kumparan
31 Januari 2019 7:56

7 Tempat dengan Nama Paling Panjang di Dunia, Bisa Menyebutnya?

Plang Nama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch, Wales
Plang Nama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch, Wales (Foto: Shutter Stock)
Solo, Jakarta, Bali, Surabaya, Aceh adalah sederet nama tempat yang mudah diingat. Selain karena berada di Indonesia, tempat ini juga hanya terdiri dari beberapa karakter, sehingga mudah diingat dan diucapkan.
ADVERTISEMENT
Namun, di beberapa negara ada pula yang mempunyai tempat dengan nama panjang. Bahkan ada sebuah wilayah yang memiliki nama yang terdiri dari 85 karakter.
Mau tahu tempat mana saja yang memiliki nama terpanjang di dunia? Berikut ulasannya!
1. Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu, Selandia Baru
Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu, Selandia Baru
Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu, Selandia Baru (Foto: Shutter Stock)
Sebuah tempat di Selandia Baru bernama Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaunga­horonukupokaiwhen­uakitanatahu, menjadi nama tempat terpanjang di dunia. Demi kemudahan pengucapan, nama tempat yang terdiri dari 85 huruf ini disebut Taumata.
Taumata sendiri merupakan sebuah bukit yang berada di dekat Porangahau, Teluk Hawke Selatan. Dengan tinggi bukit mencapai 305 meter, bukit ini terkenal karena namanya yang panjang, hingga Guinness World Records mencatatnya sebagai nama tempat terpanjang di dunia.
2. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch, Wales
Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch, Wales
Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch, Wales (Foto: Shutter Stock)
Selanjutnya ada Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch yang menduduki posisi nomor dua sebagai tempat dengan nama terpanjang di dunia. Memiliki 58 karakter, wilayah ini berada di Pulau Anglesey, Wales, negara konstituen atau bagian dari negara resmi Britania Raya.
ADVERTISEMENT
Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch sendiri merupakan sebuah desa, apabila namanya disingkat menjadi Llanfairpwll atau Llanfair PG. Wilayah ini menjadi nama tempat terpanjang pertama di Inggris dan Eropa.
3. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg, Amerika Serikat
Kemudian ada Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg, sebuah danau yang berada di Webster, Massachusetts, Amerika Serikat. Danau yang sering disebut Danau Webser ini terletak di perbatasan negara bagian Connecticut.
Nama Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg sendiri terdiri dari 45 huruf dan menempati posisi ketiga sebagai nama tempat terpanjang di dunia. Tak hanya itu, diyakini pula sebagai nama tempat terpanjang di Amerika Serikat.
4. Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein, Afrika Selatan
Sebuah lahan pertanian di Afrika Selatan bernama Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein, menjadi nama tempat terpanjang di Afrika Selatan dan nomor empat di dunia dengan 44 karakter.
ADVERTISEMENT
Terletak sekitar 200 km di sebelah barat Pretoria, penamaanya berasal dari kombinasi berbagai bahasa, termasuk Jerman, Afrika, dan Belanda yang berarti "di musim semi dua kerbau dibunuh menggunakan satu tembakan".
5. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea, Spanyol
Dengan 39 karakter, Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea merupakan nama terpanjang kelima dari sebuah tempat di dunia, nama tempat terpanjang di Spanyol, dan kedua di Eropa.
Nama Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea berasal dari bahasa Bosque yang berarti, "Daratan rendah yang ada di semenanjung tinggi Azpilkueta".
6. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä, Finlandia
Sebuah daerah rawa di Finlandia bernama Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä ini terdiri dari 35 karakter. Alhasil, menjadikannya sebagai salah satu tempat dengan nama terpanjang di Finlandia dan terpanjang ketiga di Eropa.
7. Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik, Kanada
Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik adalah nama sebuah danau di Manitoba, Kanada. Tepatnya terletak di bagian timur laut Manitoba di dekat perbatasan dengan Ontario.
ADVERTISEMENT
Nama Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik sendiri berasal dari bahasa Cree yang berarti tempat kail digunakan untuk menangkap ikan. Terdiri dari 31 huruf, menjadikannya sebagai nama tempat terpanjang ketujuh di dunia.
Bagimana menurutmu? Bisa mengucapkan ketujuh nama tempat di atas?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan