Food & Travel
·
1 Mei 2021 15:00

ANA Buat Inovasi Baru, Hadirkan Toilet Bebas Genggam di Pesawat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
ANA Buat Inovasi Baru, Hadirkan Toilet Bebas Genggam di Pesawat (90818)
Ilustrasi maskapai ANA Foto: Shutter stock
Berbagai inovasi kini tengah dilakukan berbagai maskapai penerbangan dunia untuk membuat penumpang pesawat merasa lebih nyaman selama penerbangan. Salah satunya adalah maskapai penerbangan asal Jepang, ANA yang sedang menguji coba inovasi baru berupa toilet pesawat yang bisa dibuka tanpa harus menggunakan tangan.
ADVERTISEMENT
Dilansir CNN Travel, ANA akan merilis 21 pesawat yang dilengkapi dengan pintu toilet otomatis tersebut di seluruh penerbangan domestik di Jepang mulai minggu depan. Nantinya, pintu toilet pesawat ini memiliki pegas mekanis yang memungkinkan orang membuka pintu dengan siku atau lengan bawah.
Inovasi terbaru ini merupakan hasil kerja sama yang dibuat oleh ANA dan JAMCO, sebuah perusahaan yang berbasis di Jepang yang menciptakan produk untuk industri penerbangan. Produk baru ini sudah mulai dibuat sejak musim gugur 2020 sebagai respons dari semakin menyebarnya pandemi virus corona.
ANA Buat Inovasi Baru, Hadirkan Toilet Bebas Genggam di Pesawat (90819)
Asbak di Toilet Pesawat Foto: Shutter Stock
Tak hanya menghadirkan pintu toilet yang bisa diakses tanpa menggunakan tangan, ANA juga menghadirkan inovasi lainnya di dalam toilet. Saat berada di dalam toilet, kamu dapat mengunci dan membuka kunci pintu toilet dengan tombol geser, dan terdapat pula pegangan sehingga kamu dapat menggunakan siku untuk membuka pintu dari dalam.
ADVERTISEMENT
"Kami terus berinvestasi dalam pengembangan dan implementasi teknologi inovatif, karena kesehatan dan keselamatan penumpang dan staf kai adalah prioritas utama," ujar Shinichi Inoue, Wakil Presiden Eksekutif Senior Manajemen Pengalaman Pelanggan dan Perencanaan ANA, dalam sebuah pernyataan.
"Pintu toilet hands-free adalah contoh terbaru dari kami yang menerapkan prinsip ini," lanjutnya.
Nantinya, ANA juga berharap bisa memperkenalkan pintu bebas genggam ini ke lebih banyak pesawatnya, termasuk pesawat yang terbang ke rute internasional. Sebab, saat ini sebagian orang asing tidak bisa memasuki Jepang dan perjalanan internasional sangat dibatasi karena pandemi COVID-19.
Sebelumnya, Thailand juga sempat melarang tersedianya layanan makanan dan minuman, serta surat kabar dan majalah pada penerbangan domestik sebagai tindakan pencegahan COVID-19. Sedangkan di China, otoritas penerbangan nasional bahkan menyarankan pramugari memakai popok saat bekerja untuk mengurangi aktivitas ke toilet.
ADVERTISEMENT