Food & Travel
·
19 September 2020 16:54

Amerika Serikat Punya Air Terjun Bawah Tanah Tertinggi di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Amerika Serikat Punya Air Terjun Bawah Tanah Tertinggi di Dunia (18350)
Ruby Falls, air terjun bawah tanah tertinggi di Amerika Serikat Foto: Shutter Stock
Air terjun sejatinya berada di sekitar lereng gunung atau perbukitan yang ada di ketinggian tertentu. Meski demikian, tak sedikit pula air terjun unik lainnya di dunia yang ada di tempat tertentu, seperti halnya air terjun di Amerika Serikat ini.
ADVERTISEMENT
Bagaimana tidak? Tak seperti air terjun kebanyakan, air terjun ini justru berada di bawah tanah atau di dalam sebuah gula. Bernama Ruby Falls, inilah salah satu air terjun terunik di dunia.
Amerika Serikat Punya Air Terjun Bawah Tanah Tertinggi di Dunia (18351)
Ruby Falls, air terjun bawah tanah tertinggi di Amerika Serikat Foto: Shutter Stock
Dilansir TheActiveTimes, Ruby Falls sendiri terletak di Pegunungan Lookout, Chattanooga, di Negara Bagian Tennessee, AS. Air terjun ini pun diklaim sebagai air terjun bawah tanah tertinggi di dunia.
Itu dikarenakan ketinggian air terjun yang mencapai 1120 kaki atau 341 meter. Menariknya lagi Ruby Falls merupakan hidden gems yang tersembunyi hingga akhirnya ditemukan pada awal abad ke-20.

Asal-usul Air Terjun Ruby di AS

Penemuan air terjun ini pun sangat menarik karena ditemukan secara tidak sengaja oleh salah satu pemerhati gua yang bernama Leo Lambert. Saat itu, Lamber berencana untuk membuka salah satu gua yang ada di kaki Pegunungan Lookout yang tertutup akibat pembangunan jalur kereta api.
ADVERTISEMENT
Ketika melakukan ekspedisi membuka gua pada 1928, Lambert pun berencana untuk mencari jalan lain sebagai pintu keluar dari gua tersebut. Setelah melakukan inspeksi terhadap gua yang ia masuki, Lambert pun terkejut karena menemukan sebuah air terjun yang ada di bawah tanah.
Amerika Serikat Punya Air Terjun Bawah Tanah Tertinggi di Dunia (18352)
Bagian dalam gua yang ada di sekitar Ruby Falls Foto: Shutter Stock
Saat menemukan air terjun tersebut, Lambert pun bergegas untuk melakukan ekspedisi selanjutnya dengan membawa beberapa orang serta istrinya yang bernama Ruby. Lambert mengajak istrinya untuk melihat secara langsung betapa cantiknya air terjun yang ada di dalam gua tersebut.
Kemudian, Lambert pun berkata kepada sang istri bahwa air terjun yang ia temukan tersebut akan diberi nama Ruby, sesuai dengan nama sang istri tersebut.
Akhirnya, air terjun tersebut pun mendapatkan namanya dan Ruby Falls dibuka untuk umum pada 1929.
Amerika Serikat Punya Air Terjun Bawah Tanah Tertinggi di Dunia (18353)
Ilustrasi wisatawan yang sedang melihat air terjun Foto: Shutter Stock
Sudah bisa membayangkan betapa cantiknya air terjun ini bukan? Ya, tak hanya lokasinya yang berada di bawah tanah, air terjun ini juga amat cantik karena pemandangannya yang menakjubkan.
ADVERTISEMENT
Pengunjung pun tidak hanya bisa menyaksikan air terjun yang indah di dalam gua. Tetapi, mereka juga bisa menyaksikan stalaktit dan stalakmit di dalam gua yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.
Kini, Ruby Falls pun menjadi salah satu tempat wisata bagi wisatawan yang ingin menikmati keunikan air terjun.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)