kumparan
7 Desember 2018 20:53

7 Pantai di Banyuwangi Ini Cocok Bagi Kamu yang Suka Ketenangan

Plengkung 3
Tepi Pantai Plengkung (Foto: Flickr/Marcos)
Banyuwangi tak hanya dikenal dengan Kawah Ijen-nya yang memiliki pemandangan luar biasa, berupa Api Biru atau Blue Fire. Lebih dari itu, nyatanya kota di ujung timur Pulau Jawa ini juga memiliki beragam tradisi dan budaya yang membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal, maupun mancanegara.
ADVERTISEMENT
Tak hanya kekayaan tradisi dan budayanya, kondisi geografis Banyuwangi juga membuatnya dikelilingi banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan. Di Banyuwangi kamu dapat menjumpai pantai-pantai yang indah dan unik.
Mulai dari pantai berpasir putih, kehitaman, hingga kemerahan pun dapat kamu temukan di kota yang dijuluki "Sunrsie of Jawa" ini. Tak hanya itu, pantai-pantai di Banyuwangi juga menawarkan suasana yang tenang dan cocok buatmu yang ingin menyendiri.
Ingin tahun pantai mana saja yang menawarkan suasana tenang tersebut? Yuk, simak ulasan berikut!
1. Pantai Plengkung
Ombak di Pantai Plengkung
Ombak di Pantai Plengkung (Foto: Banyuwangitourism)
Pantai di Banyuwangi yang cukup populer di kalangan peselancar adalah Pantai Plengkung. Pantai Plengkung atau yang juga dikenal dengan 'G-Land' terkenal dengan ombaknya yang dahsyat.
Bahkan karena keganasan ombaknya, Pantai Plengkung mendapat julukan "The Seven Giant Waves Wonder" dari para peselancar mancanegara. Hal itu dikarenakan pantai ini memiliki tujuh gulungan ombak dengan ketinggian yang mencapai enam meter.
ADVERTISEMENT
Selain menjadi tempat terbaik bagi para peselancar, Pantai Plengkung juga cocok bagi kamu yang mencari ketenangan. Karena pantai ini termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo yang masih asri dengan peohonan rindang, sehingga kamu dapat menghabiskan waktu menyendirimu dengan tenang.
2. Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi (Foto: Joseph Pradipta/kumparan)
Tak hanya Pantai Plengkung saja yang kerap jadi tujuan favorit para peselancar, tapi juga Pantai Pulau Merah yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Bahkan, pantai yang ada di Pesanggaran ini dijadikan tempat untuk acara tahunan "International Surfing Competition".
Pantai ini disebut Pantai Pulau Merah karena adanya sebuah bukit di dekat bibir pantai yang tanahnya berwarna kemerahan. Pantai Pulau Merah juga memiliki pemandangan indah, ditambah suasana pantainya yang sunyi membuatnya sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan.
ADVERTISEMENT
3. Pantai Teluk Hijau
Banyuwangi
Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi, Jawa Timur (Foto: Budi Candra Setya/Antara)
Pantai yang terletak di Saronga ini menjadi salah satu pantai favorit, karena panorama indahnya. Pantai Teluk Hijau memiliki air laut berwarna biru kehijauan yang cantik. Suasana tenang di pantai yang dikelilingi hutan tropis ini dapat kamu manfaatkan untuk relaksasi dan menangkan pikiran.
4. Pantai Wedi Ireng
Pantai Wedi Ireng
Pantai Wedi Ireng (Foto: Wikimedia Commons)
Pantai selanjutnya yang tak kalah cantiknya adalah Pantai Wedi Ireng. Pantai ini disebut-sebut sebagai replika dari Raja Ampat, karena banyaknya tebing yang mengelilingi pantai.
Jika kamu perhatikan pasir di Pantai Wedi Ireng akan tampak berwarna putih. Namun, saat diperhatikan dengan jeli, pantai ini memiliki butiran pasir berwarna hitam. Itulah sebabnya pantai ini disebut dengan "Wedi Ireng" yang berarti pasir hitam.
ADVERTISEMENT
Pantai Wedi Ireng belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, sehingga cocok bagi kamu yang menginginkan suasana yang sunyi dan mencari ketenangan.
5. Pantai Parang Kursi
Pantai Parang Kursi
Pantai Parang Kursi (Foto: Instagram/@hakimsobirin24)
Pantai selanjutnya adalah Pantai Parang Kursi, yang memiliki air laut sangat jernih dan pasirnya yang putih kemerah-merahan. Di sekiling Pantai Parang Kursi terdapat banyak batu karang berwarna hijau, akibat dipenuhi lumut yang semakin menambah indah panorama di sana.
Bagi kamu yang tak suka dengan keramaian, Pantai Parang Kursi sangat tepat untuk masuk dalam itinerary liburanmu.
6. Pantai Pancur
Pantai Pancur
Pantai Pancur (Foto: Instagram/@imafadilah)
Pantai selanjutnya yang belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Pancur. Selain kawasan pantainya yang tenang, pasir pantainya yang berwarna putih berpadu dengan air laut yang biru jernih membuatnya terlihat cantik.
ADVERTISEMENT
Selain itu, di pantai ini juga terdapat gua yang cukup sakral bernama Gua Istana dan Sendang Srengenge, yang digunakan beberapa orang untuk melakukan ritual tertentu. Tentu saja pantai ini sangat tepat buatmu yang mencari ketenangan.
7. Pantai Boom
Festival Gandrung Sewu di Pantai Boom Banyuwangi
Festival Gandrung Sewu di Pantai Boom Banyuwangi (Foto: Joseph Pradipta/kumparan)
Pantai terakhir yang dapat kamu kunjungi adalah Pantai Boom. Pantai yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Banyuwangi ini bisa dengan mudah kamu temui.
Salah satu ciri khas Pantai Boom adalah pasirnya yang berrwarna hitam. Dari pantai ini kamu juga bisa melihat pemandangan indahnya Pulau Bali dari kejauhan.
Pantai Boom cukup populer karena sering dijadikan sebagai tempat pelaksanaan acara-acara besar. Salah satunya adalah acara Gandrung Sewu. Selain itu, pantai ini juga sangat cocok bagi kamu yang mencari suasana yang tenang sambil memandangi panorama alam yang cantik.
ADVERTISEMENT
Tertarik untuk berkunjung?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan