Arab Saudi Segera Bangun Taman Hiburan Terapung Pertama di Dunia

10 Maret 2024 12:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Atraksi wisata The Rig yang ingin dibangun di Arab Saudi. Foto: Dok. therig.sa
zoom-in-whitePerbesar
Atraksi wisata The Rig yang ingin dibangun di Arab Saudi. Foto: Dok. therig.sa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Arab Saudi bakal membangun taman hiburan terapung pertama di dunia sebagai daya tarik baru bagi wisatawan. Jadi yang pertama di dunia, taman hiburan bernama The Rig itu akan dilengkapi dengan beragam atraksi wisata dan fasilitas berkelas dunia.
ADVERTISEMENT
Dilansir Travel and Leisure, taman hiburan seluas 150.000 meter persegi ini akan jadi taman hiburan terbesar di dunia yang pernah dibangun di atas lautan. Dibangun di atas kilang minyak yang sudah tidak terpakai, taman hiburan ini tak hanya menjanjikan pengalaman yang memacu adrenalin, tapi juga fasilitas lengkap, seperti hotel, restoran, dan lain sebagainya.
Atraksi wisata The Rig yang ingin dibangun di Arab Saudi. Foto: Dok. therig.sa
Terletak sekitar 40 kilometer (km) dari lepas pantai Arab Saudi, The Rig akan dilengkapi dengan beragam atraksi wisata yang memacu adrenalin, seperti kereta gantung, roller coaster, zipline, hingga wahana halang rintang.
Tak hanya itu, akan ada tiga hotel dan 11 restoran yang tersebar di sejumlah platform di atas air yang saling terhubung. Hotel ini juga akan memiliki 800 kamar yang bisa disewakan untuk wisatawan.
ADVERTISEMENT
Tersedia pula berbagai wahana menarik lainnya yang memacu adrenalin, seperti bungee jumping hingga roller coaster di tengah lautan.
Selain itu, taman hiburan ini juga akan memiliki kompleks ritel, kolam renang, pusat e-sports, bioskop, lokasi diving, taman air, hingga bianglala.
Atraksi wisata The Rig yang ingin dibangun di Arab Saudi. Foto: Dok. therig.sa
Untuk menuju The Rig, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pengalaman menyenangkan di mana mereka bisa memilih transportasi yang akan digunakan di darat, seperti pesawat amfibi, kapal feri berkecepatan tinggi, hingga helikopter.
Beberapa helipad dan marina canggih yang dapat menampung hingga 50 kapal akan memastikan kemudahan wisatawan yang tiba melalui udara atau laut.

Taman Hiburan yang Ramah Lingkungan

Selain menyuguhkan beragam atraksi wisata menarik bagi wisatawan, taman hiburan ini nantinya juga akan dibangun dengan mengedepankan konsep yang ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT
"The Rig adalah proyek di sektor pariwisata dan hiburan, salah satu sektor strategis utama PIF, dan diharapkan menjadi nilai tambah yang signifikan bagi perekonomian lokal. Selain itu, untuk memastikan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan di sekitar proyek, proyek akan mengikuti standar global terkemuka dan praktik terbaik, yang selanjutnya mendukung upaya Kerajaan yang lebih luas dalam perlindungan lingkungan," kata pernyataan resmi The Rig.
Dikembangkan oleh Oil Park Development Company, anak perusahaan Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi, The Rig bertujuan untuk menyambut hingga 10.000 pengunjung setiap hari pada tahun 2032, mendefinisikan ulang lanskap wisata petualangan.
Inisiatif ini menandakan upaya bersama Arab Saudi untuk mendiversifikasi sumber pendapatannya, dan mengurangi ketergantungan pada minyak dan produk minyak bumi.
ADVERTISEMENT