Food & Travel14 Mei 2019 0:01

7 Keuntungan Beli Tiket Kereta Lebaran Secara Online

Konten Redaksi kumparan
7 Keuntungan Beli Tiket Kereta Lebaran Secara Online  (482367)
com-Mudik naik kereta Foto: Shutterstock
Kereta api menjadi transportasi mudik favorit masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan kereta api menjadi pilihan utama orang-orang untuk menempuh perjalanan jauh seperti mudik jelang Lebaran. Selain harga yang bervariasi, pilihan waktu dan suasana perjalanan yang mungkin tidak akan didapatkan di moda transportasi lain membuat kereta api selalu diserbu orang terutama pada peak season seperti mudik Lebaran.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan tiket kereta lebaran ada dua cara. Pemudik bisa membelinya langsung di stasiun atau membelinya secara online melalui Online Travel Agent (OTA) yang menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan seperti Traveloka. Namun jika dibandingkan dengan membelinya langsung, sistem pemesanan tiket kereta api Lebaran secara online melalui Traveloka memiliki lebih banyak kemudahan. Apabila Anda belum pernah melakukannya, 7 poin ini mungkin akan mendorong Anda untuk mencobanya.
1. Beli Online Lebih Fleksibel
7 Keuntungan Beli Tiket Kereta Lebaran Secara Online  (482368)
com-Beli tiket kereta secara online Foto: Shutterstock
Saat ini, pembelian tiket kereta api di loket stasiun hanya dapat dilakukan pada jam-jam tertentu. Mulai dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 setiap harinya. Dengan Traveloka, Anda bisa membeli tiket kereta kapan saja dan di mana saja. Apalagi Traveloka juga menyediakan fitur Passenger Quick Pick.
ADVERTISEMENT
Fitur ini hadir untuk memastikan pengisian data penumpang menjadi lebih cepat karena data dapat disimpan di sistem Traveloka. Passenger Quick Pick memungkinkan Anda tak perlu mengetik informasi penumpang secara manual setiap melakukan pemesanan. Sehingga kesempatan Anda untuk mendapatkan kursi lebih besar.
2. Bisa Dapat Tiket KAI dengan Harga Promo, Lebih Hemat
7 Keuntungan Beli Tiket Kereta Lebaran Secara Online  (482369)
com-Aplikasi Traveloka Foto: Shutterstock
Setiap hari, Traveloka selalu menghadirkan promo-promo menarik seperti potongan harga khusus untuk semua produk, termasuk tiket kereta api. Potongan harga ini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Caranya memasukkan kode kupon yang tersedia dan sesuai dengan promo yang sedang berlangsung.
Manfaatkan kupon diskon ini untuk membeli tiket kereta mudik untuk semua anggota keluarga. Jadi biaya yang harus dikeluarkan untuk mudik bisa ditekan dan sisanya digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya untuk kebutuhan makan selama perjalanan mudik, atau diberikan untuk saudara di kampung halaman. Traveloka memudahkan Anda untuk mendapatkan harga tiket PT KAI yang paling murah. Karena itu, jangan lupa untuk selalu mengecek promo spesial sebelum membeli tiket kereta mudik di sini.
ADVERTISEMENT
3. Anda Bisa Bebas Pilih Kelas Kereta
7 Keuntungan Beli Tiket Kereta Lebaran Secara Online  (482370)
com-Kereta Mudik Foto: Shutterstock
Selain lebih cepat dah hemat, membeli tiket kereta mudik melalui Traveloka juga ada keuntungan lainnya. Anda tidak harus datang ke stasiun kereta Gambir untuk membeli tiket kereta eksekutif-class atau datang pagi-pagi bahkan subuh ke stasiun Pasar Senen untuk mendapatkan tiket kereta ekonomi-class.
Pembelian tiket via online seperti Traveloka memberikan kemudahan Anda untuk memilih kelas kereta cukup dari genggaman, Traveloka App. Anda bisa bebas pilih kereta bahkan untuk tujuan dan rute populer sekalipun seperti rute kereta Jakarta-Bandung, rute kereta Jakarta-Jogja, rute kereta Jakarta-Surabaya, hingga rute kereta Jakarta-Semarang.
4. Pilih Tempat Duduk Yang Paling Nyaman
7 Keuntungan Beli Tiket Kereta Lebaran Secara Online  (482371)
com-Posisi tempat duduk yang nyaman di kereta Foto: Shutterstock
Tidak bisa dipungkiri, posisi duduk di Kereta Api akan menentukan mood selama perjalanan mudik Lebaran. Dengan posisi duduk yang nyaman, Anda akan mendapatkan pengalaman mudik yang tak terlupakan. Misalnya tempat duduk di dekat jendela. Sepanjang perjalanan Anda akan melihat pemandangan yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di perkotaan. Pemandangan Sawah dan gunung tentu akan membuat pikiran fresh.
ADVERTISEMENT
Menariknya dengan memanfaatkan pembelian tiket kereta di Traveloka, Anda dapat memilih kursi pada gerbong kereta api sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa memilih kereta untuk anggota keluarga Anda. Dengan begitu, perjalanan mudik akan semakin mempererat hubungan keluarga.
5. Kehabisan Tiket Kereta? Tenang, Ada Kereta Lanjutan di Traveloka
7 Keuntungan Beli Tiket Kereta Lebaran Secara Online  (482372)
com-Pesan tiket mudik secara online Foto: Shutterstock
Kehabisan kursi karena kalah cepat dengan calon penumpang lain, atau harus beli tiket terpisah secara manual karena tidak menemukan akses kereta langsung ke tempat tujuan adalah problem yang kerap dialami para pemudik. Beruntunya Traveloka kini menyediakan layanan baru, Kereta Lanjutan.
Bagi Anda yang pernah mengalami situasi di atas, Membeli kereta Lanjutan di Traveloka adalah solusinya. Dengan begitu, Anda tetap bisa mudik untuk bertemu saudara di kampung halaman. Biasanya, rute perjalanan kereta di Pulau Jawa sudah memiliki jalur pasti dan hanya menggunakan satu kereta. Tapi dengan kereta lanjutan, Anda bisa sampai ke destinasi dengan transit di stasiun tertentu untuk berganti kereta ke tujuan Anda.
ADVERTISEMENT
6. Bisa Pantau Ketersediaan Tiket dan Kereta Tambahan Lebih Cepat
Kalau Anda juga takut kehabisan tiket kereta lanjutan, Anda bisa menggunakan fitur Seat Alert yang hanya tersedia di aplikasi Traveloka. Fitur ini akan mengingatkan Anda jika ada kursi kereta tambahan atau ada konsumen lain yang membatalkan pemesanan tiket kereta api yang sudah dilakukan secara online di Traveloka.
Seat Alert memungkinkan Anda tidak perlu lagi memantaunya secara real-time demi mendapatkan kursi kereta mudik tambahan. Cara mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu membuka menu ‘Train’ atau kereta api pada aplikasi Traveloka. Kemudian klik ikon bergambar lonceng di pojok kanan atas, tambahkan rute perjalanan yang diinginkan agar memperoleh notif bila ada kursi kosong yang sebelumnya sudah dinyatakan penuh.
ADVERTISEMENT
7. Beli Tiket Kereta Lebaran Sekarang, Bayarnya Belakangan
7 Keuntungan Beli Tiket Kereta Lebaran Secara Online  (482373)
com-Fitur Traveloka PayLater Foto: dok. Traveloka
Takut dana mudik kurang? Tenang, di Traveloka Anda bisa memanfaatkan pembayaran Pay-Later. Dengan fitur ini, Anda bisa membeli tiket sekarang, dan membayarnya belakangan. Ajukan PayLater dari sekarang untuk mendapatkan limit kredit Rp 2 juta–Rp 10 juta per akun. Limit kredit tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli tiket kereta Lebaran tahun ini. Pelunasan limit kredit atas transaksi tersebut bisa Anda cicil setiap bulan dengan bunga yang rendah.
Guna meminimalisasi tidak kebagian tiket saat Lebaran tahun ini, Anda bisa memanfaatkan Traveloka. Sebab, ada tujuh keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memesan tiket kereta api lewat agen travel online ini. Selamat mudik!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Traveloka.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white