Food & Travel
·
10 Maret 2021 7:03

Bebas Kendaraan Bermotor, Ini Jalan Raya Paling Aman di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bebas Kendaraan Bermotor, Ini Jalan Raya Paling Aman di Dunia (13120)
Jalan raya paling aman di dunia yang bebas kendaraan bermotor. Foto: Shutter Stock
Car free day atau hari bebas kendaraan bermotor tentu sudah tak asing lagi bagi warga Jakarta. Tapi nampaknya hal itu tidak berlaku dengan jalan raya di Amerika Serikat (AS) ini.
ADVERTISEMENT
Jalan Raya M-185 di Michigan, AS disebut-sebut sebagai salah satu jalan paling aman di dunia.
Bebas Kendaraan Bermotor, Ini Jalan Raya Paling Aman di Dunia (13121)
Jalan raya paling aman di dunia yang bebas kendaraan bermotor. Foto: Shutter Stock
Dilansir Amusing Planet, jalan raya satu ini bisa dibilang sebagai satu-satunya jalan raya di AS yang melarang kendaraan bermotor melintasi jalan tersebut.
Larangan tersebut berlaku pada tahun 1898 silam, di mana pemerintah hanya mengizinkan kendaraan darurat yang melintasi jalan tersebut.
Tak hanya itu, ada satu keunikan jalan M-185 yang tidak dimiliki jalan lain. Jalan ini berbentuk melingkar layaknya sirkuit karena lokasinya yang berada di sebuah pulau.
Hal inilah yang membuat jalan M-185 tidak masuk ke dalam salah satu jaringan jalan raya di AS.
Walaupun demikian, M-185 tetap disebut sebagai jalan raya, lho. Lalu, apa alasannya?
ADVERTISEMENT

Awal Mula Jalan M-185 Ditetapkan Sebagai Jalan Raya

M-185 ditetapkan sebagai jalan raya pada tahun 1933. M-185 juga menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan karena pemandangan yang menawan serta dikelilingi oleh Danau Huron dari Selat Mackinac. Namun, jalan beraspal ini sangat sempit dibandingkan dengan jalan raya di negara lain dengan panjang sekitar 12,8 km.
Tak sampai di situ, jalan ini pun menjadi primadona bagi para pengguna sepeda di AS karena pemandangan yang ditawarkan. Bahkan, lebih dari setengah juta orang telah melakukan perjalanan ke M-185 ini setiap tahunnya.
Bebas Kendaraan Bermotor, Ini Jalan Raya Paling Aman di Dunia (13122)
Jalan raya paling aman di dunia yang bebas kendaraan bermotor. Foto: Shutter Stock
Pulau ini melarang seluruh pengendara bermotor dan mobil masuk ke kawasan ini. Larangan itu atas keluhan warga yang banyak mengalami kecelakaan karena mobil yang tengah melintas dengan kecepatan tinggi.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itu, jalanan di M-185 hanya memperbolehkan warganya berjalan kaki, menggunakan sepeda ataupun menunggangi kuda untuk melakukan aktivitas di luar rumah.
Walau menjadi jalan bebas kendaraan bermotor, beberapa kendaraan pernah diizinkan melintas di jalan ini, lho. Seperti pada tahun 1979, beberapa kendaraan pernah melintas di jalan ini karena pulau ini menjadi lokasi syuting film yang berjudul 'Somewhere in Time'.
Selain itu, pada tahun 1998 untuk memperingati peraturan asli yang melarang mobil dari Pulau Mackinac.
Sebuah mobil bertenaga uap Jenewa tahun 1901 berkeliling pulau dan dipamerkan di Marquette Park sebelum ditarik dengan kuda menuju British Landing.
Kini, M-185 disebut sebagai "jalan raya dengan pemandangan terbaik" dan tempat yang bagus untuk menjejakkan kaki ke permukaan tanah.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)