kumparan
12 Desember 2018 12:45

Air Terjun Lembah Anai di Sumatera Barat, Ikon Wisata yang Melegenda

Air Terjun Lembah Anai di Sumatera Barat
Air Terjun Lembah Anai di Sumatera Barat (Foto: Flickr/broto hartanto)
Senin lalu (10/12), Air Terjun Lembah Anai di Sumatera Barat mengamuk. Airnya meluap menutupi jalan dan membuat lalu lintas antara Padang menuju Bukittinggi putus total.
ADVERTISEMENT
Meningkatnya debit air yang terjadi di bagian hulu Gunung Singgalang tempat Air Terjun Lembah Anai bermuara itu bahkan mengakibatkan banjir bandang. Sedangkan beberapa tempat lainnya dikabarkan dihantam longsor.
Sebenarnya fenomena ini bukanlah yang pertama kali. Air Terjun Lembah Anai memang dikabarkan sering sekali meluap, terutama saat hujan deras melanda.
Travel Blogger asal Ranah Minang, Dendy Selmaeza pun membetulkan hal itu.
''Iya, sering sampai ke jalan (luapan airnya), tapi yang bikin jalan amblas baru ini,'' katanya saat dihubungi kumparanTRAVEL (11/12) lewat aplikasi pesan singkat WhatsApp.
Namun di balik amukan banjir bandang yang melanda jembatan penghubung jalan utama Padang-Bukittinggi, ada keindahan yang tersembunyi di balik Air Terjun Lembah Anai yang ikonik.
ADVERTISEMENT
Berada tepat di pinggir jalan raya trans Sumatera, Air Terjun Lembah Anai menyembul di antara dinding alam kaki Gunung Singgalang. Tepatnya di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar.
Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 35 meter tersebut memancarkan pemandangan eksotis memukau yang kontras dengan jalan raya yang ada tepat di depannya.
Menjadi bagian dari aliran Sungai Batang Lurah yang berhulu di atas Gunung Singgalang, Air Terjun Lembah Anai sebenarnya hanya salah satu di antara tujuh air terjun yang dimiliki kawasan Cagar Alam Lembah Anai.
Bagi kamu yang senang dengan air terjun serta ingin melakukan eksplorasi wisata di Ranah Minang lebih lama, kamu bisa trekking selama 2 jam di kawasan cagar alam untuk melihat keenam air terjun lainnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, bagi kamu yang senang berwisata outdoor, kawasan Cagar Alam Lembah Anai yang jadi kediaman Air Terjun Lembah Anai juga bisa jadi rekomendasi wisata menarik bersama keluarga.
Pada kumparanTRAVEL, Dendy menambahkan bahwa di kawasan Cagar Alam Lembah Anai, kamu juga bisa merasakan kesegaran air terjun melalui fasilitas pemandian yang tersedia.
''Kawasan Lembah Anai itu bagus banget, banyak air terjun, ada pemandiannya juga,'' tambahnya.
Dijuluki sebagai aia tajun, Air Terjun Lembah Anai juga menjadi saksi sejarah di Sumatera Barat. Mulai dari jadi saksi bisu berbagai peristiwa alam seperti longsor, banjir, dan gempa bumi hingga kemerdekaan Indonesia.
Pasalnya, di kawasan Air Terjun Lembah Anai terdapat rel kereta api tua tak terpakai. Rel kereta itu berkelok-kelok melintas di atas jalan raya. Kesan tua yang ia bawa membuat pemandangan di Air Terjun Lembah Anai terasa sangat kontras namun juga cantik dalam sekali pandang.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, rel kereta tua yang tak lagi dipakai itu dibangun oleh warga setempat di masa penjajahan Belanda. Meski begitu, belum diketahui secara pasti kapan rel kereta tersebut dibangun.
Menghubungkan Kota Padang - Bukittinggi - Payahkumbuh, di masa silam salah satu bapak proklamator Indonesia sering menggunakan kereta ini. Dia adalah Moh. Hatta. Beliau kerap menggunakan jalur ini saat hendah menuju Padang dari Bukittinggi.
Wajar saja jika air terjun dan rel kereta api tersebut menjadi langganan para fotografer untuk diabadikan. Tidak heran, jika pada musim liburan, Air Terjun Lembah Anak akan selalu ramai pengunjung.
Baik oleh para pelintas yang hendak beristirahat dan menikmati eloknya Ranah Minang lewat ikonnya si aia tajun yang eksotis, atau pengunjung yang datang dari luar daerah.
ADVERTISEMENT
Bagaimana denganmu, berminat mengunjungi Air Terjun Lembah Anai yang memukau saat menyambangi Sumatera Barat?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan