juru bicara Border Security Force atau Pasukan Keamanan Perbatasan, mengatakan langkah ini diambil untuk menghentikan penyelundupan ternak dari India ke negara tetangga, yaitu Bangladesh.
6. Polisi Kumis Dapat Gaji Lebih Besar
Ilustrasi Polisi Berkumis di India
Ilustrasi Polisi Berkumis di India Foto: Shutter Stock
Fakta unik selanjutnya, petugas polisi di sebuah distrik di negara bagian Madhya Pradesh, akan diberikan bonus jika mereka memiliki kumis. Karena kumis dianggap membuat pria lebih memiliki reputasi, gagah, dan lebih dihormati.
ADVERTISEMENT
7. Punya Jumlah Keluarga Terbanyak di Dunia
Ziona Chana, Pria dengan 39 Istri
Ziona Chana, Pria dengan 39 Istri Foto: Flickr / Ron Baker
Salah satu penduduknya yang bernama Ziona Chana merupakan kepala keluarga dari keluarga terbesar dan terbanyak di dunia. Jumlah anggota seluruhnya lebih dari 100 orang.
Ziona Cha tinggal di sebuah rumah berlantai empat di tengah perbukitan desa Baktwang di negara bagian Mizoram, India, bersama dengan 39 istri dan 94 anak. Cha juga punya 14 menantu perempuan dan 33 cucu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan