Food & Travel
·
8 Oktober 2020 7:01

Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Tempat Wisata Api Abadi Lain di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Tempat Wisata Api Abadi Lain di Indonesia (152636)
searchPerbesar
Api Abadi Mrapen. Foto: Wikimedia
Padamnya Api Abadi Mrapen yang terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, menimbulkan tanda tanya dan menjadi sorotan.
ADVERTISEMENT
Sebab, belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan api abadi itu padam.
Namun, tahukah kamu kalau Indonesia punya beberapa tempat wisata untuk melihat api abadi. Berikut kumparan rangkum lima tempat wisata untuk melihat api abadi di Indonesia.

1. Api Abadi Bekucuk, Mojokerto

Selain Api Abadi Mrapen, kamu juga bisa menemukan api abadi yang terletak di Jawa Timur. Ialah Api Abadi Bekucuk yang pertama kali ditemukan pada tahun 1993 di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Soko, Mojokerto, Jawa Timur.
Menurut legenda, Api Abadi Bekucuk diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, bahkan sejak era Kerajaan Majapahit. Sejak 1993, Api Abadi Bekucuk sudah menjadi tempat wisata hingga saat ini.
Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan tempat wisata ini adalah pada malam hari. Sebab, di malam hari kobaran api akan terlihat dengan jelas dan kamu bisa merasakan keindahan tersebut.
ADVERTISEMENT

2. Api Abadi Kayangan Api, Bojonegoro

Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Tempat Wisata Api Abadi Lain di Indonesia (152637)
searchPerbesar
Api Abadi Kayangan Api di Bojonegoro Foto: Shutter Stock
Masih di daerah Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Bojonegoro, kamu juga bisa menemukan api yang tak pernah padam atau api abadi.
Berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, di sana terdapat fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah. Fenomena ini diberi nama kayangan api yang berarti api abadi.
Api Abadi Kayangan juga pernah digunakan sebagai sumber nyala api obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XV Jawa Timur pada tahun 2000.
Sama seperti Api Abadi lainnya, Api Abadi Kayangan juga disebabkan karena gas alam yang keluar dari tanah. Menurut cerita legenda, api abadi ini sudah muncul sejak masa kekuasaan Kerajaan Majapahit.
ADVERTISEMENT

3. Api Abadi Sungai Siring

Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Tempat Wisata Api Abadi Lain di Indonesia (152638)
searchPerbesar
Ilustrasi api abadi Foto: Shutter Stock
Kamu juga bisa melihat api abadi lainnya yang ada di Indonesia saat berkunjung ke Dusun Bambu Kuning, Samarindah, Kalimantan Timur. Bernama Api Abadi Sungai Siring, api abadi ini pernah digunakan sebagai sumber nyala api obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII tahun 2008.
Kala itu, api abadi dibawa ke Stadion Utama Palaran yang berada di dalam satu kawasan tersebut. Untuk itu, jika kamu berkunjung ke Samarinda, Api Abadi Sungai Siring bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata.

4. Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan

Selanjutnya api abadi lainnya bisa kamu temukan di Kabupaten Pamekasan, Madura. Bernama Api Tak Kunjung Padam, api abadi ini berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Keunikan dari api abadi yang satu ini ini adalah semburan apinya yang tak pernah padam. Hebatnya, meski diguyur hujan, api yang berasal dari perut bumi ini akan tetap menyala.
Keajaiban api abadi ini sudah sangat terkenal, khususnya bagi masyarakat Madura. Jadi, tak heran bila setiap harinya tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran ingin melihat langsung semburan api abadi tersebut.

5. Api Biru Kawah Ijen, Banyuwangi

Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Tempat Wisata Api Abadi Lain di Indonesia (152639)
searchPerbesar
Mendaki Puncak Kawah Ijen Foto: Antara/M Agung Rajasa
Terakhir, api abadi lainnya bisa kamu temukan di Kawah Ijen, Banyuwangi. Berbeda dari api abadi yang telah disebutkan di atas, api abadi di Kawah Ijen memiliki warna biru atau yang juga dikenal dengan fenomena blue fire.
Menariknya, blue fire sendiri merupakan fenomena yang hanya bisa ditemukan di dua tempat di dunia, yaitu Islandia dan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Blue Fire sendiri merupakan reaksi dari gas bumi ketika bertemu oksigen pada tingkatan tertentu. Hasil dari reaksi ini terlihat seperti api yang berwarna biru. Karena keindahannya, Gunung Ijen menjadi salah satu destinasi yang rajin dikunjungi oleh wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Saksikan video menarik di bawah ini.