Waterbom Bali

7 Tempat Wisata Ramah Anak di Bali, Bikin Liburan Makin Asyik

15 Oktober 2021 18:02
·
waktu baca 10 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Waterbom Bali Foto: Instagram: Waterbom Bali
zoom-in-whitePerbesar
Waterbom Bali Foto: Instagram: Waterbom Bali
ADVERTISEMENT
Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan sejuta keindahan alam yang wajib untuk dikunjungi. Mulai dari gunung-gunung yang eksotis, pantai-pantai yang memesona, hingga nilai-nilai sejarah dan budaya yang terjaga dengan baik.
ADVERTISEMENT
Beragam wisata di Provinsi Bali tidak serta merta menawarkan keindahan alamnya saja. Lebih dari itu, Bali juga menyediakan wisata yang ramah untuk semua kalangan, mulai dari tua, muda, dewasa, remaja, hingga anak-anak.
Berbicara mengenai wisata untuk anak, di Bali tersedia deretan wisata untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Sehingga, akan memberikan pengalaman untuk kamu dan anak-anak yang memilih untuk berlibur ke Bali.
Tak hanya itu, destinasi wisata ramah anak ini juga menjadi deretan daya tarik wisata yang diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke Bali. Hal ini juga yang menjadi harapan Menparekraf Sandiaga Uno, yang tengah menyiapkan pemulihan pariwisata di Bali.
“Kami terus menyiapkan pemulihan pariwisata di Bali. Kami melihat dari penanganan Covid-19 sudah jauh lebih baik dan vaksinasi ini kami apresiasi, bahwa Bali sebagai provinsi yang mendapatkan persentase vaksinasi tertinggi dari targeted group," ujar Sandiaga, seperti dikutip dari siaran pers, "Menparekraf Bahas Tiga Upaya Reaktivasi Sektor Parekraf di Bali".
ADVERTISEMENT
Nah, jika kamu punya rencana untuk liburan ke Bali bersama anak nanti, berikut rekomendasi tujuh tempat wisata yang bisa dikunjungi. Namun sebelumnya, yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel jika kamu ingin mendapatkan informasi update lainnya seputar destinasi wisata hingga produk lokal yang menarik untuk oleh-oleh saat berwisata #DiIndonesiaAja!
1. Bali Bird Park
Koleksi burung di Bali Bird Park. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Koleksi burung di Bali Bird Park. Foto: Shutter Stock
Salah satu tempat wisata ramah anak yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Bali adalah Bali Bird Park yang berlokasi di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.
Taman burung ini merupakan salah satu objek wisata di Gianyar yang terkenal dengan spesies burung langkanya, yaitu burung jalak Bali. Karena cukup langka, burung tersebut menjadi ikon Pulau Bali.
ADVERTISEMENT
Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan menemukan beragam spesies burung khas Indonesia, Afrika, dan Amerika Selatan yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Kurang lebih, jumlah burung yang ada di tempat ini mencapai sekitar 250 jenis dan tersimpan di area yang memiliki luas sekitar 2 hektare.
Tak hanya bermain dan melihat burung saja, wisatawan pun dapat mempelajari seluk beluk mengenai burung. Salah satunya tentang bagaimana cara pengembangbiakkan burung, dari bertelur hingga proses pemberian makan.
Lebih asyiknya lagi, kamu akan diperlihatkan beberapa atraksi burung, seperti pertunjukan burung terbang, atraksi burung dalam menangkap mangsa, hingga pertunjukan burung secara 4D. Selain burung, di Bali Bird Park juga dapat melihat berbagai jenis tanaman tropis yang berjumlah sekitar 2.000 jenis.
ADVERTISEMENT
Harga tiket yang ditawarkan Bali Bird Park mulai dari Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu. Untuk kamu yang ingin memasuki kawasan wisata ini, wajib menunjukkan sertifikat vaksin dengan aplikasi PeduliLindungi. Meski begitu, anak-anak di bawah 12 tahun diperbolehkan untuk memasukinya dengan catatan harus mentaati protokol kesehatan yang berlaku.

2. Bali Safari Park

 Bali Safari Park. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Bali Safari Park. Foto: Shutter Stock
Destinasi selanjutnya yang bisa dikunjungi bersama anak adalah Bali Safari Park yang berlokasi di Jl. By Pass Ngurah Rai Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.km.19,8, Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.
Bali Safari Park berada di garis depan konservasi satwa liar di Tanah Air yang secara aktif terlibat dalam memastikan kelangsungan hidup dan kesejahteraan banyak spesies hewan Indonesia di masa depan.
ADVERTISEMENT
Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan petualangan seru dengan beragam edukasi yang dikemas secara menarik. Di sini, terdapat berbagai jenis spesies hewan langka yang berasal dari tiga negara, yaitu Indonesia, India, dan Afrika. Beberapa hewan langka tersebut terdiri dari jalak putih, burung hantu, tapir, buaya, babi rusa, beruang Himalaya, nilgai, kuda nil, burung unta, dan harimau Sumatera.
Selain melihat-lihat spesies hewan langkanya, wisatawan juga dapat menikmati berbagai keseruan yang ditawarkan Bali Safari Park, mulai dari keliling kebun binatang menggunakan mobil khusus, menelusuri hutan saat Night Safari Bali, melihat pertunjukan Bali Agung, hingga menikmati wahana bermain anak Fun Zone & Water Park.
Beragam fasilitas di Bali Safari Park pun sudah lengkap, mulai dari ATM, toko suvenir, area parkir, toilet, ruang menyusui, sewa stroller, hingga restoran.
ADVERTISEMENT
Harga tiket masuk ke destinasi ini mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 450 ribu. Untuk kamu yang ingin memasuki kawasan wisata ini, wajib menunjukkan sertifikat vaksin dengan aplikasi PeduliLindungi. Tak perlu khawatir, anak-anak di bawah 12 tahun juga sudah diperbolehkan untuk memasukinya dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

3. Bali Wake Park & Aqualand

Bali Wake Park & Aqualand. Foto: Instagram Bali Wake Park
zoom-in-whitePerbesar
Bali Wake Park & Aqualand. Foto: Instagram Bali Wake Park
Bali Wake Park & Aqualand juga bisa dijadikan pilihan untuk wisata bersama anak ketika berkunjung ke Bali. Lokasinya berada di Jl. Raya Pelabuhan Benoa No.7X, Pedungan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.
Sesuai dengan namanya, Bali Wake Park & Aqualand merupakan jenis destinasi wisata dengan aktivitas olahraga air yang dibuat di atas danau buatan seluas 5 hektare. Olahraga air yang ada di sini merupakan satu-satunya di Bali yang memakai sistem kabel sebagai penariknya. Selain itu, terdapat juga wahana apung terbesar di Asia yang bernama Aqualand.
ADVERTISEMENT
Ada berbagai jenis permainan yang bisa dilakukan di Bali Wake Park & Aqualand, mulai dari wakeboarding, kneeboarding, ski air, dan water surfing. Kemudian, ada pula replika rumah air yang tersedia di Aqualand.
Jika penasaran ingin menikmati wahana bermain airnya, kamu bisa membayar tiket masuk mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu. Wisatawan yang datang nantinya juga harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

4. Bali Zoo

Harimau Sumatera di Bali Zoo.  Foto: Nyoman Budhiana/ANTARA
zoom-in-whitePerbesar
Harimau Sumatera di Bali Zoo. Foto: Nyoman Budhiana/ANTARA
Bali Zoo juga bisa dijadikan pilihan tempat wisata bersama anak ketika berada di Bali. Lokasinya berada di Singapadu Banjar Seseh, Sukawati, Gianyar. Bali Zoo merupakan salah satu kebun binatang di Bali yang memiliki tujuan untuk melestarikan satwa yang hampir punah, serta menjadi tempat rekreasi menarik bagi wisatawan.
ADVERTISEMENT
Tempat dengan luas sekitar 3,5 hektare ini memiliki sekitar 450 jenis satwa langka. Di antaranya ada jalak Bali, kasuari, elang, singa, rusa, unta, kanguru, harimau Sumatera, singa Afrika, merak, dan masih banyak lagi.
Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari jungle waterplay, animal encounters, animal show, petting zoo, elephant safari, miniapolis jungle waterplay Bali Zoo, dan lain sebagainya.
Berbagai macam paket pun tersedia di sini, mulai dari tiket masuk biasa, tiket masuk dengan paket makan siang, hingga tiket masuk safari malam dan outbound. Untuk tiket masuknya mulai dari Rp 110 ribu untuk dewasa dan Rp 85 ribu untuk anak-anak berusia 2-12 tahun.
Ada beberapa persyaratan masuk juga untuk wisatawan yang mau berkunjung ke Bali Zoo, seperti harus dalam keadaan sehat, wajib vaksinasi minimal dosis pertama dan menunjukkannya melalui aplikasi PeduliLindungi atau dalam bentuk cetak, serta mematuhi protokol kesehatan di lokasi wisata, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.
ADVERTISEMENT

5. Nusa Dua Water Sport

Nusa Dua Water Sport. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Nusa Dua Water Sport. Foto: Shutter Stock
Sama seperti Bali Wake Park & Aqualand, Nusa Dua Watersport juga menawarkan beragam paket olahraga air di laut dengan beragam keseruan yang menguji adrenalin. Bisa dibilang, wisata ini memang spesialisasinya olahraga air di laut yang berada di Tanjung Benoa. Tepatnya di Jalan Segara Lor No. 20 Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali.
Di sini, kamu bisa mencoba berbagai macam olahraga air seperti parasailing, banana boat, donut boat, fly fish, jet ski, wakeboarding, hingga bermain kayak. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati keseruan bersama anak.
Tak hanya bermain di air saja, wisatawan juga dapat menikmati beragam keseruan lainnya, seperti berfoto di sekitar lokasi wisatanya. Karena sudah banyak spot yang bisa kamu jelajahi di sana, sehingga akan membuat feed Instagram-mu menjadi sangat cantik.
ADVERTISEMENT
Menikmati keseruan di sini, kamu hanya perlu membayar mulai dari Rp 170 ribu hingga Rp 1 juta. Wisatawan yang berkunjung mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

6. Ubud Monkey Forest

Monyet di Monkey Forest Ubud, Bali Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Monyet di Monkey Forest Ubud, Bali Foto: Shutterstock
Kemudian, kamu juga bisa menjadikan Ubud Monkey Forest sebagai tempat wisata di Bali untuk dikunjungi bersama anak. Ubud Monkey Forest berlokasi di Jl. Monkey Forest, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, ini merupakan kawasan hutan lindung yang menyimpan pura sakral umat Hindu bernama Pura Dalem Agung Padangtegal.
Destinasi wisata ini termasuk satu dari sekian banyak tempat wisata di Ubud yang wajib untuk dikunjungi. Selain karena sangat ikonik, tempat wisata ini juga mewakili kesan akan objek wisata Ubud secara keseluruhan. Di mana wisatawan akan menjumpai beragam pepohonan hijau yang menjulang tinggi dengan udara yang sangat sejuk.
ADVERTISEMENT
Seperti namanya, di hutan yang sakral ini, terdapat banyak kera yang berlarian ke sana kemari di sekitar pohon ataupun di jalan yang dilalui para turis. Setiap hari, kera yang dikeramatkan dan dijaga oleh penduduk lokal ini, turun ke tanah dan berinteraksi dengan wisatawan yang datang.
Harga tiket masuk wisatawan domestik atau asing mulai dari Rp 60 Ribu untuk dewasa dan Rp 30 ribu untuk anak-anak. Saat berkunjung, bagi wisatawan yang datang baik orang dewasa maupun anak-anak juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

7. Waterbom Bali

Waterbom Bali. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Waterbom Bali. Foto: Shutter Stock
Rekomendasi wisata yang terakhir adalah Waterbom Bali yang berlokasi di Jl. Kartika Plaza, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung. Waterbom Bali merupakan salah satu wahana rekreasi air di Bali yang memiliki luas sekitar 4 hektare.
ADVERTISEMENT
Ada sekitar 13 wahana permainan air yang bisa dinikmati di sini, mulai dari Twin Racers, Double Twist, Smash Down 2.0, Constrictor, Fast and Fierce, Python, Green Vipers, Pipeline, Lazy River, Funtastic, Flow Rider, Boomerang Superbowl, hingga Euro Bungy.
Berbagai fasilitas tersedia di sini, mulai dari loker penyimpanan, gazebo, restoran, hingga tempat penyewaan ban dan handuk. Untuk bisa memasuki kawasan ini, Waterbom Bali menyediakan beragam macam varian tiket masuk, yaitu sebesar Rp 310 ribu untuk dewasa dan Rp 260 ribu untuk anak-anak berumur 3-11 tahun. Mereka juga menyediakan paket keluarga seharga Rp 970 ribu untuk dua dewasa dan dua anak-anak.
Jika ingin menikmati beragam wahananya, wisatawan bisa mengunjungi Waterbom Bali yang dibuka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 18.00 waktu setempat. Di tempat wisata ini, wisatawan juga wajib menerapkan protokol kesehatan yang berlaku bagi orang dewasa maupun wisatawan anak-anak.
ADVERTISEMENT
Perlu diingat juga, untuk referensi harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu, ya! Gimana, sudah siap mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut bersama anak? Kini, saatnya kembali ke Bali dan nikmati liburanmu yang tak terlupakan, karena #ItsTimeForBali.
Namun, sebelum itu jangan lupa untuk segera mengikuti vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar. Apalagi jika kamu berlibur nanti, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib dalam bepergian yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.
Berdasarkan perolehan data hingga 11 Oktober 2021 menurut Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, capaian vaksinasi tahap pertama berjumlah 3.366.951 orang atau 98,88 persen. Kemudian, vaksin kedua berjumlah 2.816.443 orang atau 82,71 persen, dan vaksin ketiga berjumlah 34.777 atau 94,39 persen.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu saja, sangat penting untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di mana pun kamu berada, ya! Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
Prokes ini juga yang harus kamu perhatikan ketika nantinya ingin berlibur ke Bali. Apalagi, hampir seluruh sektor pariwisata di Bali kini sudah tersertifikasi CHSE, baik itu hotel bintang 2 hingga 5, tempat wisata, hingga restoran atau tempat makan.
Selama masih #DiRumahAja, isi waktu luangmu dengan beragam keseruan, ya! Salah satunya dengan ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Caranya mudah banget, kamu tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan PUKIS terbaru pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention tiga temanmu untuk ikutan kuis ini. Akan ada beragam hadiah menarik untuk para pemenangnya, lho!
ADVERTISEMENT
editor-avatar-0
editor-avatar-1
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten