Food & Travel
·
30 April 2021 7:01

Alasan Kenapa Bagian Lambung Kapal Laut Dicat Warna Merah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Alasan Kenapa Bagian Lambung Kapal Laut Dicat Warna Merah (152506)
searchPerbesar
Ini alasan kenapa bagian lambung kapal dicat warna merah. Foto: Shutter Stock
Saat naik kapal laut, sadar atau tidak pasti kamu melihat bagian lambung kapal yang kebanyakan dicat dengan warna merah. Yap, bukan biru atau hitam, entah kapal tanker atau kapal penumpang, semua dicat dengan warna tersebut. Ternyata ada alasan khusus di balik itu semua, lho.
ADVERTISEMENT
Dilansir Marine Insight, warna merah di kapal laut ternyata berfungsi untuk melindungi kapal dari karat. Hal ini dikarenakan kapal yang berada di air terus menerus tentu akan rentan timbulnya karat.
Alasan Kenapa Bagian Lambung Kapal Laut Dicat Warna Merah (152507)
searchPerbesar
Ini alasan kenapa bagian lambung kapal dicat warna merah. Foto: Shutter Stock
Untuk menghindari karat pada kapal, maka bagian lambung kapal yang selalu berada di air dilapisi dengan cat anti-korosi yang bisa mencegah karat.
Cat anti-korosi inilah yang biasanya berwarna merah, karena menggunakan cat tembaga dengan warna dasarnya.
Cat yang digunakan untuk melapisi bagian lambung atau dasar kapal juga diberikan campuran biosida.
Biosida sendiri merupakan zat kimia yang bertindak sebagai racun untuk semua makhluk hidup.
Alasan Kenapa Bagian Lambung Kapal Laut Dicat Warna Merah (152508)
searchPerbesar
Gambar yang diperoleh AFP dari kantor berita Iran Tasnim pada 4 Januari 2021 memerlihatkan kapal tanker Korea Selatan, MT Hankuk hemi, dikawal oleh angkatan laut Garda Revolusi Iran setelah disergap di Teluk Persia. Foto: AFP PHOTO/TASNIM NEWS
Dicampurnya biosida ini ternyata bertujuan untuk mencegah menempelnya berbagai tumbuhan dan hewan air, seperti alga, teritip, dan cacing laut di dasar kapal.
ADVERTISEMENT
Adanya hewan-hewan yang menempel pada sisi luar bagian dasar kapal ini bisa merusak dan menyebabkan lambung kapal berlubang, sehingga air bisa masuk ke dalam kapal.
Alasan Kenapa Bagian Lambung Kapal Laut Dicat Warna Merah (152509)
searchPerbesar
Kapal feri di Pelabuhan Gilimanuk. Foto: AFP/Sonny Tumbelaka
Tak hanya itu, adanya 'penumpang gelap' di bawah kapal tentu juga dapat menambah bobot kapal dan dianggap bisa mengurangi kecepatan kapal. Setiap kapal tentu punya jadwal pelayarannya masing-masing, apalagi kapal kargo yang harus tiba di tempat tujuan sesuai dengan waktu yang dimilikinya.

Kegunaan Lain Cat Warna Merah pada Lambung Kapal Laut

Selain itu, penggunaan warna merah pada bagian lambung juga bisa membantu pemilik mengetahui muatan kapal, lho. Hal ini penting karena jika kelebihan muatan, kapal bisa saja tenggelam.
Untuk itu, di sisi kapal juga terdapat angka-angka yang diletakkan secara vertikal untuk mengetahui kedalaman kapal. Dengan warna merah yang digunakan, kru kapal dapat dengan mudah melihat berapa tinggi air yang ada di sekitar.
Alasan Kenapa Bagian Lambung Kapal Laut Dicat Warna Merah (152510)
searchPerbesar
Kapal tanker raksasa kedua milik PT Pertamina International Shipping (PIS). Foto: Dok. Pertamina
Karena sudah digunakan sejak dulu, warna merah pada bagian lambung kapal juga menjadi salah satu ciri khas dan tradisi di industri kelautan.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, tak sedikit kapal-kapal lain yang menggunakan warna berbeda pada lambung kapal. Seperti warna hitam, putih ataupun warna lainnya.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)