Food & Travel
·
14 September 2021 18:05
·
waktu baca 6 menit

Alasan Mengapa Staycation Jadi Tren Liburan Paling Diminati di Masa New Normal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Alasan Mengapa Staycation Jadi Tren Liburan Paling Diminati di Masa New Normal (102268)
searchPerbesar
com- Staycation di hotel favorit Foto: Shutterstock
Staycation atau liburan di dekat rumah bisa menjadi salah satu cara buatmu yang ingin melepas penat setelah berbulan-bulan #DiRumahAja saat pandemi. Selain tak perlu bepergian jauh dan bertemu banyak orang, staycation menjadi kegiatan yang dirasa minim risiko penyebaran Covid-19 dibandingkan jenis kegiatan liburan lainnya.
ADVERTISEMENT
Belum lagi, berbagai fasilitas hotel yang menarik dengan protokol kesehatan ketat yang telah diberlakukan membuat staycation kian diminati wisatawan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya memilih staycation sebagai alternatif liburan saat keadaan mulai membaik.
Sebelum memutuskan untuk staycation, kamu bisa mengikuti akun Instagram @pesonaid_travel untuk lebih update terkait informasi seputar tempat staycation, wisata hingga produk kreatif lokal #DiIndonesiaAja.
Lalu, kenapa sih staycation bisa jadi alasan seru buatmu yang ingin liburan di tengah pandemi? Simak alasannya di bawah ini, yuk!

1. Minim Risiko Covid-19

Alasan Mengapa Staycation Jadi Tren Liburan Paling Diminati di Masa New Normal (102269)
searchPerbesar
Cover staycation. Foto: Freepik
Staycation bisa jadi alternatif liburan buatmu yang sudah berbulan-bulan di rumah saja. Selain itu, jika dibandingkan kegiatan traveling lainya, staycation menjadi kegiatan yang dirasa lebih minim risiko penyebaran Covid-19. Ya, dengan staycation kamu bisa merasakan liburan dengan cara yang tergolong lebih simple.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dikarenakan, staycation pada umumnya dilakukan di lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggal kamu. Akan tetapi, mampu memberikan suasana yang baru, segar, ditambah beragam fasilitas menarik yang ditawarkan. Pilihannya ada di tanganmu. Seru, kan!
Nah, agar staycation-mu berjalan lancar, kamu juga wajib memastikan keamanan serta kebersihan hotel tempatmu menginap. Enggak perlu risau, ada berbagai OTA (Online Travel Agent) yang telah menyediakan fitur untuk memilih tempat menginap dengan penerapan standar kebersihan ketat.
Selain itu, jangan lupa untuk memilih hotel yang telah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability) sesuai anjuran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ya! Tak kalah penting yaitu tetap disiplin protokol kesehatan, ini semua demi staycation yang lebih terasa aman dan nyaman serta mengurangi risiko penularan Covid-19.
ADVERTISEMENT

2. Hotel Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Alasan Mengapa Staycation Jadi Tren Liburan Paling Diminati di Masa New Normal (102270)
searchPerbesar
Ilustrasi new normal di hotel. Foto: Kemenparekraf
Selanjutnya, buat kamu yang ingin keamanan lebih, kamu bisa memilih staycation di hotel-hotel yang sudah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability).
Sertifikasi CHSE sendiri memang ditujukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan saat bepergian pada masa new normal. Selain menciptakan rasa aman dan nyaman, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengungkapkan sertifikasi CHSE juga menjadi salah satu cara bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bangkit dari pandemi.
“Kunci untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan sekaligus kebangkitan sektor parekraf adalah program vaksinasi dan protokol kesehatan. Ini yang akan terus kita lakukan. Sehingga ketika saatnya tiba, kita siap menyambut wisatawan,” ujar Sandiaga beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Dengan menginap di hotel yang sudah tersertifikasi CHSE, tentunya keamanan para tamu lebih terjaga. Ada beberapa hotel di Jakarta sudah tersertifikasi CHSE yang bisa kamu jadikan pilihan staycation, seperti Hotel Borobudur Jakarta, Aston Pluit, Harris Suites fX Sudirman, Hotel Mercure Jakarta Batavia, Hotel Indonesia Kempinski, dan lain sebagainya.

3. Hemat Bujet Liburan

Alasan Mengapa Staycation Jadi Tren Liburan Paling Diminati di Masa New Normal (102271)
searchPerbesar
com-Ilustrasi dompet Foto: Shutterstock
Alasan lain kenapa wisatawan memilih staycation adalah karena bisa menghemat banyak bujet liburan. Dilihat dari segi biaya, staycation dinilai lebih hemat karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan seperti saat liburan pada umumnya.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Kamu tak perlu mengeluarkan bujet lebih untuk transportasi, misalnya seperti pesawat ataupun bus. Sebab pada umumnya, jika kamu menginap di hotel hanya perlu mentaati protokol kesehatan 6M secara ketat, mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari makan bersama, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Akan tetapi, beberapa penginapan juga mulai menerapkan sertifikat vaksin atau hasil negatif PCR maupun Antigen sebagai persyaratan bagi tamunya yang akan menginap. Jadi, ada baiknya jangan lupa untuk cek kembali persyaratan di lokasi tempatmu menginap, ya!
ADVERTISEMENT
Umumnya, kamu hanya cukup menyediakan bujet untuk biaya sewa penginapan saja. Dengan begitu, kamu sudah bisa menikmati liburan yang mengasyikkan.

4. Ada Berbagai Kegiatan Seru di Satu Tempat

Alasan Mengapa Staycation Jadi Tren Liburan Paling Diminati di Masa New Normal (102272)
searchPerbesar
Ilustrasi staycation Foto: Unsplash/Toa Heftiba
Staycation enggak hanya kegiatan monoton di mana kamu pindah tempat untuk tidur di kamar. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di hotel, apalagi kalau kamu menginap di hotel berbintang dengan segudang fasilitas.
Kamu bisa berenang di kolam renang indoor ataupun kolam infinity (infinity pool), hingga berolahraga di sekitar hotel maupun tempat kebugaran yang tersedia. Kamu juga bisa menikmati fasilitas spa serta kegiatan wellness lainnya, seperti yoga untuk menyegarkan pikiran. Eits, agar kegiatan bisa sesuai rencana, jangan ragu untuk mencari segala informasi terkait prosedur dari beragam fasilitas di penginapan yang kamu inginkan, ya!
ADVERTISEMENT
Sedangkan, buat kamu yang pengin leyeh-leyeh di kamar, kamu bisa menonton film kesayangan sambil memesan camilan atau makanan dan minuman di kamar. Enggak perlu repot, kamu tinggal menelepon resepsionis dan memesan melalui layanan kamar. Masih belum cukup? Kamu juga bisa lho #BeliKreatifLokal berbagi produk kuliner dari pengusaha lokal di sekitar tempatmu menginap secara online, melalui aplikasi pesan antar misalnya.
Buatmu yang punya banyak pekerjaan, kamu juga bisa kok Work From Hotel (WFH) untuk menyelesaikan berbagai deadline pekerjaanmu.
Tak hanya itu saja, untuk mengisi kegiatan selama staycation kamu juga bisa mengikuti PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan oleh Pesona Indonesia setiap hari Selasa di setiap pekannya. Caranya gampang banget, kamu cukup follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like posting-an terbaru PUKIS. Jawab juga pertanyaan dalam posting-an tersebut di kolom komentar dengan mention 3 temanmu untuk ikutan kuis ini, ya! Jangan sampai kelewatan, karena akan ada hadiah menarik untuk para pemenang, lho!
ADVERTISEMENT

5. Kemudahan Refund dan Reschedule

Alasan Mengapa Staycation Jadi Tren Liburan Paling Diminati di Masa New Normal (102273)
searchPerbesar
Buat anggaran staycation. Foto: Pexels
Terakhir, staycation juga menjadi salah satu alternatif liburan buatmu yang enggak mau ribet atau tergolong fleksibel. Jika melakukan pemesanan lewat hotel atau aplikasi OTA, kamu akan diberikan kemudahan untuk mengubah jadwal menginap hingga pembatalan gratis, jika ada agenda atau kegiatan mendadak yang bersamaan dengan waktu menginap.
Dengan adanya kemudahan refund dan reschedule, kita tak perlu khawatir kehilangan sejumlah uang maupun waktu.
Nah, itu dia beberapa alasan kenapa staycation jadi kegiatan favorit selama pandemi. Jangan lupa untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di manapun kamu berada, ya!
Selain itu, segera lakukan vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar.
ADVERTISEMENT
Dengan semangat untuk saling bersinergi antara stakeholders di sektor pariwisata dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, melakukan vaksinasi, serta implementasi yang baik terkait CHSE, maka bukan tak mungkin jika pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kembali bergeliat. Semangat inilah yang harus terus dipertahankan bertepatan dengan momentum Hari Pariwisata Sedunia pada tanggal 27 September 2021 mendatang.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)