Food & Travel
·
7 Februari 2021 15:33

Airbnb Segera Rilis Fitur Baru yang Bisa Pantau Kesehatan Tamu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Airbnb Segera Rilis Fitur Baru yang Bisa Pantau Kesehatan Tamu (290770)
Penginapan AirBnB Foto: Shutter Stock
Airbnb terus berinovasi guna meningkatkan kenyamanan dan keselamatan wisatawan yang ingin menginap di tengah pandemi. Platform penyedia layanan penginapan terbesar di dunia itu segera merilis perangakat atau alat baru untuk memantau kesehatan tamu.
ADVERTISEMENT
Bernama Health Safety Attestation, alat ini membuat para pemilik penginapan atau tuan rumah Airbnb nantinya bisa memantau status kesehatan tamu atau mereka yang memiliki gejala COVID-19, seperti dikutip dari Insider.
Airbnb Segera Rilis Fitur Baru yang Bisa Pantau Kesehatan Tamu (290771)
Ilustrasi Memesan Penginapan di AirBnB Foto: Shutter Stock
Health Safety Attestation ini sistem kerjanya mirip-mirip alat screening yang bertindak sebagai alat proteksi tambahan untuk tamu dan tuan rumah Airbnb itu sendiri.
Alat baru ini nantinya akan membantu para pemilik penginapan sebelum mengizinkan tamu melakukan check-in atau menginap di penginapan.
Selain itu, alat ini juga yang akan memungkinkan tuan rumah meminta pengesahan dari tamu yang menyatakan bahwa mereka tidak memiliki gejala COVID-19 dan, sepengetahuan mereka, belum terpapar virus.
"Di masa mendatang, alat ini nantinya dapat digabungkan dengan komponen yang terkait dengan pengujian dan vaksinasi COVID-19 saat mereka menjadi lebih luas dan mungkin diperlukan oleh protokol perjalanan resmi," tulis keterangan resmi pihak Airbnb.
ADVERTISEMENT
Alat tambahan yang dikembangkan Airbnb ini berpatokan dengan panduan dari Pusat Pengendalian Wabah dan Penyakit Menular AS (CDC) dan juga WHO.
Airbnb Segera Rilis Fitur Baru yang Bisa Pantau Kesehatan Tamu (290772)
Ilustrasi menginap di hotel mewah Foto: Shutter Stock
Meski demikian, menurut juru bicara Airbnb, belum diketahui tanggal pasti peluncuran alat tersebut. Yang pasti, pihak Airbnb mengatakan bahwa alat ini akan dirilis di beberapa seperti AS pada gelombang pertama, sedangkan negara-negara lainnya menyusul.
Sebelumnya, Airbnb juga telah meluncurkan program Enchanced Clean Initiative, sebuah program yang memungkinkan tuan rumah berkomitmen pada proses kebersihan yang sesuai standar dengan protokol kesehatan baru.
Sementara itu, di tengah pandemi, Airbnb juga melarang para tamu yang ingin menggelar pesta di penginapan guna mencegah kerumunan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT