Food & Travel
·
15 April 2021 13:53

7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong (410991)
Ilustrasi traveler muslim Foto: Dok. WEGO
Ngabuburit jadi salah kegiatan seru untuk menunggu waktu berbuka puasa. Di Jakarta, ada banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu jadikan pilihan sembari menunggu waktu berbuka puasa.
ADVERTISEMENT
Selain bisa bikin puasamu enggak kerasa, kamu juga bisa menghabiskan waktu bareng keluarga sambil liburan kecil-kecilan. Walau demikian, di masa pandemi seperti sekarang, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, ya.
Berikut kumparan rangkum tujuh tempat ngabuburit asik dan hemat di Jakarta.

1. Monas

7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong (410992)
Ilustrasi Monas Foto: Shutter stock
Sambil menunggu waktu berbuka, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu ikon Ibu Kota Jakarta. Ya, Monas bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin mencari tempat ngabuburit.
Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Kamu bisa jalan-jalan sore sambil menikmati rindangnya pepohonan di taman-taman yang ada di Monas ataupun berburu spot foto.
Selama masa pandemi ini, Monas juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.
ADVERTISEMENT
Menariknya lagi, kamu juga tidak perlu membayar alias gratis, kecuali tiket parkir kendaraan.

2. Kota Tua

7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong (410993)
Pengunjung berwisata di kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu (24/10). Foto: Puspa Perwitasari/ANTARA FOTO
Kota Tua adalah salah satu kawasan wisata ikonik yang bisa kamu temukan di ibu kota. Enggak perlu keluar uang banyak, kamu bisa menikmati keindahan klasik bangunan-bangunan bergaya kolonial yang berdiri megah di pusat kota Batavia zaman dulu.
Di dalam kawasannya terdapat beragam destinasi seru yang bisa kamu sambangi. Mulai dari Museum Wayang, Museum Fatahillah, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Museum Bank Indonesia.
Untuk memasuki kawasan Kota Tua, kamu tak perlu mengeluarkan uang alias gratis, kecuali untuk masuk museum. Tapi, tenang saja, semua tiket masuk museum di Kota Tua hanya berkisar sekitar Rp 5 ribu per orang. Murah banget, kan?
ADVERTISEMENT
Menjelang waktu Maghrib, kamu pun bisa berkeliling di kawasan tersebut untuk membeli jajanan berbuka puasa. Harga jajanannya juga murah dan enggak bikin kantong jebol.

3. Setu Babakan

7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong (410994)
Danau Setu Babakan Foto: Instagram/@luffyluvs
Menghabiskan waktu ngabuburit juga bisa kamu lakukan dengan mempelajari sejarah kebudayaan Betawi. Kamu bisa mengunjungi Setu Babakan sembari menunggu waktu berbuka puasa.
Tempat wisata yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, ini merupakan kampung yang menjadi cagar budaya Betawi. Di sini kamu bisa mengenal dan melihat rumah adat khas Betawi.
Nuansa perkampungan, suguhan danau yang indah, serta pepohonan yang rindang akan menyertai langkah kaki para pengunjung yang tengah berwisata di sini.
Menjelang Magrib tiba, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner yang menggungah selera. Selain itu, pengunjung juga tidak dikenakan tiket masuk alias gratis, hanya saja perlu membayar tiket kendaraan mulai dari Rp 2 ribu.
ADVERTISEMENT

4. Taman Suropati

7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong (410995)
Taman Suropati, Jakarta. Foto: Flickr/mahmurshoot
Siapa yang tak tahu Taman Suropati? Taman yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta, itu selalu menjadi tempat favorit anak muda dan masyarakat Jakarta.
Taman Suropati dikelilingi pepohonan hijau nan asri yang cocok untuk tempat kamu menghabiskan waktu sambil ngabuburit. Kamu bisa bercengkrama sambil menikmati rindangnya taman hingga menunggu azan maghrib tiba.
Terlebih di seberang Taman Suropati terdapat Masjid Sunda Kelapa yang tak kalah menariknya. Saat waktu berbuka puasa tiba, kamu bisa ke masjid ini untuk menikmati takjil bersama masyarakat lainnya.
Pengunjung juga tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis untuk menikmati keindahan Taman Suropati.

5. Galeri Indonesia Kaya

7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong (410996)
Yuki Kato (tengah) memainkan lakon 'Sumpah Pejuang' di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8). Foto: DN. Mustika Sari/kumparan
Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang edutainment budaya yang berbasis teknologi digital dari Indonesia, untuk Indonesia yang menyuguhkan informasi kekayaan budaya Nusantara. Mulai dari alat musik tradisional, mainan tradisional, baju adat, sampai informasi tentang kuliner, pariwisata, tradisi dan kesenian dikemas secara digital dan interaktif di tempat ini.
ADVERTISEMENT
Terletak di Grand Indonesia, Galeri Indonesia Kaya menawarkan alternatif dalam mempelajari tradisi budaya Indonesia dengan cara yang lebih modern, menyenangkan, mudah dan gratis.
Galeri Indonesia Kaya juga menyuguhkan berbagai macam pertunjukan budaya dari seniman-seniman Indonesia, baik mereka yang baru berkiprah atau mereka yang telah lama berkecimpung dalam dunia seni, tiap akhir pekan.

6. Hutan Kota GBK

7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong (410997)
Suasana Hutan Kota GBK Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Hutan kota di Gelora Bung Karno (GBK) bisa menjadi pilihan buat kamu yang mencari tempat ngabuburit dekat Jakarta. Sejak pandemi, hutan kota GBK menjadi salah satu tempat wisata pilihan bagi warga Jakarta.
Hutan kota seluas 4 hektar ini dulunya merupakan area lapangan golf Driving Range yang telah disulap menjadi ruang terbuka hijau untuk masyarakat.
ADVERTISEMENT
Bersantai sambil menikmati udara sejuk di taman menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Menjelang waktu berbuka, kamu pun bisa berwisata kuliner di sekitar area GBK.
Buat yang ingin berkunjung ke Hutan GBK, kamu juga tidak perlu membayar alias gratis dan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

7. Taman Menteng

7 Tempat Ngabuburit Asyik dan Irit di Jakarta yang Ramah di Kantong (410998)
Suasana di Taman Menteng Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Terakhir, Taman Menteng juga bisa menjadi tempat asik untuk ngabuburit irit di Jakarta.
Taman yang satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya terkenal karena bangunan kacanya yang ikonik, Taman Menteng yang berada di pusat kota Jakarta ini menawarkan tempat santai sore hari di tengah riuhnya Jakarta.
Dilengkapi dengan sarana olahraga seperti jogging track dan lapangan basket serta taman bermain, taman ini ramai dikunjungi pada sore hari. Pengunjung yang datang biasanya berolahraga atau hanya sekadar 'mencari angin' di taman yang berada di Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng, tersebut.
ADVERTISEMENT
Untuk berkunjung ke Taman Menteng juga kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Hanya saja kamu akan dikenakan biaya parkir kendaraan mulai dari Rp 2-3 ribu.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)