com-Pura Ulun Danu Bratan, Bali.

7 Tempat Wisata di Bali Utara, Tawarkan Pemandangan Menakjubkan

20 Oktober 2021 9:00
·
waktu baca 9 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Pura Ulun Danu Bratan, Bali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Pura Ulun Danu Bratan, Bali. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Saat liburan ke Bali, kawasan Kuta, Seminyak, hingga Canggu mungkin jadi salah satu destinasi yang wajib masuk wishlist traveling-mu. Selain dikenal dengan pantainya yang eksotis, ketiga destinasi wisata tersebut biasanya jadi favorit wisatawan saat plesiran ke Pulau Dewata.
ADVERTISEMENT
Padahal, jika bergeser sedikit ke utara, kamu akan menemukan banyak tempat wisata indah lainnya dengan pemandangan menakjubkan yang menarik untuk dieksplorasi. Belum banyaknya wisatawan yang memilih Bali Utara sebagai destinasi utama liburan mereka, membuat kawasan ini cocok untuk kamu yang ingin ketenangan.
Ilustrasi Nusa Penida Bali Foto: Shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Nusa Penida Bali Foto: Shutter stock
Tak sampai di situ, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, juga memperkirakan bahwa pandemi telah membuat tren wisatawan berganti.
"Tren pariwisata yang dipicu oleh pandemi ini menuju ke arah personalized yang berkaitan dengan pengalaman dan kenangan, localized atau memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal. Lalu customized atau wisata minat khusus, dan smaller in size yang mengedepankan kualitas (wisatawan) bukan kuantitas," ujar Sandiaga dalam siaran pers, “Pandemi Jadi Momentum Optimalisasi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia”.
ADVERTISEMENT
Penasaran di mana saja tempat wisata menarik di Bali Utara? Eits, tunggu dulu, sebelum menyimak deretan tempat wisata di Bali Utara, yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel agar kamu selalu mendapatkan informasi ter-update tentang destinasi wisata hingga beragam produk kreatif lokal yang ada #DiIndonesiaAja!

1. Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bali. Foto: Facebook/Kebun Raya Bali (Bali Botanic Garden)
zoom-in-whitePerbesar
Kebun Raya Bali. Foto: Facebook/Kebun Raya Bali (Bali Botanic Garden)
Bicara Bali enggak hanya melulu pantainya saja, kamu juga bisa menemukan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti Kebun Raya Bedugul atau Kebun Raya Bali.
Kebun raya yang terletak di kawasan wisata Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, ini juga dikenal dengan Kebun Raya Eka Karya Tabanan.
Luasnya yang mencapai 157,5 hektare membuat Kebun Raya Bedugul sebagai kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia. Kebun ini menyimpan berbagai jenis koleksi tanaman, mulai dari anggrek, tumbuhan paku dan lumut, begonia, kaktus, tanaman air, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Selain bisa menikmati segarnya tumbuh-tumbuhan hutan hujan tropis, kamu juga bisa menikmati merdunya kicauan burung-burung yang ada di sekitar kebun raya ini. Selain itu, daya tarik objek wisata Bedugul terdapat pada keindahan pemandangan alam daerah pegunungan, serta pemandangan danau yang alami.
Di Kebun Raya Bali, kamu juga bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan hingga berfoto ria bersama keluarga dan teman-teman. Namun, jika tidak mau lelah berjalan mengitari kebun raya ini, kamu bisa menjajal mobil wisata yang mengelilingi kebun raya.
Ada pula beragam atraksi wisata yang bisa dicoba, salah satunya adalah Bali Treetop Adventure Park yang menyajikan beragam wahana outbound. Kamu juga bisa mengunjungi objek wisata menarik di dalam Kebun Raya Bali, seperti Candi Bentar, Ramayana Boulevard, hingga rumah-rumah tradisional Bali.
ADVERTISEMENT

2. Pantai Lovina

Pantai Lovina Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Lovina Foto: Pixabay
Selanjutnya, Bali Utara juga memiliki pantai unik yang terkenal dengan atraksi lumba-lumbanya. Ya, di mana lagi kalau bukan Pantai Lovina. Pantai ini menjadi tempat favorit bagi mereka yang ingin melihat langsung lumba-lumba di laut lepas.
Di sini, kawanan mamalia laut yang sangat cerdas ini hidup dengan bebas. Sebab, lumba-lumba di Pantai Lovina telah dilindungi oleh peraturan pemerintah setempat, sehingga tak ada yang boleh menangkap atau menjualnya.
Untuk bisa menyaksikan lumba-lumba di tengah laut, kamu harus menyewa perahu khusus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Nantinya, perahu akan membawamu ke area lautan yang biasanya banyak bermunculan lumba-lumba.
Satu perahu, umumnya bisa menampung 4-5 orang dengan biaya sekitar Rp 60 ribu per orang. Eits, perlu kamu ingat juga, untuk biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, lho!
ADVERTISEMENT
Idealnya, lumba-lumba di Pantai Lovina muncul saat pagi hari, tepatnya pukul 06.00-09.00 WITA. Sedangkan, waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Pantai Lovina adalah ketika musim kemarau, sekitar bulan April hingga Oktober. Oh iya, enggak hanya bisa melihat lumba-lumba, Pantai Lovina juga dikenal dengan panorama sunset-nya yang eksotis.
Penasaran? Kamu bisa datang langsung ke pantai yang terletak di Buleleng, Bali Utara ini.

3. Danau Tamblingan

Sebuah keluarga tengah mengarungi danau menuju Pura Tamblingan Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Sebuah keluarga tengah mengarungi danau menuju Pura Tamblingan Foto: Shutter Stock
Selanjutnya, danau yang terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali Utara, ini menyuguhkan keindahan alam yang apik. Kamu bisa menikmati suasana Danau Tamblingan yang alami sambil menghirup udara segar dan sejuk yang berasal dari hutan lebat di sekitarnya.
Suasana yang menenangkan di tempat ini tak perlu kamu ragukan. Apalagi ketika merasakan semilir angin dari pepohonan yang saling bergesekan, bikin enggak mau pulang.
ADVERTISEMENT
Pegunungan dan perairan yang menyatu menjadi daya tarik tersendiri dari danau ini. Selain itu, Danau Tamblingan juga merupakan satu dari tiga danau kembar hasil letusan kaldera di masa lampau.
Selain menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan, Danau Tamblingan merupakan salah satu destinasi wisata religi yang ada di Bali.
Hal ini dikarenakan Danau Tamblingan dikelilingi dengan beberapa pura suci, seperti Pura Endek, Pura Gubug, Pura Naga Loka, dan lain-lain. Tak heran, jika ada banyak wisatawan maupun masyarakat yang beragama Hindu datang ke sini untuk berwisata sekaligus berdoa.
Sementara buat kamu yang hanya ingin jalan-jalan dan mengeksplorasi, tentunya juga diperkenankan memasuki kawasan pura. Asalkan tidak mengganggu orang-orang yang sedang beribadah, ya!

4. Danau Beratan

Pesona Danau Beratan Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Pesona Danau Beratan Foto: Shutter Stock
Selain Danau Tamblingan, Bali juga punya danau yang tak kalah eksotis lainnya, yaitu Danau Beratan. Berada tak jauh dari Pasar Candi Kuning Bedugul, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, danau ini menawarkan pesona keindahan alam yang begitu romantis lewat kehadiran Pura Ulun Danu Beratan.
ADVERTISEMENT
Saking indahnya, Pura Ulun Danu yang berada di Danau Beratan menjadi gambar pada pecahan mata uang Rp 50 ribu. Karena keindahan itulah, Danau Beratan menjadi salah satu danau favorit yang kerap disambangi wisatawan.
Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di danau ini, seperti naik perahu atau memancing di sekitar danau. Oh iya, kamu juga bisa mengabadikan momenmu dengan latar belakang danau yang cantik.

5. Air Terjun Sekumpul

Ilustrasi wisatawan di air terjun Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wisatawan di air terjun Foto: Shutter Stock
Enggak hanya danau dan pantai, Bali Utara juga memiliki air terjun eksotis yang tak kalah menarik untuk disambangi. Terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Air Terjun Sekumpul dikenal dengan panorama yang memukau.
Panorama dua air terjun setinggi 100 meter dari atas pegunungan akan langsung menyapa wisatawan yang datang ke tempat ini. Sejauh mata memandang, panorama hijau akan memanjakan mata dan ditambah dengan suara deburan air terjun yang menenangkan.
ADVERTISEMENT
Keunikan dari air terjun ini yaitu warnanya akan berbeda saat musim hujan tiba. Air terjun yang berada di sebelah kiri akan berwarna jernih dan bersih, karena berasal dari mata air yang ada di atas perbukitan Desa Sekumpul. Sementara, air terjun yang lainnya akan menghasilkan warna cokelat berasal dari sungai yang juga ada di Desa Sekumpul.
Sebenarnya Air Terjun Sekumpul tak hanya punya dua aliran air terjun saja, melainkan ada tujuh. Namun, untuk menuju lima air terjun lainnya perlu usaha lebih banyak lagi, lantaran tempatnya masih tertutup dan terlarang untuk didatangi.
Suasana di tempat ini juga sunyi dan tenang. Tak heran banyak wisatawan yang datang sekadar untuk berolahraga, seperti yoga di pinggir air terjun.
ADVERTISEMENT

6. Air Panas Banjar

Pemandian Air Panas Banjar. Foto: Dok. dispar.bulelengkab.go.id
zoom-in-whitePerbesar
Pemandian Air Panas Banjar. Foto: Dok. dispar.bulelengkab.go.id
Sumber Air Panas Penatahan bukanlah satu-satunya mata air panas yang ada di Bali. Ada pula Pemandian Air Panas Banjar yang tidak kalah populer.
Terletak di Kabupaten Buleleng, Bali Utara, pemandian air panas ini merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan dan masyarakat Bali yang ingin menikmati sensasi berendam di kolam air panas untuk menyegarkan pikiran.
Menariknya, pemandian air panas ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Selain bisa berendam di air hangat, kamu juga akan disuguhkan kolam-kolam air panas dengan pancuran airnya yang unik. Misalnya di salah satu kolam, kamu bisa menemukan pancuran dengan ornamen berbentuk menyerupai kepala naga.
Di Pemandian Air Panas Banjar ini terdapat 3 buah kolam yang memiliki lebar, panjang, dan kedalaman yang berbeda-beda. Para pengunjung pun bisa memilih salah satu dari tiga kolam pemandian yang ada. Termasuk di antaranya adalah kolam yang ditujukan untuk anak-anak.
ADVERTISEMENT
Selain itu, objek wisata Pemandian Air Panas Banjar juga sudah memiliki fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir kendaraan yang memadai, ruang ganti dan bilas, toilet, warung-warung makan atau restoran, bahkan toko suvenir. Kamu pun tidak perlu jauh-jauh mencari oleh-oleh saat tengah berkunjung ke sumber air panas yang satu ini.

7. Puncak Wanagiri

Puncak Wanagiri. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Puncak Wanagiri. Foto: Shutter Stock
Terakhir, Puncak Wanagiri atau Wanagiri Hidden Hill merupakan destinasi wisata di Bali Utara yang wajib disambangi bagi para pencinta selfie. Ya, wisatawan pemburu spot instagramable pasti jatuh cinta dengan Wanagiri Hidden Hill. Paduan udara sejuk dengan pemandangan menakjubkan membuat kita betah untuk berlama-lama.
Tidak sampai di situ saja, dari bukit ini kamu juga bisa melihat dua danau cantik yang sering disebut-sebut sebagai danau kembar, yakni Danau Buyan dan Danau Tamblingan.
ADVERTISEMENT
Pantulan biru langit tercermin di atas permukaan danau. Sepanjang mata memandang, kamu juga bisa melihat barisan gunung yang mengelilingi Kabupaten Buleleng. Beragam panorama berwarna hijau dan biru yang terkombinasi dengan sempurna.
Selain pemandangannya yang eksotis, kamu juga disuguhkan dengan berbagai spot selfie, seperti ayunan yang digantung pada pohon, replika sangkar burung dan sarang lebah, anjungan, hingga menara bambu. Dijamin foto hasil jepretan di sini, bisa bikin followers kamu iri!
Tak heran jika destinasi wisata satu ini selalu jadi tempat favorit bagi wisatawan lokal hingga mancanegara.
Bagaimana, siap menjelajahi tempat wisata di Bali Utara? Kini, saatnya kembali ke Bali dan nikmati liburanmu yang tak terlupakan, karena #ItstimeforBali.
Jika nanti kamu ingin berkunjung ke Bali maupun berbagai daerah #DiIndonesiaAja, jangan lupa untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M, ya! Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
ADVERTISEMENT
Prokes tersebut harus kamu perhatikan, ya! Apalagi, hampir seluruh sektor pariwisata di Bali kini sudah tersertifikasi CHSE, baik itu hotel bintang 2 hingga 5, tempat wisata, maupun restoran atau tempat makan.
Selain itu, jangan lupa juga segera lakukan vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar. Apalagi, di masa kenormalan baru seperti saat ini, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib, lho! Sertifikat vaksin yang kamu peroleh akan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.
Berdasarkan perolehan data Kementerian Kesehatan hingga 14 Oktober 2021, capaian vaksinasi di Bali untuk dosis pertama berjumlah 3.379.975 jiwa atau 99,26 persen, dan vaksinasi kedua kedua berjumlah 2.851.709 jiwa atau 83,75 persen, dari total sasaran vaksinasi sebanyak 3.405.130 jiwa.
ADVERTISEMENT
Jika saat ini masih #DiRumahAja isi waktu luangmu dengan berbagai keseruan, ya! Salah satunya dengan ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Caranya mudah banget, kamu tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan PUKIS terbaru pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention tiga temanmu untuk ikutan kuis ini. Yuk, raih beragam hadiah menarik untuk para pemenang!
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten