Food & Travel
·
31 Agustus 2020 10:28

Ajak Wisatawan untuk Traveling Lagi, PHRI dan INACA Siapkan Paket Wisata Menarik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ajak Wisatawan untuk Traveling Lagi, PHRI dan INACA Siapkan Paket Wisata Menarik (19993)
Ilustrasi wisatawan di Taman Budaya Garuda Wishnu Kencana Foto: Dok. Kemenparekraf
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Indonesia National Air Carriers Association (INACA) akan menyediakan paket-paket perjalanan wisata menarik yang terjangkau dan aman untuk wisatawan.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dilakukan untuk menyelamatkan masyarakat dan pelaku industri pariwisata yang terdampak COVID-19, sekaligus memberi kesempatan bagi para traveler untuk kembali berplesiran.
Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani, menjelaskan penandatanganan kerjasama dengan INACA merupakan bagian dari kegiatan Safe Travel Campaign yang dilakukan kedua pihak dalam sebulan terakhir.
Ajak Wisatawan untuk Traveling Lagi, PHRI dan INACA Siapkan Paket Wisata Menarik (19994)
Penandatangangan kerjasama PHRI dan INACA Foto: Dok. INACA
"Ada dua hal yang harus diperhatikan kalau mau meningkatkan jumlah penumpang pesawat dan okupansi hotel di daerah wisata. Pertama, confidence masyarakat untuk kembali terbang bisa ditingkatkan dengan menjalankan protokol kesehatan. Kedua, dari sisi pricing harus terjangkau sehingga orang tertarik pergi karena tidak memberatkan," kata Hariyadi seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparan, Senin (31/8).
Hariyadi menambahkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mengajak keluarganya terbang dan menginap lagi di hotel, PHRI akan berkoordinasi dengan asosiasi kesehatan dan pengelola Rumah Sakit untuk bisa menyediakan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai di tempat wisata.
Ajak Wisatawan untuk Traveling Lagi, PHRI dan INACA Siapkan Paket Wisata Menarik (19995)
Ilustrasi wisatawan berlibur di Indonesia. Foto: Kemenparekraf
"Nantinya bukan tidak mungkin kegiatan Work From Home dan School From Home berganti jadi Work From Hotel dan School From Hotel, sambil liburan," kata Hariyadi.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja, menambahkan, asosiasi mempersilakan maskapai anggotanya untuk beriskusi secara business to business dengan jaringan hotel di bawah PHRI.
"Asosiasi hanya memberikan payung dan menjembatani. Nanti pembahasannya dilakukan masing-masing tim dari airline dan hotel. Kalau paketnya menarik dan harganya terjangkau, saya yakin bisa menggerakkan masyarakat untuk bepergian lagi," kata Denon.
Denon menambahkan, INACA juga akan terus melakukan Safe Travel Campaign ke berbagai daerah wisata di Indonesia. Ia juga akan meminta maskapai penerbangan berjadwal maupun tidak berjadwal untuk menyiapkan protokol kesehatan khusus untuk anak-anak.
"Kalau kita para orang tua atau orang dewasa, self awareness-nya untuk memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak sudah ada jadi relatif aman bepergian dengan pesawat. Tapi kalau anak-anak kan semuanya dipegang dan agak cuek. Jadi nanti akan kami siapkan protokol kesehatan khusus anak-anak. Agar orang tuanya yakin anak-anaknya aman untuk diajak terbang," jelas Denon.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)