Banyak Menelan Korban Jiwa, Ini 5 Gunung di Indonesia yang Dikenal Mistis

21 Februari 2021 17:04
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gunung Rinjani   Foto: Shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Gunung Rinjani Foto: Shutter stock
Indonesia memang terkenal dengan barisan pegunungan yang membuat kita berdecak kagum. Tempat wisata gunung merupakan salah satu daya tarik wisata yang menarik untuk dikunjungi.
Namun, mendaki gunung memiliki tantangan dan pesonanya tersendiri, apalagi kini kegiatan tersebut menjadi tren yang digandrungi para kawula muda. Selain mendapatkan asupan oksigen yang menyegarkan, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan alam yang menyejukkan mata.
Namun, tak hanya memiliki keindahan alam yang memukau dan udara menyegarkan, tak sedikit gunung di Indonesia yang memiliki cerita mistis yang menyelimutinya. Berikut kumparan rangkum tempat wisata gunung di Indonesia yang dikenal diselimuti cerita mistis di dalamnya.

1. Gunung Salak, Bogor

Foto Gunung Salak hasil mendiang Ani Yudhoyono. Foto: Instagram @aniyudhoyono
zoom-in-whitePerbesar
Foto Gunung Salak hasil mendiang Ani Yudhoyono. Foto: Instagram @aniyudhoyono
Gunung Salak telah lama dikabarkan sebagai kawasan yang mistis. Gunung yang berada di antara Bogor dan Sukabumi itu bahkan menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 yang menewaskan 45 orang pada 2012 silam.
Namun, jauh sebelumnya, kesan angker sudah lama menempel pada Gunung Salak. Apa yang membuat warga setempat beranggapan demikian?
Gunung Salak disebut sebagai kabuyutan oleh penduduk sekitar. Dalam kepercayaan Sunda, gunung dengan ketinggian 2.211 mdpl itu dianggap sebagai lokasi turun dan bersemayamnya para batara dari kahyangan.
Panorama Gunung Salak. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Panorama Gunung Salak. Foto: Shutter Stock
Tak hanya itu, Gunung Salak juga diyakini sebagai gunung yang suci. Sebab, di sanalah Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja terakhir terlihat. Sebagai informasi, Prabu Siliwangi adalah raja dari Kerajaan Sunda Galuh yang pernah berjaya.
Anggapan mistis Gunung Salak juga didukung dengan kabar bahwa banyak pendaki yang tersesat, bahkan hilang di sana. Hal itu dapat dinalar karena jalur pendakian di Salak cukup banyak, yakni jalur Wana Wisata Cangkuang, Wana Wisata Curug Pilung, Cimelati, Pasir Rengit, dan Ciawi.
Jalur-jalur pendakian itu kerap bersimpangan, sehingga membingungkan para pendaki. Bahkan setelah berhasil ditemukan, biasanya pendaki itu pulang membawa kisah-kisah horor yang dialaminya selama mendaki Gunung Salak.

2. Gunung Kerinci, Sumatera

Gunung Kerinci yang mempesona Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Gunung Kerinci yang mempesona Foto: Shutter Stock
Gunung Kerinci merupakan jalur pendakian yang menjadi incaran para pendaki, karena termasuk tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Terletak di wilayah Sumatera, Gunung Kerinci memiliki legenda yang ada sejak turun temurun.
Masyarakat sekitar sering menceritakan bahwa ada makhluk astral yang tinggal di sana bernama Uhang Pandak atau Orang Pendek. Cirinya seperti kera dengan bulu yang tumbuh di sekitar tubuhnya.
Bahkan, hingga saat ini, masih banyak masyarakat setempat yang tinggal di kawasan Gunung Kerinci yang percaya bahwa Uhang Pandak masih bertempat tinggal di gunung ini. Konon, Uhang Pandak memiliki kaki yang menyerupai kera, tinggi badannya sekitar 80 cm, tangan panjang, tubuh gemuk, mata merah menyala, dan memiliki bulu berwarna abu-abu.
Selain misteri mengenai Uhang Pandak, Gunung Kerinci juga menyimpan misteri Naga Raksasa yang sudah melegenda di Pulau Sumatera. Konon, hal ini berkaitan dengan bagaimana danau, serta sungai di kawasan gunung ini terbentuk. Yaitu tentang kisah sepasang saudara kembar yatim piatu bernama Calungga dan Calupat.
Sementara itu, jika menuju puncak Gunung Kerinci, kamu akan merasakan hawa lain pada pendakian tersebut. Banyak pendaki yang bersaksi bahwa mereka seperti tersedot ke dalam dunia lain yang menakutkan, bahkan di perjalanan inilah konon katanya banyak pendaki yang menghilang dan tidak ditemukan jasadnya sama sekali.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Gunung Semeru Foto: Pixabay
Gunung Semeru dijuluki kerajaan jin, karena puncak gunungnya dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa. Namun di sepanjang perjalanan menuju puncak kalian akan melewati kawasan Kelik.
Kawasan Kelik merupakan kawasan di mana banyak terdapat batu in memoriam sebagai penanda ada pendaki yang meninggal di gunung tersebut, entah jasadnya sudah ditemukan atau belum.
Namun, daerah ini terkenal dengan kejadian-kejadian anehnya, seperti pendaki yang terjatuh, tersesat, bahkan hilang. Dan yang lebih menakutkan lagi, banyak pendaki mengalami kesurupan di daerah ini. Biasanya kesurupan dialami pendaki menyerupai berbagai makhluk dan juga binatang.
Ada lagi misteri mengenai hantu perempuan di Ranu Kumbolo, jika merujuk cerita yang beredar, maka hantu perempuan ini akan muncul pada bulan purnama dan ditandai dengan munculnya kepulan asap menyelimuti Ranu Kumbolo. Hantu perempuan ini berwujud perempuan muda cantik memakai kebaya berwarna kuning.

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani   Foto: Shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Gunung Rinjani Foto: Shutter stock
Gunung yang satu ini memang menjadi incaran para pendaki. Gunung Rinjani memiliki trek yang menantang dan puncaknya yang luar biasa menantang. Dibalik keindahannya, Gunung Rinjani menyimpan berbagai misteri.
Cerita mistis yang menyelimuti pendakian Gunung Rinjani berkaitan dengan mitos keberadaan Dewi Anjani yang bersemayam di sana. Masyarakat setempat mempercayai bahwa Gunung Rinjani adalah tempat bersemayam Dewi Anjani, Ratu Jin penguasa.
Gunung Rinjani Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Gunung Rinjani Foto: Shutter Stock
Di sekitar kawah bernama Segara Muncar, penduduk mempercayai bahwa istana sang Ratu dapat terlihat secara kasat mata pada saat-saat tertentu. Menurut masyarakat setempat, Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tak diizinkan ayahnya menikah dengan pria pilihannya.
Karena itu, Dewi Anjani menghilang di mata air yang bernama Mandala. Setelah itu, Dewi Anjani dikenal sebagai penguasa dunia gaib Gunung Rinjani.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu Foto: Naufal Abdurrasyid/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Gunung Lawu Foto: Naufal Abdurrasyid/kumparan
Tak kalah angker dari Gunung Rinjani, Gunung Lawu juga memiliki banyak cerita mistis yang bikin merinding. Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini dikenal memiliki pasar setan.
Kabarnya, banyak pendaki yang mendengar suara riuh layaknya di pasar. Jangan sampai kamu tersesat di sini ya, karena pulang-pulang bisa tinggal nama saja.
Selain itu, ada juga Bulak Peperangan, tempat sebelum puncak di mana sering terdengar suara gaduh seperti sedang terjadi pertempuran. Lebih lanjut, Gunung Lawu juga memiliki banyak makam para raja zaman dulu. Karenanya, ada banyak pantangan saat melakukan pendakian di sini, seperti larangan bicara sembarangan, memakai pakaian warna hijau, dan mendaki dengan jumlah ganjil.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).