Food & Travel
·
18 September 2020 12:00

7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia (12998)
Li Galli yang berbentuk lumba-lumba Foto: Flickr/PAULO PEDRO DE SOUSA
Ada begitu banyak pulau di seluruh penjuru dunia yang menarik dikunjungi wisatawan. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki bentuk yang sangat unik hingga membuat penasaran para traveler untuk mengunjunginya secara langsung.
ADVERTISEMENT
Pulau-pulau unik tersebut bisa kamu temukan di beberapa tempat di dunia. Bahkan, salah satunya juga bisa kamu temukan di Indonesia, lho.
Mulai dari pulau yang berbentuk menyerupai bulan sabit hingga pulau yang berbentuk lumba-lumba. Berikut 7 pulau berbentuk unik di dunia yang berhasil kumparan rangkum dari berbagai sumber.

1. Pulau Molokini, Hawaii

7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia (12999)
Pulau Molokini yang berbentuk seperti bulan sabit di Hawaii Foto: Shutter Stock
Pulau dengan bentuk unik pertama bisa kamu temukan di Hawaii. Adalah Pulau Molokini, pulau ini dikenal dengan bentuknya yang unik karena menyerupai bulan sabit.
Jika dilihat dengan seksama, bentuk pulau ini benar-benar melengkung sempurna dengan daratan berwarna hijau yang dikelilingi lautan biru makin menyempurnakan penampakan pulau ini.
Tidak hanya itu saja, Molokoni ini terkenal juga sebagai salah satu surga bawah laut yang ada di Hawaii. Pulau ini dihuni lebih dari 250 spesies ikan. Bahkan, jika beruntung wisatawan bisa mendapat kesempatan langka untuk melihat hiu paus raksasa.
ADVERTISEMENT
Pulau ini terletak di gugusan pulau Hawaii, tepatnya berada di antara Pulau Maui dan Kaho’owale.

2. Pulau Spartly, Laut Cina Selatan

7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia (13000)
Pulau Spratly di Laut China Selatan Foto: Dok. Wikimedia Commons
Selain Pulau Molokini, pulau berbentuk unik lainnya bisa kamu temukan di Pulau Spratly. Pulau ini berbentuk menyerupai bumerang, senjata tradisional milik Suku Aborigin yang digunakan untuk berburu.
Pulau ini berada di Laut China Selatan dan masih termasuk bagian dari Kepulauan Spratly. Kepulauan Spratly sendiri adalah gugusan pulau yang dipersengketakan oleh negara-negara di sekitarnya yaitu Tiongkok, Taiwan dan Vietnam. Konon kepulauan yang hanya memiliki luas tidak lebih dari 3 km persegi itu menyimpan potensi sumber daya alam yang melimpah.

3. Pulau Heimaey, Islandia

7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia (13001)
The Elephant Rock, Islandia Foto: Shutter Stock
Pulau Heimaey atau yang juga dikenal The Elephant Rock merupakan pulau unik yang berbentuk menyerupai gajah di lepas Pantai Islandia.
ADVERTISEMENT
Memiliki ketinggian sekitar 660 kaki atau sekitar 200 meter, The Elephant Rock diperkirakan terbentuk akibat letusan Gunung Berapi Eldfell. Sebelumnya, Elldfell terakhir meletus pada tahun 1973.

4. Pulau Koh Kai, Thailand

7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia (13002)
Pulau berbentuk menyerupai ayam di Thailand Foto: Shutter Stock
Kalau kamu bisa menemukan pulau unik yang menyerupai gajah di Islandia, lain hal dengan pulau yang ada di Thailand berikut ini. Di Thailand kamu bisa menjumpai pulau unik yang berbentuk menyerupai seekor ayam.
Aneh tapi nyata inilah Pulau Koh Kai, salah satu pulau terunik di Thailand. Dilansir Daily Mail, pulau yang terletak di Provinsi Krabi ini punya formasi bebatuan yang tidak biasa.

5. Pulau Isabela, Ekuador

7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia (13003)
Pulau Isabela di Kepulauan Galapagos, Ekuador Foto: Dok. NASA
Pulau Isabela merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Kepulauan Galapagos. Pulau yang memiliki luas 4,640 meter persegi ini dihuni sekitar 1.800 penduduk.
ADVERTISEMENT
Keunikan Pulau Isabela adalah bentuknya yang menyerupai sebuah kuda laut jika dilihat dari atas.
Selain bentuknya yang unik, Pulau Isabela juga menjadi salah satu tujuan wisata di Ekuador. Pulau ini juga dianugerahi dengan kekayaan bawah laut yang menjadikannya salah satu spot diving yang menarik bagi wisatawan. Ada tujuh spot menyelam di sekitar pulau ini.
Pulau Isabela juga masuk sebagai pulau vulkanik karena terdapat beberapa gunung di sekitar pulau tersebut.

6. Pulau Tavarua, Fiji

7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia (13004)
Pulau Tavarua di Fiji Foto: Dok. Wikimedia Commons
Pulau kecil yang terletak di Fiji ini terkenal dengan bentuknya yang unik karena menyerupai sebuah hati. Meski ukurannya hanya 29 hektare, pulau ini dikelilingi dengan pantai berpasir putih dan juga terumbu karang yang eksotis.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, pulau ini juga punya ombak yang sempurna yang menjadikan pulau ini sebagai tujuan peselancar dunia. Bahkan, kamu bisa menemukan resor selancar paling ikonik di Fiji yang dibangun di sekitar pulau tersebut.

7. Pulau Lumba-lumba, Flores

Terakhir, pulau berbentuk unik lainnya bisa kamu temukan di Indonesia, tepatnya di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau tersebut adalah Pulau Lumba-lumba. Sebenarnya pulau berbentuk Lumba-lumba juga dapat ditemukan di Italia, yakni Li Galli.
7 Pulau Berbentuk Paling Unik, Ada yang Seperti Lumba-lumba di Indonesia (13005)
Les Sirenuse di Italia yang terdiri dari Li Galli, La Castelluccia dan La Rotonda Foto: Shutter Stock
Sesuai namanya, pulau ini memiliki bentuk menyerupai hewan menggemaskan palin cerdas di Bumi yaitu Lumba-lumba. Pulau Lumba-lumba merupakan sebuah pulau terumbu karang yang terletak di lepas pantai utara Pulau Flores. Oh iya, pulau berbentuk lumba-lumba lain ternyata juga bisa kamu temukan di Italia, lho. Pulau tersebut bernama Li Galli.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)