Food & Travel
·
21 September 2020 8:16

Ada Penumpang Tak Mau Pakai Masker, Maskapai Ini Terpaksa Mendarat Darurat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ada Penumpang Tak Mau Pakai Masker, Maskapai Ini Terpaksa Mendarat Darurat (13664)
Ilustrasi traveler di bandara menggunakan masker Foto: Shutterstock
Saat pandemi, masker menjadi salah satu benda yang wajib dikenakan saat bepergian, terutama dengan pesawat. Penggunaan masker menjadi salah satu cara untuk menghentikan penyebaran virus corona.
ADVERTISEMENT
Namun, fakta yang terjadi di lapangan masih ada saja mereka yang tak mau mengenakan masker. Seperti salah satunya penumpang pesawat yang satu ini.
Gara-gara tak mau pakai masker, pesawat yang ditumpanginya pun harus mendarat darurat.
Ada Penumpang Tak Mau Pakai Masker, Maskapai Ini Terpaksa Mendarat Darurat (13665)
Maskapai penerbangan Peach Aviation Foto: Shutter Stock
Dilansir Soranews24, kejadian tersebut terjadi di maskapai asal Jepang Peach Aviation pada rute penerbangan Bandara Kushiro di Hokkaido menuju Bandara Kansai di Osaka, Senin (14/9).
Seorang penumpang yang tidak diketahui identitasnya menolak mengenakan masker saat penerbangan berlangsung.
Pria tersebut diketahui tidak mengenakan masker sesaat sebelum pesawat take off. Awak kabin yang melihat kejadian tersebut pun langsung mengingatkan penumpang itu untuk memakai masker.
Ada Penumpang Tak Mau Pakai Masker, Maskapai Ini Terpaksa Mendarat Darurat (13666)
Maskapai penerbangan Peach Aviation Foto: Shutter Stock
Entah kenapa ketika pesawat mengudara, penumpang itu kemudian melepas maskernya kembali. Akibat kejadian ini, para penumpang lain pun tidak mau berada dekat dengan pria tersebut.
ADVERTISEMENT
Alhasil, perdebatan antarpenumpang terjadi. Awak kabin berusaha meredam situasi yang ada, tetapi tidak berhasil karena penumpang tersebut seakan abai terhadap kesehatannya dan juga penumpang lain, dengan menolak untuk mengenakan masker.
Setelah kejadian tersebut, akhirnya sang kapten memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di Bandara Niigata untuk mengeluarkan penumpang itu dari penerbangan.
Menurut Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, ini adalah kasus pertama di mana maskapai penerbangan harus mendarat darurat akibat penumpang tidak mengenakan masker di dalam pesawat.
Ada Penumpang Tak Mau Pakai Masker, Maskapai Ini Terpaksa Mendarat Darurat (13667)
Ilustrasi penumpang pesawat mendengarkan musik saat terbang Foto: Shutterstock
Maskapai penerbangan Jepang telah meminta penumpang memakai masker untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona. Peach Aviation juga mengatakan semua penumpang diminta untuk mengikuti instruksi anggota kru untuk memastikan operasi yang aman.
ADVERTISEMENT
Kejadian tersebut pun menuai beragam komentar dari netizen di media sosial. Banyak yang geram dengan aksi penumpang itu, tapi tak sedikit dari mereka yang memuji sang pilot yang mengambil tindakan cepat untuk mengatasi situasi tersebut.
"Begitu kekanak-kanakan, aku tidak ingin berada di tempat yang sama dengan orang itu!,” tulis seorang netizen.
"Sangat egois. Dia harus masuk daftar hitam dari perjalanan udara," tulis netizen lainnya.
Wah, tidak untuk ditiru ya!
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)